Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi listrik mati hidup sendiri ini sebabnya

Sering mendapati listrik hidup mati adalah hal yang menyebalkan, listrik on off sendiri membuat perangkat elektronik di dalam rumah rawan rusak
Kabel Listrik Terbakar
Sering kita mendapati aliran listrik putus lalu tersambung lagi, hal ini dapat kita lihat dari gejala lampu rumah on beberapa saat setelah itu off tidak lama dan mati lagi, kita sebagai penghuni rumah pasti sangat tidak nyaman dengan adanya kerusakan listrik seperti ini.

Saat sedang ada acara keluarga tiba-tiba listrik padam, saat anak kita sedang belajar listrik hidup lalu mati lagi, sangat beresiko bagi mata anak-anak kita nanti.

Banyak kerugian akan kita dapatkan jika ada masalah seperti ini, mengatasi listrik hidup mati sendiri memang tidak mudah, karena butuh keahlian khusus dan mempersiapkan alat pendeteksi arus listrik putus.

Memprediksi kerusakan listrik hidup mati dapat ditandai dengan padamnya lampu, lalu hidup lagi, namun pada saat lampu padam MCB masih on dan sekring on, pasti kita mengira KWH meter bermasalah atau mcb kwh meter rusak.

Cara mengantisipasi masalah ini adalah selamatakan terlebih dahulu semua perangkat elektronik yang tersambung ke aliran listrik stop kontak, matikan semua lampu ambil senter penerangan dan coba cek bagian ini:

1. Kebel listrik meleleh akan terbakar

Penyebab utama mengapa kabel listrik dapat terbakar adalah karena kelebihan beban, beban perangkat elektronik terlalu besar sehingga dapat membuat kable panas lalu meleleh, posisi kabel meleleh biasanya tidak terlihat, tapi kita dapat mencium bau pembungkus kabel terbakar.

Sepeka mungkin kita didalam rumah atau dimanapun berapa, selalu wapada dan siaga, jika saja mencium bau kable meleleh segera matikan mcb atau kwh meteran listrik, cara ini manjur untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran listrik yang ditandai listrik hidup mati sendiri.

2. Perangkat elektronik korslet

Perangkat elektronik juga dapat menjadi penyabab listrik mati hidup sendiri, tanpa kita sadari charge hp atau televisi dan komputer di rumah kita adalah biang keroknya.

Selalu cek alat elektronik yang kita miliki, apakah masih layak pakai, membutuhkan service atau harus ganti baru, contoh kecil adalah colokan televisi, ada beberapa orang yang tidak berhati-hati, kabel power tertindih lemari Tv atau ketarik, membuat kabel netral terputus dan menyentuh kabel phasenya.

Inilah proses listrik hidup mati sendiri dimulai, untuk mencapai titik off total pada sebuah instalasi listrik yeng terbakar tergantung kwalitas kabel, kalau hanya kabel serabut, sepuluh kali mcb trip pasti kabel sudah gosong.

Solusi listrik mati hidup sendiri

1. Sewa jasa tukang listrik berpengalaman

Ini adalah cara terbaik untuk menyelesaikan hal ini, karena tidak sembarangan orang dapat menuntaskan problem listrik hidup mati sendiri dalam sebuah rumah yang sudah tertutup rapat, titik korsleting listrik pada masalah ini biasanya tidak terlihat.

Pipa tertaman dibawah lantai pun patut dicurigai, pipa conduit di dalam tembok yang berisi kabel listrik stop kontak bisa jadi adalah penyebabnya, masalah kita sebagai pemilik rumah yang memang kurah memahami teknis perbaikan wajib memasrahkan service ini ke tukang listrik berpengalam.

2. Tes colokan listrik dengan multi tester

Cara ini berguna bagi anda yang memang memilik basic listrik, mencabut semua colokan listrik dapat menjadi solusi utama mencari tahu apakah mereka penyebabnya, dengan memanfaatkan multi tester kita dapat mengukut apakan kabel listrik tersambung utuh dari ujung keujung, apabila multitester mengindikasikan putus dan tersambung, dapatdipastikan salah satu colokan listrik tersebut akan terbakar.

Berikut ini adalah tips memilih material listrik dan pemasangannya

Sebelum rumah dibangun dan mempersiapan jaringan instalasi listrik untuk rumah tersebut, sebaiknya memperhitungkan daya listrik yang akan dipakai, daya yang akan kita beli dari PLN harus seimbang dengan listrik elektronik didalam rumah nantinya.

Materila yang akan kita beli nantinya dapat menentukan berapa lama instalasi listrik dapat digunakan, kabel besar belum tentu cocok, memang kuat tapi boros belanja bukan?

minimal kabel listrik dengan daya Pln terpasang 450 watt dapat menggunakan kabel NYM ukuran 3x1.2 cukup, atau memakai kabel standard yang lebih aman NYM 3x2.5, sedikit lebih besar tapi manfaatnya akan dapat kita rasakan sampai 30 tahun mendatang, dengan catatan instalasi listrik terpasang dengan benar.

T dus dalam instalasi listrik berguna sebagai pelindung sambungan kabel listrik, dengan adanya komponen ini untiran kabel tidak akab membahayakan manusia maupun hewan disekitarnya
T Dus Pipa Conduit

Standart pemasangan instalsi kabel listrik menggunakan pipa isolasi yaitu pipa CONDUIT 20mm, dan pada sambungan kabel menggunakan T-DUS, cara ini sangat disarankan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran juga terkena manusia maupun hewan liar seperti tikus dan kucing.

Cara pasang t dus listrik dapat kita praktekan dilapangan dengan memanfaatkan alat bor listrik fisher pengait skurp dan tangga,
Skema pemasangan T dus

Persiapan gambar listrik, berguna sebagai pedoman jika nantinya terjadi kerusakan listrik, setidaknya kita dapat memprediksi jika pada titi ini memiliki potensi akan terjadi kerusakan, sebaiknya dalam teknis pemasangan T dus jangan terlalu jauh, usahakan berdekatan agar kita dapat dengan mudah melakukan perbaikan maupun renovasi.

Setelah mengetahui mengapa listrik dirumah kita hidup mati sendiri dan menyimak solusinya, ada baiknya kita mulai saat ini peduli dengan instalasi listrik didalam rumah maupun gedung.
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara mengatasi listrik mati hidup sendiri ini sebabnya"