Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda-tanda panel listrik akan terbakar atau meledak

Penyebab panel listrik terbakar dapat dikarenakan oleh umur panel yang sudah terlalu lama, atau bisa saja karena pemasangan komponen didalam panel listrik yang salah, tidak kencan dan kendor, itulah yang menyebabkan mengapa sering terjadi kebakaran panle listrik
Panel listrik
Mendapati kabel listrik hitam dan panas akan dapat membuat sipemilik rumah ketakutan, pilihannya hanya dua, kalau tidak terbakar ya rusak, apabila panel listrik terbakar, dapat menjalar sampai seisi rumah.

Korsleting panel hingga terbakar bisa saja merugikan sipemilik dari sisi materil hingga kecelakaan, selalu diingat bahwa listrik dapat memakan korban jiwa, sering setiap hari kita mendengar berita orang kesetrum listrik hingga meninggal.

Bagi yang berprofesi sebagai teknisi listrik sebaikny selalu patuhi K3 listrik, pengetahuan tentang keamanan dan keselamatan kerja dalam bidang listrik sangatlah penting, selalu menggunakan sepatu anti listrik, pemahaman secara akademis yang cukup dan waspada.

Sebelum terjadi kebakaran panel listrik, cek rutin berkala 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali, melihat apakan kondisi panel listrik rumah masih baik atau sudah saatnya diservice, cara ini berguna sebagai sarana mencegah terjadinya kerusakan panel listrik tanpa kita ketahui.

Panel listrik adalah lemari besi yang umumnya terbuat dari besi plat 1 mm dan memiliki pintu, meskipun tertutup panale listrik juga rawan terkena debu, apabila hal ini dibiarkan dapat membuat komponen didalam panel menjadi kotor, kotoran inilah yang akan memicu terjadinya kerusakan panel seperti kebakaran dan korsleting panel.

Tanda-tanda panel listrik akan terbakar adalah kondisi suhu didalam panel menjadi panas, coba cek suhu komponen didalamnya, dan di socket sambungan apakah ada kulit kabel meleleh, jika hal ini terjadi segera panggil teknisi listrik untuk melakukan perbaikan panel.

Apakah kabel didalam panel listrik harus rapi?

Tidak hanya rapi, kondisi sambungan kabel pada komponen juga haru kuat, baut kendor dapat membahayakan komponen listrik didalamnya.

Jika seorang teknisi, kerapian panel adalah prioritas, ketika ada konjungan proyek dari owner konsultan maupun pengawas, titik pekerjaan yang paling fital di kunjungi adalah panel listrik, entah meraka paham atau tidak yang pasti panal listrik terlihat rapi itu sudah bagus.

Pemasanga panel listrik sebaiknya dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman, dan memiliki sertifikat listrik, cara memilih kontraktor listrik atau tukang listrik berpengalaman kita dapat melihat rkam jejak mereka, apakan memiliki prestasi baik 2 tahun kebelakang

Post a Comment for "Tanda-tanda panel listrik akan terbakar atau meledak"