Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Mengganti Pipa Bocor? Khusus Tee Pipa Pvc

Cara menambal pipa pvc rembes dapat di atasi dengan menggunakan socket pipa sesuai ukuran, potong bagia pipa yang rembes atau bocor lepaskan fitting pipa lama, manfaatkan pipa lem sebagai perekat
Pipa Pvc Rembes
Banyak cara dilakukan orang untuk memperbaiki saluran pipa air bersih yang bocor atau rembes, pada kondisi seperti ini tentunya sangat mengaggu kita sebagai penghuni rumah, kerugian dari rusaknya saluran pemipaan air bersih dapat kita rasakan naiknya tagihan air pam setiap bulannya.

Faktor terjadinya kerusakan instalasi pipa air rumah, bisa saja disebabkan oleh pemasangan yang kurang baik, atau memang kualitas pipa kurang bagus.

Mengapa sambungan antara pipa dan fitting sering rembes? cek apakah material yang digunakan berbeda, pipa merk A dan fitting merk B, ini juga bisa menjadi faktor kenapa pipa air bersih bocor.

Cara mengganti pipa bocor sangat mudah, jika instalasi di lura tembok, artinya tidak tertanam, seseorang akan kesulitan melakukan perbaikan saluran pipa air jika pipa tersebut ada didalam lantai keramik dan tembok.

Maka dari itu fikirkan dengan matang-matang antara menggunakan instalasi tanam atau di atas plafon, banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika instalasi berada di atas, salah satunya adalah ketika perbaikan tidak sulit.

Simak cara mudah mengganti pipa pvc bocor berikut ini:

Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan

  • Fitting Tee baru
  • Sock pipa 3 buah
  • lem pipa pvc
  • Gunting potong pipa
  • Kain kering
  • Amplas kecil
Beberapa alat dan material diatas mudah kita temukan di toko bangunan terdekat dirumah kita.

Sebelum membeli material baru, pastikan merk dan ukuran harus sama, jangan berbeda, beda produk beda ukuran pipa, mamang kelihatannya hampir sama, rapi pasti selisih antara diameter luar pipa dan diameter dalam pipa.
Potong bagian fitting dan pipa pvc yang bocor, bersihkan dengan lap kering lem secara merata untuk menghasikan sambungan pipa yang kuat
Proses pemotongan pipa
Pemotongan pipa pvc dengan gunting pipa harus dilakukan dengan bener, agar dapat menghasilkan pemotongan yang bagus, hal ini berpengaruh pada hasil akhir sambungan yang akan di perbaiki
Setelah fitting dipotong
Cara pasang tee pipa pvc yang bocor dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat hanya dengan bermodalkan lem pipa pvc
Pemasangan Tee Pvc
Pemasangan pipa pvc harus di kerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang sempurna
Perbaikan Tee Pipa PVC
Tahap pekerjaan mengganti pipa bocor, hanya untuk pipa pvc

  1. Matikan stop kran mematikan stop kran utama sebelum membongkar jalur pipa yang bocor adalah kewajiban, tidak mungkin kita akan bekerja dalam keadaan air mengalir deras.
  2. Potong 3 titik Tee pipa lakukan secara perlahan-lahan agar tidak menimbulkan getaran atau tarikan yang beresiko akan merusak sambunga lain, cara pemotongan pipa harus dilakukan dengan benar, ada teknik khusu untuk menghasilkan potongan pipa yang rapi dan lurus, hal ini juga berpengaruh pada hasil pengeleman anatara pipa dan fitting, apabila pemotongan pipa miring, sudah pasti kedalaman pipa yang masuk ke fitting akan berkurang, ini akan beresiko bocor lagi
  3. Gunakan lap kering kain yang sudah dipersiapkan berguana untuk menghilangkan bekas air yang ada pada pipa dan fitting, pengeleman pipa tidak akan sempurna jika dalam keadaan basah, bersihkan pada area pipa saja, karena fitting yang lama kita buang.
  4. Pasang sock ke pipa baru lakukan pengeleman pada area dalam socket pipa yang baru kita beli pelan pelan memutar agar menghasilkan olesan lem yang merata, selanjutnya pengeleman pada arean ujung pipa lama, gunakan lem sesuai kebutuhan, karena akan menyambung 3 titik sambungan.
  5. Pasang pipa sambungan yang dimaksud adalah pipa kecil untuk menyambung antara sock pipa baru yang sidah terpasang di pipa lama ke fitting baru, persiapkan sambungan pipa sesuai ukuran kedalaman fitting dan sock, jangan terlalu panjang jangan terlalu pendek, proses perbaikan Tee pipa yang bocor harus dikerjakan dengan teliti.
  6. Pasang Tee baru perbaikan pipa bocor pada sambungan memang sedikit menjengkelkan, pada tahan ini adalah penentu apakah persiapan kita dari awal mwmamng sudah benar, mulai dari pembelian material, ukuran pipa dan proses persiapan pemasangan socket baru. Masukkan pipa kanan dan kiri terlebih dahulu dan selanjutnya pipa tengah, tahan sampai kering kira-kira 10 menit, hidupkan stopkran apkan masih bocor.
Solusi pipa bocor adalah diganti baru, jika hanya diperbaiki akan beresiko terjadi kebocoran lagi, menambal pipa rembes atau rusak harus dikerjakan oleh orang yang memang sudah berpengalaman, seperti kebocoran pipa didalam tembok atau di dalam dinding kamar mandi, karena hal ini akan meyulitkan kita, teknisi pipa mungkin sudah memiliki cara untuk menangani instalasi pipa air bersih yang bocor.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Ingin Mengganti Pipa Bocor? Khusus Tee Pipa Pvc"