Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instalasi Pipa Ppr Air Panas dan Dingin Di Rumah Sendiri

Pipa ppr adalah pipa Thermoplastik terbaik saat ini, dapat digunkan sebagai jalur pipa air bersih bertekanan maupun panas dan dingin, instalasi pipa ppr mudah kita temukan di hotel dan apartemen mewah, lebih jelasnya gedung yang menggunkan air panas.

Pipa besi yang dulunya di fungsikan untuk pipa air panas dan dingin bertekanan, saat ini sudah semakin berkurang dengan adanya pipa ppr. Pipa ppr juga sudah banyak beredar di indonesia sebagai pengganti pipa besi, dan mudah kita temukan di rumah-rumah sebagai pengganti pipa besi maupun pipa pvc.

Selain pipa besi, pipa pvc pun saat ini semakin di tinggalakan dengan adanya pipa ppr, pipa ppr memiliki kualitas lebih unggul jika kita bandingkan dengan pipa pvc, meski harganya terpaut sedikit mahal, tidak ada ruginya menggunakan pipa ppr dan mengganti pipa pvc.

Pipa ppr memiliki banyak kelebihan apabila kita gunakan sebagai jaringan instalasi pipa air bersih, masa pemakaian pipa ppr dapat bertahan hingga 50 tahun. Kelebihan dan manfaat lainnya adalah murah, siapa yang tidak suka harga murah? 

Cara memilih pipa ppr sebagai instalasi air panas bertekanan

Dalam sebuah bangunan gedung bertingkat maupun rumah harus dipersiapkan sedini mungkin, lebih tepatnya merencanakan dengan matang, pekerjaan pipa ppr air panas harus sesuai kebutuhan, mulai dari fungsi pipa dan pemilihan harga pipa ppr.

Pemilihan pipa air panas bertekanan dapat kita lakukan dengan cara mempelajari spesifikasi dan karakteristik pipa itu sendiri, beda produsen berbeda pula pipa yang di hasilkan, tapi bukan beda kualitas, pipa ppr sama sama bagus meski berbeda merek, semua tergantung dari cara pemasangan pipa ppr itu sendiri.

Cara instalasi pipa ppr menggunakan pemanas 

Pemanas pipa ppr adalah alat utama yang di sediakan oleh produsen, memanfaatkan elemen besi yang yang di panaskan hingga 250°. Ujung badan pipa dan sambungan pipa di panaskan sampai titik leleh tertentu menggunakan mesin pemanas pipa ppr lalu di jadikan satu.

Cara ini akan menghasilkan sambungan 3 dimensi, saling mengikat satu sama lain, hasil lelehan pipa dan fitting sama kuatnya dengan badan pipa, resiko kebocoran kecil. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil sambungan pipa sempurna membutuhkan orang yang memang sudah memiliki skil dalam pekerjaan ini untuk mendapatkan sambungan pipa yang kuat, aman dan tidak mudah bocor.

Cara Instalasi Pipa Air Panas Ppr Di Rumah Sendiri

Instalasi pipa air bersi kamar mandi pada umumnya menggunakan pipa pvc, jika ingin menambahkan unit pemanas air, syarat utama adalah penggunaan pipa harus benar, yaitu menggunakan pipa ppr atau pipa pex, pipa ppr memiliki panjang 4 meter dan di dukung aksesoris bantu untuk menunjang kemudahan dalam pemasangan.

Sistem air bersih di dalam rumah dapat lihar pada gambar di bawah ini, contoh instalasi pipa tertutup. Instalasi pipa air tertutup akan memberikan supply merata di setiap titik kran air. tidak seperti Instalasi pipa air terbuka.

Cara Instalasi Pipa Air Panas Ppr Di Rumah Sendiri
Instalasi Pipa Air Tertutup
Gambar selanjutnya adalah sistem inttalasi pipa air terbuka, keuntungan menggunakan instalasi pipa terbuka adalah lebih ke biaya lebih murah, tidak seperti Sistem pipa tertutup

Cara Instalasi Pipa Air Panas Ppr Di Rumah Sendiri
Instalasi Pipa Air Terbuka
Kesimpulannya, pipa ppr sangat cocok jika di fungsikan sebagai instalsi pipa air tertutup, memang sedikit memakan biaya, tapi keuntungannya juga kita dapatkan, pipa ppr tidak mudah bocor, jika ingin menambahkan pompa dorong untuk di sirkulasi.

Pipa ppr memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Pipa Ppr Tahan Panas berbeda dengan pipa pvc, pipa ppr memiliki daya hantar panas rendah, cocok sekali jika ingin menggunakan water heater di rumah, 
  • Pipa Ppr Mudah Di Pasang berbeda dengan pipa pvc, penyambungan pipa ppr menggunakan pemanas yang sudah di sediakan pabrik, tanpa menggunakan lem spserti pipa pvc
  • Pipa Ppr Tahan Korosi pipa ppr adalah pipa Thermoplastik yang terbuat dari 95% minyak bumi. Jadi pipa ppr tidak mudah terkikis oleh aliran air dan korosi karena waktu pemakaian.
  • Pipa Ppr Murah dan Ringan pipa ppr sangar flexible mudah di bawa dan di rapikan, karena salah satu spesifikasi pipa ini adalah ringan dan murah, harga pipa Ppr rata-rata sama dengan pipa pvc pda umumnya.
  • Pipa Ppr Bisa Sampai 50 Tahun Pemakaian pada point ini adalah point keuntungan paling besar yang di dapat konsumen, bisa di bayangkan kita tidak akan sering service maupun perbaikan pipa di rumah jika menggunakan pipa ppr
Beralih menggunakan pipa ppr sebagai material pipa air di dalam rumah adalah salah satu keputusan yang bijak, mengingat banyak sekali keuntungan dan kelebihan yang di miliki. tidak ada ruginya menggunakan pipa ppr, kalaupun hanya memikirkan harga yang terlampau sedikit jika di bandingkan dengan pipa pvc, pahami point lima.

Harga pipa ppr dan pvc sama tipis, hanya selisih 15% lebih malah pipa ppr dengan pipa pvc, jika kita hitung-hitung dalam pekerjaan service pemasangan pipa rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kerusakan pipa didalam dingding misalnya, kita pun juga harus service kerusakan dinding akibat perbaikan pipa nantinya.

Namun kembali ke hasil pemasangan pipa ppr air panas maupun dingin di tentukan oleh teknisi yang mengerjakan, semakin ahli teknisi semakin sempurna pula hasil sambungan pipa ppr yang di dapatkan.

Cara Instalasi Pipa Ppr Air Panas dan Dingin Di Rumah Sendiri
Cara Penyambungan Pipa Ppr
Pemanas pipa PPR berguna untuk melelehkan bagian luar batang pipa dan bagian dalam fitting pipa PPR, yang kemudian di satukan, dengan cara bagian luar pipa ppr di satukan ke dalam bagian dalam fitting pipa ppr. dengan cara ini kita akan mendapatkan sambungan pipa setara dengan batang pipa, jika di kerjakan dengan benar, tidak akan ada resiko kebocoran antara pipa dan fitting.

Ada dua pilihan sama seperti ketika kita ingin instalasi pipa air dingin biasa seperti yang sudah kita bahas di atas, hanya saja menambahkan pipa ppr warna hijau bergari merah, garin merah pada pipa ppr mengindikasikan sebagai pipa panas, spesifikasi pipa air panas lebih tebal jika di bandingkan dengan pipa dingin bergaris biru.
Cara Instalasi Pipa Ppr Air Panas dan Dingin Di Rumah Sendiri
Instalasi Pipa Air Panas Terbuka
Gambar di atas menunjukan instalasi terbuka, suppy air bersih dingin maupun panas dari water heater langsung ke titik kran air pada nomer 1 samapi 4, nomer 2 dan 3 kita tambahkan pipa panas bergaris merah untuk shower dan kran wastafel. keuntungan pneggunaan instalasi seperti ini adalah murah, karena tidak terlalu membutuhkan material pipa banyak.

Kekurangannya adalah aliran air dari titik kran 1 sampai 4 tidak akan merata, masalah ini akan dapat terlihat jika semua titik kran air di buka. kran paling tinggi pasti tidak akan mendapatkan aliran air kuat.
Cara Instalasi Pipa Ppr Air Panas dan Dingin Di Rumah Sendiri
Instalasi Pipa Air Panas Tertutup
Bebeda dengan sistem tertutup, pada gambar selanjutnya titik kran di kelilingi oleh pipa air ppr sesuai kebutuhan, penggunaan material pipa ppr sistem tertutup lebih banyak, jika kita bandingkan dengan pipa terbuka, tapi keuntungan yang di dapatkan adalah kita akan mendapatkan supply air dari atas secara merata.
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Instalasi Pipa Ppr Air Panas dan Dingin Di Rumah Sendiri"