Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skema pipa tangki air otomatis dari ground tank dengan panel WLC

 

Cara pemasangan pipa tangki air otomatis dapat kita lihat pada gambar berikut ini, yang akan dikontrol menggunakan panel water level control
Skema Tangki Air Otomatis
Instalasi pipa air bersih untuk rumah harus direncanakan sebaik mungkin, agar dapat dimanfaatkan dengan baik, dampak buruk dari persiapan yang salah dapat merugikan pemilik rumah dimasa depan, paling tidak instalasi pipa air bersih harus dapat digunakan 20 tahun sampai 30 tahun mendatang.

Dalam istilah pemipaan bisa juga disebut dengan instalasi plumbing adalah seni membuat jaringan pipa air bersih maupun kotor yang wajib disiapkan sebagai sarana sanitasi kebutuhan dan melengkapi fungsi rumah itu sendiri, kecuali rumah atau gedung tersebut tidak ada penghuninya.

Rangkaian pipa di dalam rumah pada umumnya menggunakan pipa skunder, dari Pam atau Pdam langsung ke dalam rumah, keuntungannya adalah menghemat biaya, namun kekurangan sistem pipa langsung dari pam ke dalam rumah adalah kita tidak memiliki stok air.

Rangkaian pipa selanjutnya adalah memanfaatkan sistem toren tower, pipa pdam langsung di distribusikan ke toren atas dan berlanjut ke titik pemakaian kran air, sistem pipa seperti ini hanya mengandalkan gravitasi kekurangannya adalah air pada titik kran pasti kurang deras.

WLC adalah alat untuk mengidentifikasi level air didalam ground tank maupun tangki air atas

Cara paling efektif membuat skema instalasi pipa air dapat kita lihat pada gambar diatas, distribusi air tidak akan telat atu kehabisan, dan dengan bantuan panel otomatis WLC (Water Level Control) penggunaan air akan lebih aman.

Air dari pam dialirkan melalui pipa 1/2" menuju Ground Water Tank, yang berguna sebagai penampung air bersih rumah, manfaat dari adanya ground tank adalah kita akan selalu memiliki persediaan air bersih apabila sumber air dari pam tidak mengalir, biasanya saat ada perbaikan pipa pdam.

Aksesori katup otomatis didalam ground tank dapat menutup mematikan aliran air dari pipa pam apabila level air penuh, jangan khawatir air akan luber. pelampung manual ini biasanya berbentuk bola dari plastik atau almunium.

Air didalam ground water tank selanjutnya diiteruskan ke atas menuju tangki air menggunakan pompa distribusi utama dengan bantuan control WLC otomatis panel, didalam tanki air toren atas terdapat stick radar untuk mengidentifikasi level air yang nantinya dapat menjadi indikator air kosong, selanjutnya pompa hidup otomatis.

dengan menggunakan panel wlc kita akan dapat mengontrol pemakaian air secara otomatis
Stick Wlc Toren Atas
1. Stick kuning adalah kabel Dc sebagai sensor kendali panel apa bila toren atas penuh, ketika level air menyentuh nomer Stick warna kuning, maka akan mematikan pompa distribusi utama.

2. Stick warna hijau dapat dimanfaatkan untuk lampu indikator dan dan alarm

3. Stick warna merah merupakan line pompa menyala, yang artinya jika tangki air atas kosong level air tidak menyentuh stick tersebut maka panel akan megintruksikan pompa menyala dan mengirim air ke atas

Dengan bantuan panel wlc kita juga dapat mengontrol panel mati total saat air didalam ground water tank kosong, skema ini harus diterapkan karena jika tidak dapat merusak pompa air distribusi. Pompa akan menyala terus, stick toren atas tidak terkena level air, dan beresiko pompa rusak dan terbakar.

Grountank merupakan lokasi menampung air bawah tanah, dengan bantuan wlc yang terpasang pda groun tank kita dapat dengan mudah mengontrol pemakainan air
Pemasangan Stick Wlc

Stick warna hija adalah sensor utama apabila Ground Tank kosong akibat pam mati tidak mengalir, ia akan memerintahkan Wlc didalam panel untuk memutus semua aliran listrik dan harus reset ulang.

Pompa tangki air atas berguna untuk mengalirkan air dari toren ke pemakaian kran, dan dapat memberikan tekanan air yang lebih besar, berbeda jik mengandalkan gravitasi, kadang kita tidak sabar menunggu air penuh, dilengkapi dengan Flow Switch otomatis, apabila kran di tutup pompa akan Off dengan sendirinya, saat kran terbuka pompa otomatis hidup.

Cci
Cci Penulis

3 comments for "Skema pipa tangki air otomatis dari ground tank dengan panel WLC"

  1. Dulu saya pernah menggunakan water heater tanpa pompa dorong, hanya mengandalkan gravitasi bumi, katup pada water heater tidak mau terbuka, saya tengok sana sini aman aman aja..

    Lalu saya tanya teman, katanya butuh pompa dorong gitu buat buka katup api dari water heater tersebut, tak belain bongkar celengan, alhamdulillah langsung bisa hidup, tulisan di atas sama kasusnya dengan apa yang saya alami..

    Maaf malah curhat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasusnya sama juga seperti dibrumah saya.. .
      Nggak bisa hidup.

      Delete
    2. Terimakasih sebelumnya.
      Memang penggunaan pompa dalam sebuah instalasi water heater penting pak, selain fungsi sebagai pembuka katup, juga dapat membuah aliran air pada shower lebih kencang.

      Delete