Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Menghemat Energi Listrik Di Rumah, Ada Alat Hemat Listrik Paling Ampuh

Cara Menghemat Energi Listrik Di Rumah Paling Efektif
Cara Menghemat Pemakaian Listrik Di Rumah
Apa jadinya jika kita hidup tanpa listrik dalam sepekan, satu hari saja kita tanpa energi listrik, pasti akan kewalahan, merasa sulit melakukan pekerjaan yang seharusnya mudah dengan adanya daya listrik. Hampir semua pergerakan manusia menggunakan listrik contoh: dapat kita lihat di kehidupan kita sehari-hari. 

Manfaat listrik sangat luas, salah satu sumber energi yang menopang industri di seluruh negara termasuk di Indonesia sendiri. 

Pentingkah Menghemat listrik...?

Pertanyaan sepele yang sering di abaikan oleh banyak orang. Energi listrik dapat habis dan tidak dapat kita kembalikan, jutaan manusia berlomba-lomba untuk menemukan cara paling efektif dan efisien untuk mendaur ulang apapun dan di jadikan energi listrik, agar tetap menjadi patner kita dalam kehidupan hingga masa mendatang. Gunakan Listrik Dengan Bijak, Selalu tanamkan bijak menggunakan listrik kepada orang-orang di sekitar kita.

Cara Menghemat Energi Listrik Sehari-Hari

1. Matikan Lampu Jika Sudah Tidak Di Gunakan

Cara pertama adalah tips paling ampuh hemat listrik di rumah, kenapa? Lampu penerangan di rumah memiliki peranan penting setiap harinya, dari kita bangun tidur subuh menggunakan lampu kamar mandi atau dapur, sampai kita akan kembali tidur juga menggunakan lampu penerangan.

Matikan lampu jika sudah tidak di gunakan, penggunaan lampu di rumah harus disiplin, tidak hanya kita sendiri, semua anggota keluarga. Batasi penggunaan lampu sedini mungki, jam 10 malam apabila lampu sudah tidak di gunakan wajib Off total dan jam 05.30 pagi sesegera mungkin di matikan demi penghematan energi listrik.

2. Gunakan Listrik Secara Bijak Dan Disiplin

Mudah kita memahami bijak dalam penggunaan listrik rumah, sering matikan lampu jika sudah tidak di gunakan atau menggunakan Ac seperlunya, hanya saja banyak orang yang tidak perduli dengan keadaan saat ini.

Menggunkan unit Ac pendingin seperti Ac split kadang tidak di rasa, sampai tertidur pun Ac tersebut masih saja hidup atau suhu sudah tidak panas tapi Ac pendingin ruangan masih di hidupkan, solusi paling mudah menghemat energi listrik yang boros karena Ac adalah menggunakan Timer Ac, stel otomatis unit Ac agar dapat Off dengan sendirinya.

3. Gunakan Alat Hemat Listrik

Apakah ada alat hemat listrik? Jawabannya ada. Saat ini banyak alat yang dapat membuat listrik di rumah hemat, cara kerja dari alat ini adalah menyetabilkan daya listrik dari sumber listrik PLN ke dalam rumah kita, kenapa kita membutuhkan alat ini? karena voltase listrik dari PLN tidak selamanya utuh 220V, kadang naik turun dan membuat listrik di rumah boros.

Coba cek di toko-toko online saat ini, banyak sekali yang menyediakan alat penghemat listrik rumah tangga, dan terbukti manjur menekan penggunaan daya listrik. Harga alat ini sendiri berkisar antara 100 ribu hingga 500 ribuan, sangat murah. modal 500 ribu kita dapat menghemat listrik selamanya, dan akan dapat menghemat uang setiap bulan.

4. Sering Service Instalasi Listrik Rumah

Tips ke 4 adalah cara paling ampung mengatasi konsumsi listrik boros, tanpa sadar instalasi listri di rumah sudah tidak layak pakai, ciri-ciri instalasi sudah harus service adalah kabel panas, kabel listrik sudah kusam atai lecet-lecet termakan usia atau mcb khw meteran listrik sering jeglek trip.

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini, mcb trip langsung di naikkan, listrik padam naikan lagi, dan ini adalah salah satu penyebab mengapa listrik di dalam rumah kita boros. Service instalasi listrik berkala sangat penting, 5 bulan sekali atau satu tahun sekali, contoh kecil panel listrik, jika memang di rumah anda menggunakan panel listrik.

Kabel listrik yang masuk  ke mcb dan busbar tembaga, tidak selamanya kuat, faktor suduhm aliran listrik dan umur dapat membuat sambungan kendor, inilah penyabab listrik menjadi boros, aliran listrik yang harus nya masuk total ke dalam rumah akan terbuang sia-sia di panel rusak tersebut.

Hemat listrik sejak dini, dapat kita terapkan mulai dari diri sendiri dan selanjutnya ke orang sekitar kita.
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "4 Cara Menghemat Energi Listrik Di Rumah, Ada Alat Hemat Listrik Paling Ampuh"