Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Obati Mata Akibat Tertembak Cahaya Las. No 5 Paling Ampuh

Begini Cara Obati Mata Akibat Tertembak Cahaya Las. No 5 Paling Ampuh
olharmaisclinicadeolhos.com

Pemula pasti tau, dan pernah merasakan bagaimana mata sakit karena ketembak cahaya las dan asap, ini adalah salah satu dampak dari radiasi pengelasan.


Asap dan cahaya dari proses pengelasan dapat membuat mata kita sakit, di dalam kelopak mata terasa ada yang mengganjal, seperti ada butiran butiran bergerak.


Dan lebih parah lagi mata kita akan sensitiv dengan cahaya, berair, berwarna merah dan gatal gatal, bagi yang masih mendalami ilmu pengelasan wajib merasakan hal ini, karena bisa di jadikan pengalaman kerja.


Penyebab utama mata cidera karena radiasi las adalah sebagai berikut : 


  • Kurangnya pemahaman tentang pengelasan, jika anda pemula sebaiknya ada guru di samping pada saat proses pengelasan
  • Tutup tameng las bocor
  • Sirkulasi udara di tempat kerja kurang memadai, sebaiknya sediakan masker dan kipas angin agar asap las dan udara sekitar cepat berganti.
  • Hindari penggunaan kaca mata hitam biasa. Kaca mata hitam belom tentu dapat sepenuhnya menangkal sinar las, karena warna pekat kaca mata masih kalah dengan kaca las asli yang memang sangat gelap dan pekat.


Sakit mata akibat radiasi las dan asap biasanya hanya terjadi satu kali, entah memang kebal dengan hal tersebut atau memang sudah profesiona dalam menghindari radiasi dan asap las.


Sebaiknya tetap beehati hati daam bekerja, mata merupakan alat vital manusia, dan asap las maupun radiasi las merupakan musuh mata kita pada saat bekerja.


Di bawah ini beberapa cara mengatasai rasa sakit mata akibat las : 

Begini Cara Obati Mata Akibat Tertembak Cahaya Las. No 5 Paling Ampuh
Pxhere

1. Manfaatkan Panas Balsem

Cara pertama ini sebenarnya sedikit menyiksa, tapi bisa mengurangi rasa sakit pada saat proses penyembuhan, oleskan balsem pada pelupuk mata kanan dan kiri sambil memejamkan mata.


2. Minum Obat Mata

Ada beberapa obat mujarab untuk menyembuhkan mata sakit karena las listrik, antara lain adalah Bodrex dewasa, dan antalgin, kedua obat ini konon katanya ampun mengatasi mata cidera karena radiasi las listrik.


3. Manfaatkan Air Dingin Atau Air es

Cocok untuk di praktekkan, saya sendiri sudah memoraktikkan, setidaknya kita bisa tidur pulas dulu dengan cara ini, mengompres pelupuk mata dan kening, dengan cara ini sakit akan sedikit mereda.


4. Cuci Mata Dengan Air Bersih

Ini adalah cara tradisional, meletakkan air yang memang benar benar bersih di dalam satu piring lebar lalu masukkan wajah ke area air tersebut, selanjutnya mata dikedipkan di dalam air, butiran yang mengganjal akan terasa beejalan keluar pada saat kita cuci di air.


5. Obat Tetes Mata.

Mata anda sakit karena radiasi las dan asap, segera ke apotik terdekat untuk membeli obat merek pantocain, pasti langsung sembuh, tidak seperti ke empat cara di atas yang hanya meredakan. Cukup modal 50rb mata kembali sehat dan esok bisa bekerja di bengkel las seperti biasa.


Semoga membantu, berbagi pengalaman, karena yang nulis juga pernah merasakan yang namanya ketembak las, terkena radiasi las dan asap las, selalu berhati hati dalam bekerja, jaga keselamatan dan sukses selalu.

Post a Comment for "Begini Cara Obati Mata Akibat Tertembak Cahaya Las. No 5 Paling Ampuh"