Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Kabel Pompa Air Shimizu Mudah Aman dan Benar

Dalam pemasangan pompa air Shimizu harus memeprhatikan code warna kabel yang tertera pada bod pompa air, dapat kita lihat ada tiga warna kabel antara lain, biru merah dan kuning, kebel tersebut memiliki fungsinya masing-masing
Pompa Air Shimizu
 Pompa air berguna untuk mendorong air bersih dalam sebuah sumur dan ground water tank, dengan cara ini air dapat di pindahkan dari satu tembat ke tempat yang lain.

Sekarang ini banyak produsen pompa air yang memproduksi unit pompa didesign semakin mudah dipasang dan gunakan, juga harganya sangat murah.

Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara menyambung kabel pompa air simizu yang benar, tidak terbalik, karena dapat beresiko merusak unit pompa.

Skema pengkabelan pompa Shimizu sebenarnya sudah ada didalam kardus pembungkus pompa air yang kita beli dari toko pompa, hanya saja ada beberapa orang yang sulit memahami.

Cara menyambung kabel pompa Shimizu ke saklar atau langsung stop kontak sangatlah mudah, dapat kita kerjakan sendiri tanpa harus memanggil teknisi listrik disekitar rumah kita, simak gambar dibawah ini:

Didalam sebuah unit pompa air biasanya terdapat 3 warna kabel yang harus kita sambung, kabel merah adalah kabel api listrik, kabel biru Netral dan kabel Kuning adalah arde pompa
Skema Kabel Pompa Air

Sebelum melakukan penyambungan kabel pompa air, perhatikan code warna kabel yang ada pada unit pompa air, warna kabel adalah indikator arus listrik yang nantinya kita ambil dari sumber listrik KWH rumah ke Unit Pompa Air.

  • Kabel merah adalah Line PLN/Phase/(+)
  • Kabel biru adalah Netral PLN/0/(-)
  • Kabel kuning adalah Arde/Grounding pompa air
Tiga kabel diatas memiliki fungsi masin-masing.

Sambungan pompa Shimizu menggunakan Stop Kontak
Cara memasang pompa air menggunakan stop kontak dapat dikerjakan sendiri tanpa harus kita memanggil teknisi listrik
Pompa Air Dengan Stop Kontak

Sambungan pompa Shimizu menggunakan Saklar
Untuk mempermudah seseorang meatikan maupun menghidupkan pompa air, sebaiknya menggunakan saklar tunggal
Pompa Air Dengan Saklar Tunggal

Sambungan pompa Shimizu Langsung
Cara pasang pomp air rumah dapat dikerjana sendiri tanpa harus memanggil teknisi listrik
Cara Pasang Listrik Pompa Air

Kita dapat menggunakan 3 cara diatas untuk megontrol hidup matinya unit pompa, dan memilki kelebihan kekuranganya masing masing:
  1. Sambunga Pompa Dengan Stop Kontak, untuk membuat sistem stop kontak pompa kita hanya dituntut untu meyipakan material aksesoris stop kontak satu lubang dan kabel listrik secukupnya menuju titik pompa air. sistem ini sebenarnya menyulitkan si pengguna pompa, karena kita akan mematikan dan menghidupkan pompa secara manual, dan beresiko karena kita kontak langsung dengan kabel colokan pompa. Keuntungan menggunakan cara pertama adalah lebih mudah dan dari segi biaya yang dikeluarkan murah.
  2. Sambungan Pompa Dengan Saklar, Jika ingin menggunakan cara ke dua, sangat saya sarankan, meski cara ini sedikit memakan biaya, tapi apabila kita lihat dari fungsi kegunaan dan manfaatnya sangat besar, dengan memanfaatkan saklar tunggal kita dapat dengan mudah mematikan juga menghidupkan pompa air Shimizu sangat mudah. yang pasti aman, body saklar didisign tidak dapat teraliri listrik, jadi kita tidak akan tersengat aliran listrik jika pompa induksi.
  3. Sambungan Pompa Shimizu Langsung, sebelum menggunakan cara ke tiga, sebaiknya kita memperhatikan sistem bekerjanya sebuah unit pompa agar mempermudah kita untuk menyediakan air bersih didalam rumah, pasang pelampung otomatis didalam toren atas agar tidak menjadi masalah apabila air penuh, tagiahan air naik setiap bulannya juga dapat disebabkan oleh tandon air membludak karena pemasangan sistem transfer air ke penampung salah
Hidup dizaman yang sudah modern ini sangat mudah menemukan merk pompa berkwalitas, salah satunya adalah produk Shimizu yang sudah memproduksi berbagai macam model pompa air mulai dari pompa air sumur dangkal, dangkal, semi jet dan submersible, mungkin salah satu dari kita sudah ada yang menggunakan produk Shimizu.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Memasang Kabel Pompa Air Shimizu Mudah Aman dan Benar"