Cara deteksi kebocoran saluran pipa air bersih

 

Cara mendeteksi pipa bocor sendiri
Cara deteksi pipa air bocor

Pipa bocor dalam tembok rumah bisa menyebabkan masalah, untuk melakukan cek pipa bocor, kita harus memanggil tukang ledeng, pasti akan mengeluarkan biaya perbaikan pipa. Sebenarnya ada alat pendeteksi pipa bocor, tapi harganya pasti mahal.

Saluran pipa air bersih bocor tidak hanya di dalam tembok rumah, bisa juga di dalam lantai ditoren atau di grountank air.

Banyak faktor penyebab kenapa pipa air bersih rumah kita bocor

1. Pipa air termakan usia

Apabila di rumah anda menggunakan pipa air pvc, material jenis ini tidak akan tahan lama, hanya mampu bertahan antara 25 tahun sampai 35 tahun, kecuali instalasi pipa air bersih menggunakan pipa ppr.

2. Pipa air kurang kuat

Yang di maksud adalah pemasangan pipa air kurang bagus, misalnya pengeleman antara pipa fitting kurang sempurna, pekerjaan instalasi pipa air sebaiknya pasrahkan kepada tukang pipa terdekat atau tukang pipa online panggilan.

3. Material pipa air kurang bagus

Materila pipa pvc umum di gunakan, selain harganya murah, kwalitas pipa air pvc juga lumayan bagus, tapi jangan salah pilih pipa air, karena ada dua type pipaa pvc yaitu type Aw dan D, pipa air type Aw lebih tebal dan kuat jika di bandingkan dengan pipa air type D.

Membeli rumah tinggal baru atau membangun sendiri, ada baiknya menentukan denah gambar rumah tinggal, mulai dari denah sipil bangunan, elektrikan dam plambing.

Gambar bangunan dapat mempermudah kita jika ada kerusakan seperti instalasi listrik dan pipa air.

Gambar adalah solusi terbaik untuk mendeteksi saluran pipa air bersih yang bocor, dari gambar kita akan mudah menandai dan mencari titik-titik rawan bocor.

Cara mencari titik pipa air bocor adalah:

1. Pipa bocor menyebabkan pompa hidup mati

Masalah saluran pipa air bocor dapat mambuat pompa air rusak, selain rusak juga dapat buang-buang listrik.

2. Perhatikan meteran pdam akam jarum berhenti atau tidak ketika semua kran dimatikan.

Cara kedua ini sangat ampuh untuk mendeteksi kebocoran saluran pipa air dirumah, flow meter pdam memiliki jarum yang dapat berputar, sebagai indikator air mengalir sedang di pergunakan.

Rekomendasi instalasi pipa air bersih sebaiknya di atas plafond, meski sedikit mahal tapi akan dapat memudahkan apabila ada kerusakan, bebeda ketika saluran pipa air bersih di dalam lantai rumah, akan sulit mendeteksi kerusakan.