Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Saklar Tunggal Pada Pompa Air Rumah 1 Phase

mematikan atau menghidupkan pompa air dengan bantuan saklar akan dapat lebih mudah dan aman, karena apabila kita menggunakan colokan listrik sangat berbahaya dab beresiko tersengat listrik
Saklar Pompa Air
Menyambung kabel saklar pompa air dalam rumah dapat kita lakukan sendiri dengan mudah dan aman, maksud dari pemasangan saklar ke pompa adalah agar kita dapat lebih mudah menghidupkan juga mematikan pompa air secara manual.

Memilih saklar tunggal sebagai alat pemutus arus pompa air adalah keputusan bijak, mengingat sering terjadi kecelakaan saat mematikan pompa air menggunakan colokan listrik, bisa saja saat kita akan mencabut tangan basah dan di area pompa air lembab, ini sangat berbahaya.

Untuk merealisasikan skema ini kita tidak akan terlalu banyak membutuhkan material.
  1. Saklar tunggal
  2. Socket sambungan
  3. T dus 
  4. dan kabel listrik secukupnya
Pompa air juga dapat di on off kan oleh saklar, ini adalah diagram saklar tunggal kontrol pompa air yang dapa kita pelajari
Diagram Saklar Pompa Air
Pada umumnya pompa manual langsung mendapatkan poer listrik dari stop kontak dan mematikannya pun manual, jika kita menggunakan sakla, skema wiring diagram dapat kita lihat pada gambar di atas.

Phase listrik dari sumber PLN di putus oleh saklar sedangkan netral atau kabel negativ langsung menuju unit pompa air yang akan kita kontrol menggunakan switch.

Cara di atas hanya dapat digunakan untuk unit pompa berkapasitas kecil, jika ingin mengintrol pompa besar, sebaiknya menggunakan panel pompa air, resiko penggunaan saklar biasa untuk mesin pompa besar akan beresiko terbakarnya switch saklar.

Post a Comment for "Cara Memasang Saklar Tunggal Pada Pompa Air Rumah 1 Phase"