Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar cara menghitung titik instalasi listrik dan contoh rab

 Belajar cara menghitung titik instalasi listrik dan contoh rab
Banyak orang yang masih bingun arti pertitik di dalam rincian anggaran biaya pekerjaan kelistrikan, menghitung biaya instalasi listrik memang tidak mudah, harus dikerjakan dengan teliti untuk mendapatkan perkiraan harga yang benar. banyak orang masih salah kaprah dengan arti pertitik instalasi listrik.

Listrik merupakan salah satu sumber daya energi yang sangat diperlukan oleh manusia, tanpa listrik manusia tidak akan dapat melakukan aktivitas normal, listrik sebagai suply energi lampu, manfaat lampu adalah untuk menerangi jalan, rungan dan tempat gelap lainnya, listrik dapat menghidupkan penanak nasi, dengan bantuan alat penanak nasi dan didukung adanya energi listrik kita dapat memasak nasi dengan cepat.

Di zaman yang sudah semakin canggih ini, pekerjaan instalasi listrik dapat kita pasrahkan sepenuhnya oleh kontraktor listrik, dengan adanya kontraktor borong listrik pekerjaan akan cepat selesai, dan kita hanya membayar sesuai volume pekerjaan yang sudah dibuat dengan rab, dari rab itulah kita dapat mengetahui istilah titik instalasi listrik, yang selalu menjadi perdebatan antara pemborong listrik dengan ower proyek.

Dalam menghitung instalasi listrik pertitik kita siap kan harga material listrik yang akan digunakan, seperti kabel listrik, aksesoris seperti lampu stop kontad dan lain-lain, dari unit materal yang kita beli dari toko listrik kita sudah mendapatkan modal harga pertitik yang selanjutnya kita tambahkan jasa pemasangan instalasi listrik.

Untuk mempermudah menghitung titik instalasi listrik pertitik, rincikan secara detile harga materila yang sudah kita ambil dari toko listrik

Contoh tabel rab instalasi listrik plus material

Uraian pekerjaan Vol Sat Harga material Harga jasa Total harga
Nym 3x2,5  Ø 20mm 50 meter 7.500 3.500  550.000
Stop kontak 10 titik 10.000 15.000  250.000
Saklar lampu 5 titik 7.000 10.000 85.000
Lampu TL 20 titik 15.000 15.000 600.000
Lampu downlight 10 ttik 20.000 15.000 350.000

Dari contoh tabel diatas kita akan dapat mengetahui apa itu arti titik instalasi pertitik pekerjaan listrik, keuntungan menggunakan rincian harga dalam rab listrik adalah memudahkan kita untuk menganalisa harga unit dan jasa, sebagai seorang pemborong memberikan harga tanpa ada analisa dengan benar hanya akan membuat kita kesusuahan ditengah jalan nantinya. Fungsi dari rab itu sendiri adalah sebagai acuan dasar pelaksanaan proyek nantinya, seperti pemilihan material dan harga jasa pekerjaan
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Belajar cara menghitung titik instalasi listrik dan contoh rab"