Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memasang lampu downlight philips sendiri

Lampu downlight mati dapat mengganggu aktivitas kita di dalam rumah ketika malam hari, pemasangan lampu ini biasanya di palfond rumah, nah apabila komponen listrik yang satu ini mati ketika malam hari apakah kita harus memanggil tukang service listrik? tentunya akan lebih baik jika menggantinya sendiri bukan?

Cara pasang lampu downlight pada plafond memang agak menyulitkan, karena jauh dari jangkauan tangan kita, mau tidak mau kita harus memanfaatkan tangga untuk dapat menggapai lampu tersebut untuk diganti yang baru.

Sedia payung sebelum hujan, pepatah ini dapat kita ibaratkan sedai lampu baru sebelum mati, lampu downlight plafond biasanya memilik watt antara 5 sampai 65 watt bisa lebih, harga lampu downlight plafon juga bervariasi ada yang 15.000 dan ada juga yang sampai 350.000, tergantung kwalitas dan brand produk, harga lampu downlight philips 5 watt misalnya, biasanya antara 50.000 sampai 100.000, lumayan mahal tapi kwalitas lampu tersebut sangat bagus.

Adapun peralatan yang harus disiapkan untuk memasang lampu downlight philips sendiri adalah:

  1. Tangga lipat 2,5 meteran sampai 3 meteran
  2. Tespen
  3. Obeng kecil
  4. Isolasi listrik atau lasdop
  5. Tang listrik
  6. dan cutter kecil
Jika semua peralatan yang diperlukan sudah siap, saatnya eksekusi lampu yang sudah mati dan kemudian diganti dengan yang baru, congkel lampu yang akan diganti menggunakan obeng kecil untuk melepaskan per kecil pada lampu, pertersebut berguna untuk mengaitkan body lampu ke plafond, jadi lampu tersebut terlihat menempel diatas plafond.

Lepaska sambungan lampu lama, biasanya tersambung langsung pada trafo dc yang ada di area lampu tersebut jika lapu tersebut masih menggunakan trafo kecil, karena ada beberapa lampu philips terbaru yang sudah tidah menggunakan trafo, karena sudah ada didalam lampu tersebut, fungsinya agar lebih simple tidak banyak komponen.

Berikut contoh rangkaian lampu downlight philips plafond:

Cara pasang lampu downlight philips terbaru

Gambar diatas adalah contoh rangkaian pemasangan lampu downlight philips yang biasa kita temukan didalam plafond instalasi rumah pada umumnya.

Sebelum sampai pada tahap pemasangan maupun pembongkaran, sebaiknya matikan terlebih dahulu aliran listrik dari saklar atau dari meteran listrik, agar terhindar dar sengatan listrik, setelah listrik dimatikan manfaatkan tespen untuk mengecek apakan masih ada arus listrik didalam kabel, apabila posisi lampu tespen off atau tidak menyala, dapat dipastikan arus listrik sudah tidak ada.

Garis merah pada gambar mengindikasikan itu adalah kabel phase untuk mengalirkan api listrik (+), garis biru adalah netral kabel (-), angka 1 dan 2 adalah sambungan kabel antara lampu downlight philips dan instalasi listrik yang sudah disiapkan, pergunkan lasdop listrik atau isolasi listrik untuk mengamankan sambungan.

Kembalikan posisi lampu seperti awal kita membongkar lampu downlight lama, manfaatkan perkecil yang ada pada lampu untuk mengunci lampu dengan plafond, hindup kan lampu jika sudah terpasang, jika lampu baru belum hidup, bisa dipastikan sambungan terbalik.



Post a Comment for "Cara memasang lampu downlight philips sendiri"