Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi grounding pada instalasi rumah dan gedung

fungsi grounding pada instalasi rumah dan gedung
Simbol Grounding
Banyak orang yang belum tahu manfaat pemasangan arde didalam sebuah gedung bertingkat maupun rumah hunian. Fungsi grounding listrik adalah sebagai pencegah terjadinya kontak listrik antara manusia maupun hewan dan makhluk hidup lainnya, tegangan listrik voltase tinggi maupun rendah dapat dibumikan dengan aman menggunakan instalasi arde. Grounding listrik hampir sama dengan sistem kerja penangkal petir, sama sama membuang tegangan listrik liar sebelum terkena manusia.

Sering kita melihat simbol arde pada perangkat elektronik seperti gambar diatas, tapi tidak menggubris, padahal elektronik rumah yang setiap hari kita pakai membutuhkan grounding untuk membuang rugi daya pada rangkaian pcb eletronik tersebut, itulah mengapa sering perangkat dirumah kita tidak awet, sering rusak  harus service.

Pemasangan grounding gedung dan rumah
Grounding listrik rumah


Cara pemasangan arde panel listrik
Grounding panel listrik
Sistem grounding dalam kelistrikan adalah memberikan perlindungan kepada perangkat elektronik, tidak hanya perangkat atau aksesoris saja, panel listrik dan kwh meter pun wajib digrounding demi mengantisipasi terjadinya kecelakaan tersengat arus listrik. 

Sering kita merasakan sengatan kecil saat memegang eletronik seperti Tv kulkas atau komputer, pada momen inilah grounding bekerja membumikan listrik liar, prinsip kerja grounding rumah maupun panel listrik hampir sama dengan penangkal petir membuang listrik yang lebih besar, dan instalasinya harus terpisah dari arde gedung maupun rumah, pemasangan penangkal petir sebaiknya dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman dan bersertifikat demi keamanan bersama.


Post a Comment for "Fungsi grounding pada instalasi rumah dan gedung"