Gambar pemasangan instalasi listrik rumah sederhana beserta fungsinya

Instalsi rumah harus dipersiapkan sejak dini, mempersiapkan gambar kerja hingga rincian biaya jasa maupun harga material, selain itu instalasi listrik sebaiknya dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman, kalau bisa harus punya sertifikat jaringan instalasi listrik, mengingat listrik dapat membahayakan diri kita. Ada baiknya kita tahu dan paham sedikit bagaimana cara membuat instalasi listrik sederhana untuk rumah tangga, tidak perlu bingung bagaimana mempelajarinya, saat ini banyak sekali media internet yang menyediakan ulasan tentang cara membuat instalasi listrik.

Sebagai contoh gambar di atas misalnya, skema tersebut dapat hidup jika dipraktekkan dilapangan, atau mungkin instalasi listrik dirumah anda sama persis seperti gambar diatas, Jika kita amati bersama, tiga mcb terdapat label tanda angka 1 2 3 sebagai indikasi sebuah group instalasi listrik, baca artikelnya di Cara pembagian group instalasi listrik untuk membagi daya.
Sering kita temukan beberapa komponen alat yang membutuhkan energi listrik dan beberapa aksesoris bantu. 

5 macam komponen instalasi listrik lengkap dengan dan fungsinya

Kabel listrik instalasi
Kabel instalasi listrik

1. Kabel listrik

Kabel listrik adalah konduktor utama sebagai sarana mengalirkan arus listrik bolak baliK AC, tembaga kabel berfungsi sebagai penghantar dan pembungkus tembaga yang gunanya unutk isolator pengaman, pembungkus atau isolator kabel tidak dapat menghantarkan arus listrik, meskipun menyentuh tidak akan tersengat aliran listrik.

Komponen instalasi listrik rumah tinggal
Kwh meteran listrik

2. KWH Meter

Kwh meter merupakan komponen paling penting dalam sebuah instalasi listrik rumah, Kilo Watt Hour Meter atau yang biasa kita sebut kwh adalah alat ukur dalam kelistrikan, dengan memanfaatkan kwh meter kita akan tahu besar daya listrik yang digunakan dalam satu rumah. prinsip kerja kwa adalah memanfaatkan induksi medan magnet, sering kita meilihat didalam kwh analog ada piringan putih memutar, magnet dilewati arus listrik lalu memutarkan piringan tersebut.

Fungsi pipa conduit sebagai pengaman kabel listrik

3. Pipa conduit 20mm

Penggunaan material yang satu ini kadang sering disepelkan, padahal manfaat yang akan dirasakan sangat besar, pipa conduit 20mm adalah pipa pvc yang berguna untuk melindungi kable listrik, memang kabel sudah memiliki isolator terbuat dari thermoplasti, tapi hewan, cuaca dan panas api masih dapat merusak kabel, fungsi lain dari pipa conduit adalah dapat membuat instalasi kabel lebih rapi enak dilihat.

Cara pemasangan mcb listrik
Mcb Listrik

4. Mcb listrik

Mcb atau (Miniature Circuit Breaker) adalah salah satu komponen listrik paling penting, fungsi dari alat ini adalah sebagai pembatas arus listrik, mcb beroperasi secara otomatis akan memutus arus listrik yang melewatinya saat beban berlebih, arus listrik melebihi nilai ampere yang tertera pada mcb tersebut, jadai sangat aman sebagai pelindung perangkat elektronik didalam rumah, sebelum voltag naik melebihi batas dan dapat merusak peralatan, mcb dapat mencegah itu semua dengan cara memutus arus listrik.

Cara pasang stop kontak dengan mudah
Stop kontak listrik

5. Stop kontak listrik

Untuk aksesoris listrik yang satu ini kita mungkin sudah sangat paham, stop kontak atau colokan outlet listrik, tanpa stop kontak kita tidak akan bisa menyalakan televisi, memasak nasi atau mengcarger handphone, perangkat elektronik biasanya terdapat colokan yang memilik besi atau tembaga 2 sampai 3 buah, yang nantinya dimasukkan ke dalam lubang stop kontak tersebut.

5 contoh material listrik diatas mungkin sudah dapat membuat kita paham, masih-masih komponen aksesori listrik memiliki fungsi masing-masing, sesuai kebutuhan, sebelum taham menjalankan pekerjaan instalasi listrik rumah sederhana, ada baiknya memahami dan mengerti apa saja material yang di butuhkan, hal ini sangat berguna apabila kita ingin memperbaiki instalasi rumah sendiri maupun menggunakan jasa kontraktor listrik.