Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membagi Daya Listrik 1 Phase Mudah dan Aman

Memiliki rumah aman dan nyaman adalah dambaan setiap orang, rumah mewah dan bagus sudah pasti mahal, harga rumah di atas 1 miliar pasti sudah memiliki fasilitas lengkap, interior dan exterior sempurna, sanitasi pipa aman tidak ada kebocoran dan jaringan kabel listrik aman.

Lalu apa jadinya jika rumah mahal memiliki instalasi listrik yang buruk, tetunya akan merugikan si pemilik rumah bukan, kita sebagai pekerja harus selalu memperhatikan hasil dan pelayanan agar konsumen puas, selain konsumen puas pasti kita akan mendapatkan nama baik.

Contoh instalasi listrik yang buruk adalah kurangnya perhatian dalam service pemasangan panel listrik, dalam kondisi listrik menyala total, lalu sebagian membutuhkan perbaikan, saat kondisi seperti ini kita membutuhkan sistem yang memang harus sudah dipersiapkan sejak awal, sejak bangunan rumah dalam perencanaan.

Merencanakan instalasi listrik harus difikirkan matang-matang. 

Mulai dari denah gambar kerja, wiring gambar berfungsi sebagai pedoman pembuatan instalasi listrik, memudahkan pekerjaan tukang, dan jika nanti ada kerusakan, kita akan dapat dengan mudah dan cepat menemukan masalah korslet atau perbaikan.

Pemilihan material listrik adalah penentu utama awet tidaknya jaringan listrik di dalam sebuah rumah, seperti material kabel listrik aksesoris stop kontak dan panel beserta isinya.

Pemilihan ukuran amper pembatas harus sesuai kebutuhan.

Jika kita menggunakan daya listrik dari PLN 10 Ampere sudah pasti daya listrik tersedia adalah 2200 watt. 10A merupakan mcb induk di dalam instalasi panel listrik yang akan kita buat. Memahami fungsi mcb adalah sebagai pembatas arus listrik saat terjadi korslet dan dapat berfungsi sebagai saklar on off.

Cara pemasangan panel listrik 4 group untuk ruham dapat kita praktekkan sendiri, mulai dari pemasangan mcb, wiring kable listrik dan pembagian instalasi, pasang listrik rumah memang harus dikerjakan oleh orang yang bersertifikat untuk mendapatkan kwalitas pekerjaan bagus
Instalasi Panel Listrik
Idealnya instalasi listrik dengan daya listrik tersedia 2200 / 10A, mcb turunan atau lebih kecil yang mesti digunakan adalah 6A / 1300, 4A / 880 dan 2A / 220, dengan bantuan ke tiga mcb ini kita akan dapat mengolah pembagian daya listrik di dalam rumah grouping antar ruangan.

Berikut cara menghitung pemakaian daya untuk menentukan mcb pembatas.

Daya listrik tersedia 10A / 2200 watt, dalam arti konsumsi listrik jangan sampai melebihi 2200 watt, jika melebihi mcb akan trip dan listrik off.

Cara menghitung listrik terpakai di dalam rumah dapat diselesaikan dengan cara dibawah ini :

Total lampu bangunan rumah adalah 20 lampu yang masing-masing menggunakan daya listrik 15 watt. dan akan dibagi menjadi dua group lampu

Total daya lampu = 20 buah lampu x 15 watt
                             = 300 watt
                             = 300 : 220V PLN
                             = 1,3a dibulatkan 2A
Lampu di dalam rumah group pembagian dayanya terbagi masing-masing 2A

Alat elektronik kulkas 1 pintu 90 watt, tv 3 buah 300 watt, 
                             = 90 watt + 300 watt + 250 watt
                             = 640 watt : 220V
                             = 2,9A dibulatkan 4A

1 kamar menggunakan Ac 1 pk / 850 watt.
                            = 850 watt : 220V
                            = 3,8A 
Unit Ac outdoor maupun indoor nya dapat mengkonsumsi daya lebih dari keterangan name platenya, jadi untuk menjaga listrik tetap aman lebih baik menggunakan mcb 6A

Ukuran mcb yang harus disediakan untuk membagi daya listrik 1 phase adalah 2A dua buah, 4A satu buah dan 6A satu buah, jika kita total keselurahan dari spare daya tersedia 10A / 2200 watt kita masih memiliki 410 watt daya tersisa, sangat aman jika saja nanti ada tambahan lampu atau perangkat elektronik baru.

Cara membagi listrik satu phase sangat mudah, berbeda dengan listrik tiga phase, apabila rumah anda memiliki konsumsi listrik sangat besar, saya sarankan menggunakan listrik 3 phase, karena pembagian daya listrik antar ruangan dan perangkat lebih dapat di atur, tentunya akan lebih membuat kita nyaman dan aman sebagai penghuni rumah.
Cci
Cci Penulis

2 comments for "Cara Membagi Daya Listrik 1 Phase Mudah dan Aman"

  1. Selamat pagi salam sejahtera..

    Pak saya mau tanya, apa bedanya sekring sama mcb? keuntungan kelebihannya apa?

    Mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sebagai pemutus arus pak, hanya saja cara kerjanya berbeda, mcb lebih modern dan simple

      Delete