Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 contoh cara pasang instalasi pipa pvc baru, biaya murah

2 contoh cara pasang instalasi pipa pvc baru, biaya murah
2 contoh cara pasang instalasi pipa pvc baru, biaya murah
Harga mahal sudah pasti akan mendapatkan hasil pekerjaan bagus, menggunakan jasa tukang ledeng kita harus membayar sesuai hasil pekerjaan atau tingkat kesulitan service, maka sudah jelas kita harus mengeluarkan biaya yanh tidak sedikit.

Dalam satu kasus kita ingin membuat instalasi pipa tambahan pada dinding tembok belakang rumah kita, yang nantinya berfungsi untuk titik kran air penyiram bunga dan tanaman lainnya. Berikut init tips

2 Cara memasang pipa pvc yang baik dan benar

1. Pasang pipa di dalam dinding

Instalasi pipa tertanam di dalam dinding dapat harus di kerjakan dengan benar, seperti titik jalur bobokan dan titik L drat dapam di pasang, hal ini harua di perhitungkan matang matang apalagi jalur pipa tambahan, level bobokan pipa menyesuaikan ukuran pipa.

Berikut ini sadalah alat bobok:

1. Palu
2. pahat bobok
3. obeng min
4. Sendok semen
5. penggaris
6. Meteran dan pensil. 
7. Gerinda tangan

6 jenis alat di atas dapat anda beli di toko toko terdekat

Selanjutnya material yang di butuh kan adalah:

1. Pipa pvc 1/2" 1 batang
2. Lem pipa
3. T 1/2"
4. Gunting pipa atau gergaji besi
5. Paku kecil
6. L drat dalam 1/2"
7. Kran 1/2"
8. Semen dan pasir secukup nya. 
9. Cat tembok

Dalam pekerjaan pembobokan kita harus benar benar memperhitungkan jalur bobokan vertikal atau horizontal, banyak kasus pipa terpotong saat kita menggunakan gerinda, ada teknik khusus bagajmana menggunakan gerinda yang benar dan ada cara mudah bagaimana mencari pipa di dalam tembok.
Pipa Indonesia supplier pipa pvc dan fitting pvc, menyediakan merk pipa pvc terbaik di indonesia
Untuk mencari pipa di dalam tembok atau komponen tertanam lainnya seperti kabel dan pipa conduit kabel, cukup dengan cara mengetok ngetok tembol tersebut apabila terasa ada yang kopong berlubang, dapat di pastikan ada yang tertanam di dalamnya, sebaiknya kita hindari.

Setelah bobokan sudah siap pastikan titik kran, titik lokasi kita memasang L drat dalam 1/2" sesuai, tidak ter lalu tinggi atau rendah, antara 75cm sampai 85cm sudah cukup, level bobokan menyesuaikan ukuran pipa, pipa yang sidah kita siapkan adalah 1/2" makal bobokan yang harus di siapkan adalah antara 4cm sampai 6 cm, jangan terlalu dalam karena dapat merusak tembok.

Cara menambal tembok , apabila semua sudah terpasang, gunakan semen dan pasir untuk membuat adonan, dan rapikan kembali tembok yang sudah kita bobok, pastikan rata seperti semula sampai titik penyemenan, tunggu 1 sampai 2 hari baru proses pengecatan, kenapa? Karena hasil cat akan lebih maksimal apabila tembok kering.

2. Pasang pipa di luar tembok

Fungsi utama dari cara kedua sama dengan cara pertama, membuat instalasi pipa air baru namun pengaplikasian berbeda, pemipaan di luar tembok atau hanya menempel di dinding lebih mudah dan murah, tapi dari segi kerapian kurang enak di lihat, karena tidak tertanam berbeda dengan cara pertama.

Materila yang di butuhkan juga tidak terlalu banyak:

1. Pipa pvc 1/2" 1 batang
2. Tee pipa 1/2"
3. L drat dalam 1/2"
5. Kran 1/2"
6. Clamp atau klem pipa
7. Paku/fisher dan skrup drat
8. Lem pipa

Berikut ini adalah alat yang diperlukan:

1. Obeng plus
2. Bor tangan kecil
3. Palu kecil
4. Penggaris dll

Sebelum proses pemotongan pipa, kita harus mematikan kran jalur utama dulu, selanjut nya memasang Tee 1/2" dan lem, pasang pipa 1/2" yang sudah di siaplan beserta klem menggunakan fhiser skrup drat yang sepanjutnya di teruskan untuk pemasangan L drat beserta kran air.
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "2 contoh cara pasang instalasi pipa pvc baru, biaya murah"