Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Fitting Pipa Yang Jarang Kita Tahu

Fungsi Fitting Pipa Yang Jarang Kita Tahu
Fitting Pipa Hdpe

Fitting pipa adalah salah satu komponen sambungan pipa yang mungkin kita sering melihat ketika ada tukang plumbing service di rumah,hotel,vila dan gedung lainnya. Dalam sistem pemipaan fitting pipa memiliki peranan penting dalam sebuah instalasi plumbing, selain akan mempermudah aplikator dalah urusan pemasangan, fitting pipa juga dapat memaksimalkan kinerja pipa ketika air mengalir. 


Banyak variasi bentuk dan ukuran yang dapat kita lihat di toko-toko di sekitar rumah dan toko online, fungsi dari setiap fitting pun juga berbeda-beda, kita dapat menyesuaikan pilihan dan fungsi fitting yang akan kita beli di toko.


Pipa Indonesia menyediakan berbagai macam fitting pipa lesso sesua standar kualitas plumbing mulai dari fitting pipa Pvc, fitting pipa Ppr, fitting pipa Pex dan Hdpe, untuk area semarang gratis konsultasi pemasangan dan kunjungan teknikal suport, melayani area semarang, salatiga, solo dan jogja.


Bagi para aplikator plumbing, memahami setiap komponen fitting pipa wajib di kuasai, mengingat pemasangan pipa instalasi harus menyesuaikan lapangan maupun gambar kerja yang di sepakti, agar mendapatkan hasil bagus, rapi, kuat dan aman tanpa ada kebocoran.


Pemasangan fitting pipa harus dikerjakan oleh orang yang lebih berpengalaman dan tahu masalah permasalahan instalasi pipa air bersih dan kotor maupun Gas.


Bagi anda yang belum tahu banyak apa saja fungsi fitting pipa, tidak ada salahnya kita belajar, untuk kedepannya bisa saja anda tidak akan sering memanggil service ledeng jika ada malasah instalasi di rumah sendiri, mari kita simak beberapa fungsi fitting yang jarang kita ketahui.


Ada beberapa macam fitting pipa yang sering kita temui yaitu

1. Tee
2. Reducer
3. Elbow / Knee
4. Cap
5. Shock.


Mari kita bahas satu satu sampai kita pahami apa fungsing fitting pipa dalam jaringan instalasi pipa plumbing:


1. Tee , tee pipa ppr,pvc dan hdpe sama funsinya yaitu lebih ke untuk memindah jalur aliran air maupun gas ke 2 line pipa sesuai ukuran yang di kehendaki.


Seperti yang kita ketahui tee memiliki bentuk seperti huruf T dan memiliki 3 lubang. Fitting pipa Tee dapat anda temukan di toko kami, mulai dari pvc ppr atau juga hdpe. 


Ada beberapa fitting Tee, tee dangan ukuran 3 lubang yang sama, atau Reducer Tee sama sama tee namun pada center lubang fitting tee tengah lebih kecil atau biasa saja lebih besar contoh Tee reducer 2 inch x 1 inch, dapat di artikan lubang sejajat pada reducer Tee 2 inchi sedangkan lubang fitting tengah 1 inchi.


Berbeda dengan fitting Tee biasanya, keuntungan pemakaian fitting reducer tee dapat memaksimalkan pemakaian pipa dan menghemat pemakaian material. 


2. Reducer Pipa, banyak orang yang belum tahu ketersediaan fitting pipa jenis ini, reducer fitting merupakan komponen pipa yang berfungsi untuk memperkecil aliran air.


Dalam sebuah instalasi air bersih maupun kotor akan banyak kita temukan pemakaian fitting reducer, sama seperti reducer tee yang sudah kita bahas di atas, dapat memaksimalkan makaian material pipa dan hemat uang belanja. Contoh ukuran reducer adalah 2"x1/2", 1"x1/2" atau 3"x2" dan masih banyak lagi. 


Fitting jenis ini sering kita temukan di toko toko terdekat yang umumnya di jual antara reducer ukuran 2"x1" hingga 4"x1", untuk ukuran di atas perkiraan kami biasanya tidak umum di jual, karena pemakain lebih ke instalasi dalam volumeh besar seperti pabrik industri, hotel bertingkat, gedung besar, konsumsi air bersih yang di alirkan harus menggunakan diameter pipa besar mulai dari 6" hingga 10", jadi tidak semua toko menjual reducer fitting, atau hanya tersedia preoder langsung dari produsen.


3. Fitting Elbow, pernah mendengar istilah fitting ini? Elbow atau yang biasa di sebut Knee dan L, mudah kita beli dan temukan di toko bangunan terdekat, atau di toko khusus menjul pipa dan fitting. 


Elbow atau yang biasa kita sebut dengan Knee fitting merupakam komponen yang tidak kalah penting untuk di gunakan, Elbow dapat membantu dalam instalasi plumbing saat line jalur pipa melewati sudut sudut bangunan.


Knee Elbow yang umum di gunakan adalah 90 derajat dan 45 derajat, perbedaan menonjol dari dua jenis elbow ini adalah bentuk sudut keduanya, untuk funsinya hampir sama untuk membelokkan aliran fluida didalam sebuah pipa plumbing. Elbow 90 derajat lebih ke untuk belokan sudut 90 derajat sesuai naamanya, elbow jenis sering di pakai untuk instalasi air bersih maupun kotor. 


Sedangkan Elbow 45 derajat lebih ke untuk instalasi air kotor, Knee 45 derajat dapat mempermudah mengalirkan air bekas kamar mandi, dapur dan toilet langsung ke grountank pembungan, resiko penyumbatan di dalam fitting pipa sangat keci jika di bandingkan dengam knee 90 derajat.


4. Fitting Cap, pernah mendengar istilah jenis fitting ini, Cap pipa, jika kita ke toko material bahan bangunan orang lebih famlyar dengan istilah Dop pipa atau penutup pipa.


Fungsi utama dari fittinh cap adalah untuk menghentikan aliran air didalam pipa, ada lagi istilah Flange, kegunaanya hampir sama dengan cap, hanya saja pengaplikasian dan bentuk fisik material berbeda.


Flange biasanya di pakain untuk pipa pipa dengan diameter di atas 3" ke atas, karena untuk menahan dan menutup air bertekanan tinggi saat tes. 


5. Fitting Shock, shock atau yang lebih kita kenal dengan sok adalah salah satu material yang tidak kalah pentingya untuk memenuhi kebutuhan material plumbing, lalu, apa fungsi shock itu sendiri? 


Shock pipa berfungsi untuk menyambung dari pipa 1 ke pipa 2, agar sejajar dan menyatu untuk mendapatkan jalut instalasi sesuai harapan, penggunaan shock biasanya dapat kita temui untuk menyambung pipa ppr, pipa pvc, pipa hdpe pipa galvanis dan pipa conduit, untuk pipa pvc sendiri panjang nya berkisar antara 3 meter sampai 4 meter dari produsen, maka dari itu di butuhkan shock untuk menyambung pipa tersebut.


Itulah beeberapa fitting suport yang mungkin biasa kita lihat di sekitar kita, tanoa adanya fitting sebuah instalasi tidak akan mendapatkan hasil yang sempurna, kualitas pemasangan dan pemakaiaan, untuk mendapatkan hasil yang sempurna.


Teknisi atau tukang plumbing harus yang sudah berpengalaman atau memiliki sertifikat di bidang tersebut, metode pemasangan pipi harus sesuai prosedur, demi mendapatkan keuntungan jangka panjang, untuk pipa Ppr jika teknikal pemasangan mengikuti pedoman tabel pemasangan, maka akan mendapatkan sambungan yang sempurnah, contoh pengelasan pipa Ppr 2" dan fitting elbow 2".

Prosedur mengelasan atau penyambungan butuh waktu sekitar 7 detik pemanasan dan 10 detik pendinginan, ini lah yang dinamakan prosedur penyambungan, sangat penting diterapkan, jika pipa pvc, peletakan lem harus mengikuti design titik tempat pengeleman yamg sudaj di sediakan, dengan teknik memutar gerser sekitar 2cm sampai 1cm, untuk mendapatkan hasil lem terikat dan saling mengunci.


Alamat :

Pipa Indonesia.
Distributor Pipa Westpex dan Lesso 
Semarang kota salatiga
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Fungsi Fitting Pipa Yang Jarang Kita Tahu"