Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Kebutuhan Pipa Air Bersih Mudah dan Cepat, Tips Kontraktor

Penggunaan pipa air bersih harus direncanakan sejak dini, demi kelancaran penggunaan bangunan itu sendiri, tidak harus mahal tapi kuat dan berkualitas
Cara Menghitung Pipa Air Bersih
Sebelum membangun rumah, ada baiknya memikirkan kebutuhan pipa air yang akan digunakan, pengadaan material air bersih harus sesuai kebutuhan di dalam rumah yang akan kita bangun.

Sistem plumbing adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dalam sebuah gedung, tanpa instalasi pipa air plambing gedung yang kita gunakan tidak akan berfungsi dengan baik.

Bagi kita pelaku usaha dalam bidang kontraktor harus tahu maksud dari apa yang akan kita kerjakan, mulai dari menyiapkan rencana anggaran hingga pekerjaan lapangan.

Sebelum melaksanakan pekerjaan instalasi pipa air bersih maupun kotor dalam sebuah proyek, ada baiknya menghitung keperluan yang akan dibutuhkan, agar tidak merugi nantinya.

Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah menentukan harga RAB pipa, dalam kasus ini kita dituntut dapat merincikan harga satuan material dan jasa pekerjaan terpisah hingga mendapatkan total hasil yang sesuai.

Terlalu mahal akan memberatkan konsumen terlalu murah akan dapat merugikan kita sendiri sebagai pelaku usaha.

Estimasi perkiraan biaya pekerjaan pipa dapat kita jalankan dengan cara survei ke lapangan, survei harga pipa air di lokasi sekitar kita dan mencari tahu harga jasa pekerjaan pemasangan pipa itu sendiri.

Jika dua hal tersebut dapat kita lakukan dengan baik, maka kita akan dapat menemukan jawaban berapa rincian harga material dan jasa terbaru.

Cara di bawah ini sudah sering di praktekkan oleh orang-orang yang sudah berhasil, sama-sama menguntungkan pelaku usaha ya itu kontraktor juga owner sebagai konsumen.

Contoh Tabel Rab

Uraian Pekerjaan Qty Sat Material Jasa Total
Pemasangan Pipa Pvc 1/2" AW 10 m 23.000 2.000 250.000

Jika di uraikan:

Harga pipa Pvc 1/2 inch - 23.000

Harga jasa pemasangan 2.000 per meter

Total : 250.000

Kebutuhan pipa air bersih dan kotor dalam sebuah gedung harus diperhitungkan matang-matang agar tidak rugi nantinya
Cara Menghitung Pipa Air

Menentukan harga jasa lebih baik memprediksi medan lokasi yang akan dikerjakan, langkah yang harus dilakukan adalah survei lokasi,dari sini kita akan dapat melihat dengan nyata seperti apa kesulitan yang akan dihadapi agar kita sama-sama nyaman dalam permasalahan harga jasa pekerjaan pipa dan lain-lain.

Menghitung Kebutuhan Pipa Air Melalui Gambar kerja.

Cara ini terbukti efektif dilakukan untuk memperkirakan material pipa air yang harus di beli, dengan bantuan skala gambar kita dapat mengukur panjang belokan pipa air, tidak hanya itu, kita juga dapat memperkirakan pemakaian fitting pipa nantinya.

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan, tidak hanya di awal saat akan start pekerjaan, suatu saat nanti kita juga akan dimudahkan dalam masalah perbaikan, dengan gambar kita akan mudah membaca lokasi kerusakan pipa air.

Menghitung Kebutuhan Pipa Air Dengan Autocad

Software Autocad dirancang untuk mempermudah kita untuk merealisasikan sebuah object melalui gambar, dengan bantuan aplikasi ini kita dimudahkan dalam segala hal, terutama dalam masalah perhitungan. Manfaatkan Autocad untuk menghitung kebutuhan pipa air bersih yang akan kita kerjakan.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Menghitung Kebutuhan Pipa Air Bersih Mudah dan Cepat, Tips Kontraktor"