Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tagihan Air Membengkak? Cek Kebocoran Dengan Cara Berikut Ini

Hemat air sejak dini, demi anak cucu kita nanti
Hemat Air Bersih
Sering kita mendengar tagihan air pam boros, salah satu kalimat yang sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan, tapi masih banyak orang yang sering menyalahkan penyedia air bersih di lokasi tempat tinggal kita.

Terkadang kita sendiri yang teledor dalam memperhatikan kualitas pemakaian air atau menjaga instalasi pipa air bersih di dalam rumah kita.

Perawatan instalasi pipa air harus dilakukan ruti 1 bulan sekali sampai 2 bulan sekali, agar kita tidak kecolongan ada kebocoran pipa dan rembesan kecil.

Dari contoh masalah tersebut bisa saja menjadi masalah besar di kemudian hari, seperti tagihan air membengkak nya akhirnya kita sendiri terkena dampak buruk.

Tagihan air boros sudah pasti harus mengeluarkan uang banyak, alokasikan saja uang pemborosan tagihan air untuk perawatan instalasi pipa di rumah kita.

Kenali beberapa sebab mengapa tagihan air bersih di dalam rumah kita membengkak berikut ini.

1. Pipa Air Bocor Di Dalam Dinding

Ini adalah sala satu permasalahan serius yang harus kita perhatikan, kerusakan pipa tertanam dapat menyulitkan kita maupun teknisi yang akan kita sewa.

Solusi pipa bocor di dinding atau di dalam lantai keramik adalah dengan cara membongkarnya, hanya ini jalan satu-satunya, setelah dinding terbongkar, barulah kita mengganti pipa atau sambungan pipa yang bocor.

Ada beberapa penyebab mengapa pipa air bisa bocor, salah satunya adalah pipa air yang kita pakai sudah berumur, penggunaan pipa air dengan material pvc hanya dapat bertahan sampai 30 tahun, berbeda jika menggunakan pipa ppr, meski harganya sedikit mahal tapi keuntungan penggunaan pipa ini bisa sampai 50 tahun.

Penyebab lain mengapa pipa air bocor yang membuat tagihan air membengkak adalah sambungan pipa air kurang kencang, kurang rapat atau memang kualitan pipa dan sambungan pipa tidak berkualitas baik.

2. Kran air rembes

Kran air bermasalah seperti rembes menetes sering kita temukan di sekitar rumah kita, kran rembes dapat disebabkan oleh unit kran air sudah rusak atau soak.

Masalah ini sering disepelekan padahal jika terjadi akibatnya fatal, tanpa kita sadar setiap harinya kita membuang-buang air percuma.

Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya ganti unit kran dengan material baru, dari pada kita membayar tagihan air membengkak setiap bulannya, lebih baik dialokasikan untuk memperbaiki titik kran yang rusak.

Dua penyebab di atas harus diperhatikan sedini mungkin untuk mencegah terjadinya pembengkakan tagihan pam pdam, bijak menggunakan air dan selalu waspada akan kerusakan instalasi pipa adalah solusi utama, selalu mengajari anak mematikan kran jika tidak di pakai dan menyiram tanaman seperlunya.

Post a Comment for "Tagihan Air Membengkak? Cek Kebocoran Dengan Cara Berikut Ini"