Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Arus Balik Arus Ac Saat Perbaikan Listrik

Ada beberapa kesalahan pemasangan listrik yang harus kita perhatikan, salah satu dari dampak kesalahan pemasangan isntalasi listrik adalah arus balik listeik meski saklar pemutus sudah dalam keadaan off.


Sangat sederhana tapi dapat membahayakan kita sendiri, arus balik listrik akan mengambil alih hampir 75% instalasi dalam keadaan hidup meski saklar atau mcb pembagi setelah kwh sudah dalam ke adaan OFF, sangat berbahaya bukan.


Ini sering kita temukan pada instalasi listrik rumah, biasanya kabel dari kwh meter terbalik.


Netral kwh  -  Netral Rumah

Phase Kwh  -  Phase Rumah


Tapi tapi instalasi yang terpasang di dalam rumah terbalik.


Sering hal ini terjadi, banyak yang tidak sadar dan tahu, karena akan dapat membahayakan teknisi ketika perbaikan atau si pemilik rumah sendiri.


Kasus yang sering terjadi adalah, pada saat mcb pembagi sudah di matikan tapi kabel masih menyala, atau justru kabel netral phase terisi listrik semua.


Selalu pastikan kemanan lokasi pada saat perbaikan, sedia tes pen listrik untuk cek apakah jalur kabel dari kwh sudah benar benar OFF atau belum.


Jika belum, anda dapat menukar arah instalasi yang terbalik sesuai urutan kabel Phase dan netral, 

Bahaya Arus Balik Arus Ac Saat Perbaikan Listrik

Pada gambar 1 kita lihat warna kabel sejar sama Phase - Phase dan Netral - Netral. Tapi dari kasus yang sudah terjadi teedapat kesalahan pemasangan koneksi didalam instalasi rumah kita.


Solusi dalam masalah ini adalah menukar sambungan kabel seperti gambar di atas, cari terlebih dahulu terminal sambungan pertama daei kwh pln yang masuk ke dalam rumah.


Pada angka 1 sesuai warna, tapi kenyataannya terbalik, jika pada saat instalasi dalam ke adaan hidup dan kita melakukan perbaikan akan dapat membahayakan.

Post a Comment for "Bahaya Arus Balik Arus Ac Saat Perbaikan Listrik"