Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Dari Burung Untuk Tidak Kesetrum Bertengger di Kabel Listrik

Belajar Dari Burung Untuk Tidak Kesetrum Bertengger di Kabel Listrik
pixabay.com
Banyak orang yang mempertanyakan mengapa burung tidak kesetrum pada saat bertengger di atas kabel listrik AC bertegangan tinggi.

Siapapun yang sadar pasti akan menjadi misteri, mengingat kabel bertegangan sangat berbahaya bagi mahluk hidup.

Cara burung tidak tersengat listrik tanpa kita sadari sudah kita lihat pada teknisi teknisi listrik berpengalaman seperti petugas PLN, tukang listrik rumahan atau teknisi gedung.

Tapi untuk dapat melakukan cara burung tidak tersengat kabel listrik harus di dukung dengan pengetahuan yang cukup kuat, resiko yang akan di dapat sangat besar, bahaya sengatan listrik dapat menimbulkan luka bakar hingga kematian.

Lalu mengapa burung tidak tersengat listrik saat hinggap di kabel listrik?

Sengatan listrik, korsleting listrik atau ledakan listrik terjadi dikarenakan ada perbedaan tegangan bertemu :

Baca Juga : Tanda tanda Panel Listrik Akan Terbakar atau Meledak

Baca Juga : Penyebab Panel Listrik Terbakar dan Cara Mengatasinya

Netral vs Phase

Phase vs Groung/tanah

R vs S

R vs T

S vs T.

Jadi mengapa burung tidak tersengat SUTET saat hinggap? Karena burung tidak menyentuh tanah, ini adalah alasan gamblang yang dapat meyakinkan kita.

Beda cerita jika kaki burung satu hinggap di kabel dan yang satunya menyentuh tanah atau konduktor yang menempel di tanah, sudah pasti si burung akan mati.

Pada saat burung hinggap pada kabel dan membuat arus R dan T bertemu atau T dan S bertemu, tidak butuh waktu lama untuk membunuh burung di atas kabel.

Burung tidak akan mati atau tersengat listrik jika hanya menyentuh satu kabel.

Cara ini dapat kita lihat pada petugas petugas PLN yang mampu memperbaiki jaringan listrik extra tinggi dalam keadaan hidup bertegangan.

Secara teknis mereka memahami teori burung yang tidak mati jika bertengger di atas kabel.

Sama halnya dengan tukang listrik atau teknisi listrik rumahan dan gedung, ada beberapa kondisi pekerjaan yang mungkin harus memperbaiki kerusakan listrik dalam keadaan betegangan.

Dan merekapun sama menggunakan cara burung untuk tidak tersengat listrik pada saat hinggap.

Pada saat perbaikan instalasi listrik betegangan, hindari menyentuh media yang dapat mengalirkan aliran listrik ke tanah seperti besi, dinding atau medan basah, intinya jangan sampai menyentuh tanah, kekecuali anda bisa terbang seperti burung.

Gunakan alas kaki yang tidak dapat menyalurkan listrik sampai ke tanah seperti sepatu anti listrik, anda dapat membeli sepatu khusus ini di toko teknik peralatan listrik.

Belajar Dari Burung Untuk Tidak Kesetrum Bertengger di Kabel Listrik
pixabay.com

Setelah anda membeli sepatu khusu tersebut, pada ulasan berikut ini kami tidak menyarankan anda untuk selanjutnya memegang kabel bertegangan, karena itu sangat berbahaya.

Jika ingin mempraktekkan cara burung tidak tersengat kabel listrik, sebaiknya di dampingin oleh guru atau teknisi yang sudah berpengalaman.

Post a Comment for "Belajar Dari Burung Untuk Tidak Kesetrum Bertengger di Kabel Listrik"