Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki 220v dan Fungsinya

Relay merupakan komponen kontrol yang sudah tidak asih lagi bagi panel maker
Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki
Komponen listrik yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, bagi yang lulusan STM listrik pasti suda fasih mengenai prinsip kerja Relay omron 8 kaki, cara kerjanya hampir sama dengan kontraktor yang memanfaatkan koil magnet.

Relay bekerja secara elektromagnetik, relay akan bekerja jika di aliri power listrik pada dua titik angka yang diproiritaskan, koil akan menarik sesuai sistem cara kerja relay itu sendiri, dari sinilah relay dapat kita manfaatkan sebagai komponen kontrol bantu dalam instalasi listrik dan panel.

Dengan adanya relay omron 8 kaki 220 kita dapat membuat sebuah rangkaian kontrol seperti lampu indikator, kontrol saklar atau auto on listrik pln dari genset, sangat bermanfaat sekali bukan.

Relay 8 kaki omron memilik kode angka yang berjumlah pin 8 angka, yaitu 1 2 3 4 5 6 7 8, masing-masing pin memiliki fungsi berbeda, ada material bantu yang harus kita beli juga, yaitu socket dudukan yang sama-sama memiliki 8 pin angka.

Cara kerja relay  omron relay 8 pin dapat kita lihat pada gambar berikut ini
Socket Relay Omron

Relay omron bekerja secara elektromagnetik, apabila coil pada relay teraliri listrik maka beberapa kontak akan terbuka
Relay Omron 8 pin 220v
Gambar diatas adalah penampakan delapan pin angka relay omron 220 dan dari delapan pin tersebut hanya 6 yang dapat kita gunakan secara maksimal, karena 2 pin angka untuk power dari sumber listrik utama.

Cara kerja pin relay omron 8 kaki 220v dalam kondisi koil teraliri listrik.

Relay elektro magnetik akan dapat menarik koil apabila pin 2 dan 7 disambung dengan listrik 220v, pin angka 2 netral dan pin angka 7 phase.

Saat itu juga magnet relay akan membuka pin angka 3 dan 6 yang artinya dalam kondisi NO (Normally Open) yang artinya kontak terbuka pada saat relay normal atau koil di aliri listrik.

Sumber arah NO yang dapat kita gunakan adalah pin angka 1 - 3 dan 8 - 6.

Pada saat ini juga kita dapat memanfaatkan kontak bantu NO ini sebagai arus power kontrol lampu, komponen listrik dan alat elektronik lainnya.

Pada kondisi Relay ON pin 4 dan 5 akan tertutup total tanpa ada aliran listrik sama sekali.

Cara kerja pin relay omron 8 kaki 220v dalam kondisi koil tidak teraliri listrik.

Tentunya pin utama 2 dan 7 terputus dan membuat koil relay melepas magnet elektromagnetik, kondisi inilah kontak bantu dapat bekerja dalam kondisi NC (Norrmally Close) yang artinya kontak terbuka pada saat relay OFF atau koil tidak teraliri listrik.

Kontak NC akan terbuka pin angka 4 dan 5, sumber arah aliran arus dapat kita sambungkan pada pin 1 dan 8, angka 1 - 4 dan 8 - 5.

Pada saat kondisi ini pin angka 3 dan 6 yang tadinya NO terputus total dari sumber satu arah pin angka 1 dan 8, karena sudah menjadi NO 5 dan 4

Dengan menggunakan relay 8 pin angka 220v kita dapat mengontrol berbagai macam peralatan listrik komponen lisrik sesuai kebutuhan.

1 comment for "Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki 220v dan Fungsinya"