Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Check Valve Dalam Sistem Pompa

Chek valve sendiri berfungsi sebagai pencegah aliran air agar tidak kembali lagi atau backflow, penggunaan chek valve sangat berguna untuk materail perakitan pompa air bersih rumah
Skema Instalasi Pompa Air
Check valve tidak seperti gate valve atau ball valve yang berfungsi mengontrol aliran air, seperti yang sudah kita ketahui dapat menstop fluida cair. kegunaan lain dari ball valve juga dapat membantu kita untuk menahan air saat ada perbaikan pada instalasi pipa, melakukan service instalsi pipa harus mematikan stop kran jalur utama.

Chek valve merupakan komponen penting dalam instalasi plumbing air bersih, dengan material ini kita akan dapat membut aliran air menjadi searah (backflow), ini bekerja otomatis tidak menggunakan handle seperti valve-valve lainnya.

Dengan menggunakan material ini, kita dapat mengamankan perangkat alinnya, seperti pompa, valve dan alat lainnya.

Dalam sebuah skema pemasangan pompa air. Check Valve berfungsi sebagai penahan air yang didorong keatas menuju toren, simak gambar diatas, selain menahan air backflow, juga akan mengamankan foot valve yang ada di dalam ground tank
Dengan menggunakan check valve pompa tidak akan sering dipancing, air dari toren tidak akn kembali lagi ke ground tank
Cara kerja check valve
Kesalahan instalasi pompa air yang sering terjadi adalah, air yang seharusnya standby didalam pompa habis kembali masuk ke ground water tank dengan gravitasi, maka kita harus membuka penutup lubang untuk memancing air, dan itu akan terus terjadi jika belum diamankan dengan Check Valve tersebut.

Post a Comment for "Fungsi Check Valve Dalam Sistem Pompa"