Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Macam Jenis Sambungan Pipa Air Bersih dan Fungsinya

Fitiing pipa berfungsi sebagai material penyambung pipa antar pipa, banyak varian model kegunaan yang di sediakan produsen sebagai alat bantu dalam pekerjaa instalasi pipa air bersi
Fitting Pipa Rifeng
Pipa Indonesia -  Pipa air merupakan kebutuhan paling wajib dalam sebuah bangunan, tanpa adanya instalasi pipa air bangunan rumah atau gedung tidak akan berfungsi dengan baik, tanpa plumbing instalasi kita tidak akan dapat mandi dan cuci tangan atau akstivitas lain.

Pada dasarnya pipa air hanyalah selongsong bundar yang gunanya sebagai pengalir fluida cair, tapi fungsi pipa juga tidak akan dapat bekerja dengan sempurna tanpa adanya material suport seperti Elbow, socket atau Elbow 90 derajat, yang biasanya kita sebut dengan fitting atau sambungan pipa air.

Ada banyak jenis sambungan pipa air bersih yang dapat kita gunakan sesuai kebutuhan, contoh kita ingin membelokkan pipa 90 derajat, tentunya kita membutuhkan Elbow 90, atau ingin menyambung pipa lurus, tentunya kita membutuhkan Socket pipa yang menyesuaikan ukuran.

Fitting adalah material bantu yang dapat kita manfaatkan sesuai kebutuhan dan fungsinya, dengan adanya sambungan fitting kita akan mudah menemukan cara untuk mengerjakan instalasi pipa air bersih dalam sebuah proyek.

Ketahui 10 macam jenis sambungan dan fitting pipa air yang wajib kita pelajari:

1. Elbow 90 derajat Pipa Air

Fitting sambungan jenis ini sudah familiar di masyarakat umum, fungsi sambungan pipa air type elbow berguna untuk membelokkan air di dalam instalasi pipa, sering kita sebut dengan L atau Knee sambungan, elbow sendiri juga memiliki varian model yang memang diproduksi sesuai kebutuhan di lapangan

  • Elbow drat dalam, spesifikasi fitting ini memiliki drat di dalam salah satu lubang nya, yang berguna untuk memasang aksesoris kran atau juga seperti fungsi awal untuk sambungan saja.
  • Elbow drat luar, selain sebagai sambungan pipa antar pipa dan fitting antar fitting, elbow drat luar juga dapat bersfungsi sama seperti elbow drat dalam, penggunaan elbow jenis ini jarang dimanfaatkan di dalam sebuah instalasi pipa air, lebih ke material bantu saat ada kesulitan dalam pemasangan pipa air.
  • Reducer elbow, sama seperti elbow drat luar, model sambungan ini juga hanya digunakan pada saat urgen saja ketika ada kesulitan pemasangan pipa, reducer elbow memiliki dua lubang yang berbeda ukuran misal L20x25, L20x32 atau L110x90 dan seterusnya.
2. Socket Pipa

Socket pipa air atau yang biasa kita sebut dengan sok sambungan adalah salah satu material paling penting dalam sebuah pemasangan pipa air bersih, Socket pipa berfungsi untuk menyambung pipa satu dengan pipa satunya, atau untuk memperpanjang pipa air.

Penerapan penyambungan pipa menggunakan Socket pipa harus didukung dengan jenis material yang sama ukuran, jika ingin menyambung pipa antar pipa ukuran 32mm maka sock yang digunakan pun S32mm, dan cara penyambunganya pun harus lurus, agar tidak terjadi kebocoran.

3. Reducer Pipa

Reducer memiliki ukuran berbeda pada tiap ujung lubang, fungsi utama sama seperti socket pipa sebagai penyambung antar pipa dalam keadaan lurus, hanya saja berbeda ukuran di setiap ujungnya.

Dalam ilmu pipa reducer berguna sebagai transmisi putaran air dari aliran besar ke aliran kecil, reducer memiliki ukuran beragam R20x25, R20x32, R63x75 dan lain sebagainya

4. Elbow 45 derajat

Elbow 45 derajat memilik tekukan yang berbeda dengan elbow 90 derajat, memiliki fungsi sama hanya saja ukuran belokan berbeda, penggunaan elbow 45 akan lebih memaksimalkan fluida cair mengalir, dapat dikatakan semakin lancar resiko tersumbat sangat kecil.

Penggunaan fitting Elbow 45 sangat dianjurkan dalam sebuah instalasi pipa air bersih, apalagi sebagai suport instalasi pipa ukuran besar seperti 6 inch sampai 20 inch, semakin besar elbow yang dipasang justru semakin mudah.

5. Tee Pipa

Seperti namanya, Tee pipa air berfungsi untuk membagi aliran air menjadi dua arah, dari lubang satu sebagai sumber air lalu dibagi ke dua lubang untuk di bagi dialirkan ke titik pemakaian berbeda, Tee pipa utama memiliki 3 lubang dengan ukuran sama.

6. Tee Reducer

Penggunaan Tee reducer sangat dianjurkan sebagai material sambungan pipa air, karena akan dapat mempermudah kita dalam menjalankan pekerjaan instalasi, pemasangan pipa air akan semakin cepat dan murah, fitting ini dapat meminimaliskan pemakaian material di lapangan.

Jika kita lihat dari namanya Tee Reducer, memiliki kegunaan yang sama dengan Tee utama yang memiliki tiga lubang berukuran sama, tapi tee reducer memiliki salah satu lubang yang berbeda, biasanya pada titik lubang bagian tengah, ukuran tee reducer dapat menyesuaikan pemakaian dan mudah kita temukan di toko-toko terdekat.

7. Union Socket

Istilah diatas mungkin asing di telinga kita. Union atau yang lebih kita kenal dengan water mur burfungsi sebagai sambungan pipa air tampa menggunakan lem, union sangat cocok dipergunakan pada titik pekerjaan unit mesin pompa dan perbaikan pipa bocor sulit di perbaiki.

Sering bukan kita menemukan sambungan water mur terpasang pada unit pompa dalam rumah, fungsi water mur sendiri dalam pemasangan pompa air adalah untuk mempermudah pembongkaran apabila terjadi kerusakan, dengan bantuan union water mur kita tidak perlu memotong pipa yang sudah terpasang ke pompa air.

8. Clamp Pipa

Clamp pipa atau dapat juga kita sebut dengan klem pipa berguna untuk mengunci pipa yang akan dipasang maupun sudah di pasang, keuntungan menggunakan Clamp pipa adalah dapat membuat batang pipa mati tidak bergerak, karena getaran maupun gerakan pipa dapat membuat kualitas umur pipa menjadi berkurang.

9. Cross Pipa

Cross dapat diartikan dengan membagi aliran air menjadi tiga arah, cross pipa memiliki empat lubang yang salah satunya berfungsi sebagai jalur sumber air utama, jadi dengan menggunakan sambungan ini kita akan dengan mudah medistribusikan air tiga arah sekaligus dengan mudah. Tapi penggunaan Cross sangat jarang, karena sangat beresiko menjadi titik tersumbatnya pipa air bersih.

10. Cap Dop

Fungsi fitting ini berguna untuk menutup saluran pipa air pada bagian ujung, tujuan utama mengapa pipa ditutup biasanya digunakan sebagai spare pipa yang nantinya akan digunakan kembali, atau dapat juga digunakan saat tes tekan pipa air dalam sebuah pekerjaan proyek.

Setelah tahu apa saja fungsi fitting sambungan pipa air bersih diatas, ada baiknya juga memahami beberapa jenis pipa air, dalam aplikasi instalasi pipa air bersih disarankan menggunakan merek produk yang sama, agar mengahasilkan instalasi kuat aman dan tidak bocor, resiko penggunaan material beda produsen dapat merugikan kita sendiri sebagai konsumen.

Kami merekomendasikan penggunaan pipa ppr sebagai material utaman instalasi plumbing air bersih, selain harganya murah juga memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi, pipa dan fitting sambungan ppr memanfaatkan pemanas welding machine, untuk melelehkan bagian dalam fitting dan bagian luar pipa lalu di satukan, hasil yang didapat dari metode penyambungan tersebut saling mengikat antara fitting sambungan dan fitting.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "10 Macam Jenis Sambungan Pipa Air Bersih dan Fungsinya"