Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Peralatan Dan Komponen Instalasi Listrik Rumah Tangga

Jenis Peralatan Dan Komponen Instalasi Listrik Rumah Tangga
Peralatan Listrik Rumah Yang Harus Kita Tahu

Tidak tahu nama-nama material listrik di dalam rumah? jika kita tidak memiliki pengetahuan basic dalam bidang kelistrikan memang sulit dan butuh waktu extra untuk mempelajarinya. Manfaat dan tujuan mengenal jenis jenis instalasi listrik di dalam rumah adalah agar nantinya kita dapat memperbaikinya sendiri tanpa memanggil tukang listrik.

Menghafal peralatan listrik yang sudah terpasang menjadi instalasi tidak perlu semua, ada beberapa unit material yang mungkin akan rusak dan membutuhkan perbaikan, tukang listrik lah solusi dari masalah ini, dengan kita tahu nama komponen listrik rusak di dalam rumah dan paham, menjelaskan kepada jasa service listrik panggilan tidak akan sulit.

Setelah kita mengetahui kerusakan listrik di rumah, mengetahui spesifikasi dan kegunaan material, untuk mencari material yang rusak di toko juga tidak akan sulit, sering terjadi kebingungan antara pembeli dan penjual ketikan transaksi, si pembeli bingung karena kurang paham, dan si pemilik toko bingung dengan penjelasang si pembeli tentang komponen instalsi listri rusak di rumahnya.

Di bawah ini adalah beberapa material listrik yang sering digunakan dalam pekerjaan instalasi listrik:

1. KWH / Kilo Watt Hour Meter

Sering kita menemukan alat ini di dalam sebuah bangunan rumah, di Indonesia sendiri listrik sudah merata, semua rumah tinggal pasti menggunakan kwh meter. Kwh meter merupakan alat dari PLN (Perusahaan Listrik Negara), fungsi utama dari alat ini adalah untuk mengukur pemakaian listrik dalam rumah tangga atau gedung.

Pemasangan Kwh meter biasanya ada di depan rumah, karena resmi milik negara, kwh meter memiliki segel yang tidak boleh sembarang orang dapat membuka segel tersebut, jika masih nekad bisa di pidana dan denda sesui kesalahan yang di langgar, lalu mengapa kwh meter ada di depan rumah? agar petugas pln dapat mudah mengecek kitika ada perbaikan dan pencatatan pemakaian daya listrik di dalam sebuah rumah.

2. MCB 1 Phase (Miniatur Circuit Breaker)

MCB adalah salah satu peralatan listrik yang mudah di ingat, MCB (Miniatur Circuit Breaker) adalah sebuah alah kelistrikan yang dapat memutuskan aliran listrik secara otomatis pada saat beban berlebih atau karena korsleting listrik, lokasi pemasangan mcb dapat kita temukan pada Kwh Pln point 1, tertutup box kwh dan tersegel resmi dari pln.

Selain dapat memutus aliran listrik secara otomatis, mcb juga dapat kita fungsikan sebagai saklar manual, seperti saklar lampu pada umumnya. Spesifikasi mcb adalah memiliki tuas manual yang dapat kita tarik kebawah yang menandakan ia memutus aliran listrik atau OFF dan naik hidup ON. Ukuran mcb bisanya 2A 4A 6A 10A 16A dan seterusnya.

3. Kabel Listrik

Material listrik yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, kabel listrik. Kabel listrik adalah salah satu kompnen penting dalam instalsi listrik, beberapa kabel listrik yang sering di gunakan adalah
  • Kabel NYM kabel jenis nym memiliki pembungkus pembungkus isolasi berwarna putih, NYM memiliki arti code N : Kabel berinti tembaga, Y : Isolasi berbahan PVC, M : Inti lebih dari satu kabel tembaga. Kita juga dapat menentukan ukuran sesuai kebutuhan instalasi, berikut ukuran kabel nym yang dapat kita gunakan 2x2,5mm 2x1,5mm 4x2,5mm 4x1,5mm 4x4mm 3x1,5mm 3x2,5mm. beberapa ukuran kebel tersebu dapat kita manfaatkan sebagai material utama instalasi listrik rumah.
  • Kabel NYA kabel berikutnya memiliki kode kabel N : Kabel dengan inti tunggal, Y : Isolasi pvc, A : Kabel tunggal/hanya satu kabel tembaga, berbeda dengan kabel jenis NYM yang memmiliki lebih dari 1 kabel tinggal. penggunaan kabel tunggal akan dapat memudahkan pekerjaan instalasi listrik di rumah, karena kita dapat meseting kebutuhan kabel seperlunya, hanya saja membutuhkan isolasi pipa Conduit listrik.

4. Pipa Conduit Listrik

Pipa conduit adalah pipa pvc khusus isolasi kable listrik di dalam instalasi listrik rumah, spesifikasi pipa conduit adalah memiliki panjang sekitar 290mm diameter lingkaran 20mm, pemasangan pipa conduit dalam sebuah nstalasi listrik biasa di namakan piping pipa listrik, 

Pipa conduit memiliki peran penting dalam instalasi, karena dengan adanya pipa ini kabel yang kita pasang di atas plafon aman dari gigitan tikus, dan jika di tanam di tembok tidak akan mudah induksi, yang dapat membuat kabel listrik terbakar, rekomendasi instalasi listrik di tertanam harus menggunakan pipa conduit sebagai isolasi

Post a Comment for "Jenis Peralatan Dan Komponen Instalasi Listrik Rumah Tangga"