Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan kekurangan kerja borongan, banyak untung nya loh?

kelebihan dan kekurangan kerja borongan, banyak untugnya loh?

Banyak manfaat membangun rumah menggunkan sistem borong, di borong oleh kontraktor maupun perorangan memang menguntungkan tapi juga ada beberapa kekurangan. lalu apa bedanya jasa borong kontraktor dan perorangan?

Kontraktor adalah sebuah badan usaha yang dominan dalam pekerjaan kontruksi bangunan sipil, kontraktor memiliki peran penting dalam pertumbuhan sumberdaya manusia, dari seorang kontraktor yang memborong sebuah rumah akan dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Sedangkan sistem borong perorangan atau pribadi adalah seseorang yang dapat mengelola pekerjaan kontruksi tanpa adanya legalisir sebuah organisasi badan usaha, berbeda dengan kontraktor yang memiliki sebuah badan usaha, jika membicarakan kwalitas pekerjaan, bisa saja pemborong pribadi dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Setalah kita tahu point penting dalam proyek yaitu kontraktor umum dan pemborong perorangan mari kita cari tahu, kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa borongan.

Keuntungan sitem kerja borongan

Sistem kerja borong adalah sebuah pekerjaan yang bertujuan menyerahkan segala proses pelaksanaan kerja dari awal sampai finis ke sebuah organisasi seperti kontraktor atau sesorang, sistem pembayaran pun secara global total keseluruhan, yang artinya pekerjaan di bayar dari analisa volume pekerjaan dari nol sampai akhir.

Keunutungan membangun rumah menggunakan jasa borongan salah satunya adalah terima beres, dalam arti kita tidak ambil alih dalam urusan pekerjaan mulai dari desing pelaksanaan kerja dan keuangan.

Segala tanggung jawab pembiayaan dalam pelaksanaan proyek ditanggung sepenuhnya oleh pihak pemborong, misalkan ada over budget pembayaran tenaga proyek, itu bukan tanggung jawab kita lagi, segala sesuatu seandainya ada kerugian harus ditanggung oleh pihak pemborong, kita sebagai owner tidak mau tahu, tapi dangan satu catatan harus sudah ada surat perjanjian kerja.

Tanpa susah payah kita dapat memantau perkembangan proyek yang sedang berjalan melalui kontraktor atau permborong tersebut, apabila ada hasil pekerjaan yang tidak sesuai kontrak kita dapat complain secepatnya.

Kekurangan sitem kerja borongan

Banyak kasus yang sudah terjadi di sekitar kita kontraktor atau pemborong meninggalkan tanggung jawab yang sudah ditanda tangani, selain merugikan klien ada juga yang sampai merugikan karyawan proyek mereka, seperti gaji tidak di bayar atau pembayaran gaji proyek nunggak hingga berbulan bulan.

Salah satu kekurangan menggunkan jasa kontraktor adalah pekerjaan yang dikerjakan terlalu cepat, dampak dari hal ini adalah hasik pekerjaan yang kurang memuaskan. Ada beberapa kontraktor yang menyepelekan kontrak yang sudah disepakati, pekerjaan dipercepat demi keuntungan semata, tapi nilai plus yang diberikan tidak cukup memuaskan owner.

Sebelum menggunakan sistem jasa borongan sebaiknya melihat rekam jejak dari kontraktor yang ingin kita ajak kerjasama, type pemborong ada dua, yaitu bermodal dan tidak bermodal dalam arti tidak memiliki modal adalah mengandalkan dp proyek pertama untuk menjalankan proyek, tidak selamanya
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Kelebihan dan kekurangan kerja borongan, banyak untung nya loh?"