Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instalasi Pipa Air Bersih Kamar Mandi Rumah

Memiliki kamar mandi bagus adalah dambaan semua orang, tapi juga harus didukung oleh sanitasi plumbing yang lancar demi kenyamanan pemilik rumah maupun pemakai
Instalasi Pipa Air Bersih Kamar Mandi

Sering kita menemukan kebocoran pipa air kamar mandi dirumah kita, apabila hal ini sampai terjadi, mengharuskan kita untuk melakukan perbaikan, dampak dari pipa air kamar mandi bocor adalah kerusakan area kamar mandi dan kita harus mengeluarkan biaya perbaikan.

Untuk mengantisipasi hal ini, sejak awal kita harus siap untuk memikirkan bagaimana menciptakan sanitasi rumah yang aman nyaman dan kuat, pemakaian toilet kamar mandi tidak hanya satu kali dua kali bukan?, paling tidak 15 tahun hingga 30 tahun baru terlihat butuh perbaikan.

Dalam instilah pemipaan pipa plumbing air bersih kita harus memperhatikan kualitan pemakaian material dan pemasangan, saya merekomendasikan pipa-pipa air bersih di ternama di indonesia seperti Rucika, westpex dan Lesso. Pelaksanaan instalasi dapat kita pasrahkan ke tukang yang sudah berpengalaman.

Berikut material dan alat kerja yang harus dipersiapkan meliputi:
  • Pipa Pipa Pvc atau Pipa Ppr
  • Lem pipa atau juka menggunakan pipa Ppr dengan pemanas HeatFusion
  • Sapot besi dan long drat mm
  • Mesin bor listrik
  • Gunting potong pipa
  • Palu kecil
  • Palu besar
  • Gerinda dan mata gerinda keramik
  • Tangga lipat 3 meter
Jika material dan alat yang dibutuhkan sudah siap, langkah selanjutnya adalah memperhatikan gambar kerja, gambar kerja berfungsi sebagai pedoman utama, apabila suatu saat ada kerusakan, tidak terlalu sulit untuk memperbaikinya, melalui gambarkerja akan mudah menemukan titik kerusakan pipa air.

Tahapan pekerjaan instlasi pipa air bersih

1. Pemasangan sapot pipa

Sapot atau yang biasa kita kenal dengan nama gantungan adalah berfungsi sebagai pengunci pipa air diatas plafon agar pipa kuat dan tidak bergerak, selain itu juga akan mengurangi getaran saat air mengalir yang dapat membuat kwalitas instalasi berkurang.

Peran sapot atau gantungan pipa sangat penting dalam instalasi air bersih, karena suport ini dapat membuat pipa menjadi kuat dan lebih rapi
Sapot pipa air bersih
Pemasangan sapot memanfaatkan alat bor listrik, menggunakan material bantu fisher skup ulir.

2. Persiapan bobokan pipa air 1/2"

Instalasi pipa kamar mandi umumnya menggunakan pipa 1/2", ukuran pipa ini paling kecil untuk fungsi instalasi pipa, pembuatan lubang bobokan jangan terlalu sempit atau lebar, wajub menyesuaikan ukuran pipa.

Cara pasang pipa pvc dan ppr air kamar mandi dapat dikerjakan sendiri agar menghemat biaya
Bobokan pipa air bersih
Proses proses pekerjaan bobok tembok untuk menanam pipa sebaiknya dilakukan, kedalaman lubang lebar 4 cm, kedalam bobokan 4 sampai 5 cm, dan jarak titik kran dari lantai 0 adalah 75 cm.

3. Pemasangan Pipa 1/2" dan Fitting

Manfaatkan tangga untuk mengunci pipa air dengan sapot diatas plafon, titik valve sebaiknya jangan terlalu jauh dari lubang darurat, aga saat ada perbaikan dan harus mematikan air, kita tidak akan kesusahan.
Mainhole memeliki tugas penting sebagai lubang bantuaan ketika ada kerusakan pipa air kamar mandi, keuntungannya adalah lebih mudah menjangkau
Pemasangan pipa air bersih
Cara penyambungan pipa ppr atau pipa pvc sebaiknya dikerjakan dengan hati-hati, agar tidak terjadi kebocoran, mengingat plafon mudah rusak karena air. persiapan pemasangan L drat dalam 1/2" yang nantinya tersambung dengan aksesoris kran



Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Instalasi Pipa Air Bersih Kamar Mandi Rumah"