Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengantisipasi Bahaya Listrik Pada Saat Banjir di Rumah

Saat ini banyak media online yang memberitakan adanya banjir, sehingga membuat pemukiman warga terendam banjir hingga lebih dari 1 meter, mulai dari kota semarang jakarta dan bandung. memang tak dapat di hindari pada kota-kota ini ketika ada hujan besar datang, sudah pasti menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

Mebicarakan banjir di kala musim hujan, pastikan selalu waspada dengan adanya listrik di rumah kita, sudah banyak korban tersengat listrik karena adanya banjir di daerah mereka, tidak ada yang dapat di lakukan selain waspada dan siap siaga menghindara musibah ini.

Lalu Apakah Listrik Jika Terkena Air Dapat Membahayakan?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah Iya? kandungan konduktor di dalam air adalah konduktor paling berbahaya, lebih jelasnya, jika saja di sekitar kita terdapat air menggenang dan selanjutnya teraliri listrik kita akan terjebak, sulit untuk melepaskan diri, kecuali aliran listrik di padamkan dari meteran listrik.

Lalu bagaimana cara menghindari bahaya aliran listrik di dalam air? atau agar tidak tersengat aliran listrik saat banjir? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan Semua Peralatan Listrik Aman

Hindari meletakkan perangkat elektronik di lantai, waspada jika saja banjir datang tiba-tiba, dari unit alat-alat listrik ini akan dapat mengalikan listrik dan selanjutnya akan menyengat kita. 

2. Hindari Tiang Listrik Yang Ada di Dekat Rumah Kita.

Tiang listrik adalah salah satu media penghantar listrik paling berbahaya ketika banjir, sudah banyak korban yang meninggal karena tersengat, entah karena listrik bocor atau pada saat banjir datang.

3. Waspada Titik Stop Kontak Lantai

Di dalam instalasi listrik rumah biasanya ada titik stop kontak 25cm hingga 45cm dari lantai, titik stop kontak seperti ini sangat tidak di sarankan jika lokasi bangunan rawan banjir, dapat membahayakan penghuni rumah. segera putus aliran listrik apabila banjir datang.

4. Gunakan Alarm Anti Banjir

Cara Mengantisipasi Bahaya Listrik Pada Saat Banjir di Rumah
Alarm Banjir
Cara mudah mengantisibanjir datang dan agar terhindar dari bahaya listrik adalah dengan memasang alarm, kita dapat memanfaatkan WLC (Water Level Control) alat ini umumnya dimanfaatkan untuk deteksi air tandon atau ground water tank.

Apa bila level banjir air menutup semua kabel Merah Biru dan Kuning, otomatis akan menghidupkan alarm yang sudah kita siapkan, hal ini dapat mengantisipasi terjadinya banjir saat malam hari, ketika orang seisi rumah sedang terlelap tidur.

Semoga 4 cara di atas dapat mengurangi rasa was was kita terhadap sengatan listrik ketika terjadi banjir, selalu waspada dengan alam yang semakin tidak bersahabat ini.

Post a Comment for "Cara Mengantisipasi Bahaya Listrik Pada Saat Banjir di Rumah"