Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Listrik Mati Sendiri? Coba Cek Bagian Ini

Penyebab Listrik Mati Sendiri? Coba Cek Bagian Ini
Bolam Lampu Mati
Banyak penyebab yang dapat membuat listrik di dalam rumah sering mati sendiri, saat sedang berkumpul dengan keluarga, tiba-tiba mcb trip dan lampu padam, sungguh sangat mengganggu, tentunya sangat tidak membuat kita nyaman.

Banyak cara mengatasi listrik mati hidup sendiri, tapi sebaiknya cek dulu bagian-bagian instalasi listrik yang rawan kerusakan, hal ini akan mempermudah kita dalam masa perbaikan, setidaknya tahu dahulu sebelum memanggil tukang service listrik di sekitar kita, aka lebih baik jika kita dapat membenahinya sendiri, seperti memasang dan mengganti lampu downlight sendiri.

Coba cek bagian ini

1. Token Listrik Habis

Sangat tidak lucu jika pada saat kita ada acara diruang keluarga listrik padam, dan penyebabnya adalah token listrik habis, dampaknya adalah listrik satu rumah padam.

Solusinya adalah kita harus membeli token listrik baru, kita dapat membeli didistributor yang menyediakan pulsa listrik sesuai kebutuhan seperti, minimarket kecil, toko online atau biasanya di toko pulsa pun menyediakan.

Selanjutnya kita akan mendapatkan code token listrik yang nantinya kita masukkan ke meteran KWH listrik dirumah, code token pulsa listrik biasanya berjumlah 20 digit angka.

Lagsung ketik angka di KWH meter sesuai isi code token yang sudah kita beli misal, 11111 22222 33333 44444 55555 tanpa spasi lalu enter, jika sukses listrik rumah akan hidup kembali, dan apabila salah ulangi dari awal sampai bisa.

2. Instalasi Listrik Bermasalah

Kasus instalasi listrik rusak sudah sering kita bahas, listrik merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi kita saat ini, apa jadinya jika kita hidup tanpa listrik.

Namun tidak semua jaringan listrik yang kita buat sempurna sesuai harapan, pasti selalu ada kerusakan, komponen listrik seperti ban mobil, sama sama bisa aus kalau dipergunakan.

Solusinya adalah sering-sering mengecek apakah instalasi listrik dan komponen listrik dirumah kita masih layak digunakan, sewa tkang listrik 5 bulan sekali untuk service perbaikan, cara ini manjur demi merawat instalasi jalusr kabel dan panel listrik yang terpasang.

Tidak selamanya kabel listrik dapat mengalirkan listrik dengan baik, ada masa dimana material tersebut harus diganti baru demi keamanan si pemilik rumah, dari awal sebaiknya persiapkan material kabel yang berkwalitas agar lebih awat sampai anak cucu

3. Perangkat Elektronik Rusak

Dampak dari kerusakan elektronik rumah sangat besar bagi instalasi, karena hal ini dapat membuat korsletin listrik dan dapat membuat listrik padam, ini adalah salah satu penyebab mengapa listrik di dalam rumah kita sering mati sendiri.

Jika anda pernah mengalami listrik dirumah mati lalu hidup mati dan hidup lagi, dapat dipastikan ada instalasi listrik terbakar atau alat elektronik akan terbakar, final dari masalah ini adala matinya listrik secara total, mcb tidak dapat naik lagi.

Penyebabnya mcb tidak dapat dinaikkan adalah ada kabel netral dan phase yang menempel erat, penyebabnya adalah terbakar dan lengket, ini juga salah satu faktor terjadinya kebakaran di ruko-ruko, rumah maupun gefung bertingkat lainnya.

4. Panel Listrik Terbakar

Membuat jaringan instalasi listrik harus dilakukan dengan benar, terbakarnya komponen yang ada didalam panel listrik adalah salah satu contoh instalasi salah, maka pintar-pintarlah memilih jasa kontraktor listrik.

Penyebab panel listrik terbakar bisa juga dari dalam rumah, yang merembet ke panel kemudian terbakar tototal

Coba cek kabel yang tersambung antar mcb dan busbar, kalau terlalu sempit, sebaiknya di rapikan serenggang mungkin agar mengurangi resiko panas penyebab terbakarnya panal listrik.

Periksa kabel yang terkoneksi dengan mcb juga busbar panel, jangan sampai kendor longgar, fix jika kendor dan dibiarkan, sama saja kita hidup bersama bom waktu, suatu saat pasti akan terbakar.

Solusinya matikan MCB induk didalam panel listrik, kencangkan skrup dan baut yang terpasang pelan-pelan, kiranya sudah kencang lepaskan, lakukan cara seperti ini 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali.

Instalasi listrik tidak akan selamanya berfungsi dengan baik, pasti suatu saat nanti akan ada kerusakan, apapun bangunan dan model instalasi yang akan dibuat, berpedomanlah dengan gambar instalasi listrik sejak awal, sampai finis, lalu simpan. gambar instlasi berguna jika saja nanti ada kerusakan. lebih cepat akan menemukan masalah dan memperbaikinya
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Penyebab Listrik Mati Sendiri? Coba Cek Bagian Ini"