Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari

5 cara menghemat air bersih
Bijak menghemat air
Memanfaatkan penggunaan air harus di terapkan sejak dini untuk anak-anak, agar tagihan air setiap bulannya tidak anjlok, sebagai orang tuaa kita harus selalu memberikan contoh perilaku menghemat air bersih.

Kita sebagai manusia sangat menggantungkan diri pada air, apa yang terjadi jika tidak ada air. apa lagi air bersih, banyak cara bagaimana memanfaatkan air secukupnya, sesuai kebutuhan. Kita harus selalu menerapkan pemahanan kepada orang sekitar, apa yang terjadi jika kita boros dan tidak menghemat air.

5 cara bijak menghemat air paling ampuh

1. Pakai air saat mandi secukupnya

Tanpa sadar kita sering mandi dalam waktu lama, saking asiknya sampai-sampai kran shower on terus dan menyebabkan air terbuang sia-sia, di sinilah keteledoran kita, sebaiknya hindari kebiasaan buruk mandi berlama-lama.

2. Cek pipa bocor

Tidak selamanya pipa air bersih di rumah kita mampu bertahan dengan alam, apalagi pipa terpasang di luar ruangan, pasti akan cepat rusak dan butuh perbaikan, disinilah sikap peduli kita harus ada, selalu cek jika ada kerusakan.

3. Pakai kran otomatis untuk wastafel

Pada kasus ini sebaiknya di perhatikan pemakaian air saat cuci tangan biasanya berlebihan, kita harus selalu bijak menggunakan air untuk cuci tangan setiap harinya, atau pasang sensor otomatis pada kran agar off dengan sendirinya ketika tidak digunakan.

4. Menyiram tanaman sesuai jadwal

Bagi orang yang tinggal di perkotaan, memiliki tanaman hias di depan rumah  sangat menyenangkan, namun perlu di ingat tanman juga mebutuhkan air, maka kita harus menyiramnya setiap pagi sore atau malam.

5. Jangan mencuci mobil di rumah

Mencuci mobil atau motor sebaiknya pasrahkan kepada tukang cuci, karena meraka sudah menegrti berapa takaran air yang harus di gunakan, tidak seperti ketika kita mencuci sendiri, kadang berlebihan dalam menggunakan air bersih

Post a Comment for "5 cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari"