Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instalasi Water Heater Gas Sendiri Tanpa Jasa Teknisi

Memiliki lokasi tempat tinggal dengan suhu normal dibawah 22°, sebaiknya pasang water heater agar bisa mandi air hangat, dapat dibayangkan suhu 22° normal, malam hari atau pada waktu pagi hari pasti sangat dingin, bagi yang tidak terbiasa dengan air dingin pasti enggan mandi.

Cara Instalasi Water Heater Gas Sendiri Tanpa Jasa Tukang
Modena Gas Water Heater

Dimana anda tinggal? Bogor. Salatiga. Wonosobo atau di Dieng? 4 contoh kota tersebut adalah lokasi yang memiliki suhu tidak biasa bagi kita yang terbiasa tinggal dikota-kota dengan suhu panas seperti jakarta atau semarang.


Tidak ada salahnya jika ingin memasang water heater gas dirumah, karena banyak untungnya, salah satunya adalah bisa mandi air hangat kapan pun.


Tapi apakah memasang water heater gas bisa dikerjakan sendiri? Jawabannya adalah sangat bisa, pasti anda berfikir kalau menggunakan jasa teknik akan mengeluarkan biaya, memang benar, tapi keuntungannya anda terima beres bukan? Simak ulasan dibawah ini agar dapat memasang water heater gas sendiri.


Cara Instalasi Water Heater Gas Sendiri Tanpa Jasa Tukang dan Murah

Sebelum melakukan instalasi water heater gas sendiri, sebaiknya pahami dulu apa itu water heater gas.


Apa itu water heater gas

Water heater gas adalah unit alat yang digunakan untuk memanaskan air sebelum selanjutnya digunakan untuk mandi, seperti namanya, water heater gas memanfaatkan Gas sebagai energi utama untuk memanaskan air.


Sebenarnya sama saja kita mandi air hangat dari hasil memasak air, tapi unit water heater gas dapat operasi secara otomatis, pada saat kita membuka kran air water heater On/hidup memanaskan air dan Off/mati berhenti memanaskan air, tidak seperti menggunakan kompor yang bekerja manual.


Cara Instalasi pipa air panas dan pemasangan water heater gas.

Pemasangan dan instalasi water heater gas mudah, hanya saja material yang dibutuhkan banyak.


Alat yang dibutuhkan pasang instalasi water heater gas.

Tangga lipat

Gerinda tangan

Bor tangan/bor kecil

Mata bor 6mm atau 8mm

Meteran 5m

Pensil/spidol untuk penanda

Palu besar

Palu kecil

Obeng +/-

Kunci pipa/kunci inggris 2 buah


Material yang dibutuhkan untuk pasang water heater gas.

Unit water heater gas

Selang gas

Regulator gas

Tabung gas lpg isi

Shower air panas.

PIpa multilayer 1/2" dan fitting

Shock drat dalam pipa multilayer

Klem pipa 

T Kran

Seltip pipa

Fhiser skrup

Skrup dan material bantu lainnya.


Syarat pemasangan water heater gas.

Water heater gas membutuhkan tekanan air untuk membantu sistem kerja pemantik dari mesin gas itu sendiri, dengan adanya tekanan sesuai kebutuhan water heater gas, lokasi layak untuk pasang water heated gas.


Lalu jika tekanan air didalam rumah tidak kencang bagaimana? jika tekanan air didalam instalasi rumah lemah atau tidak kencang, kita dapat memanfaatkan pompa dorong otomatis biaya murah, menaikkan tinggi toren air juga bisa tapi mahal, karena harus membuat keranggka dudukan dengan cara di Las atau Membuat cor beton.


Pemasangan unit mesin water heater gas.

Disini kita akan melakukan pemasangan water heater gas tanpa bobok dinding keramik. Ada satu bobokan itu pun hanya sebesar lubang selang gas sebagai line untuk menempatkan gas lpg diluar area kamar mandi.


Bongkar box kardus water heater gas.

Bongkar unit water heater gas dari box, didalamnya ada buku panduan yang mungkin bisa jadi bantuan apa bila ada kesusahan dalam pemasangan water heater gas nantinya.


Pemasangan bracket water heater gas

Selanjutnya kita akan menemukan bracket water heater. Bracket water heater tersebut berguna untuk menempatkan atau menempelkan mesin water heater gas ke dinding agar tidak jatuh dan dapat diletakkan diatas sekitar 1,5 meter sampai 2 meter dari lantai kamar mandi.


Gunakan tangga lipat yang sudah disiapkan untuk memasang bracket water heater gas, selalu prioritaskan keamanan kerja. Persiapkan kabel stop kontak untuk menghidupkan bor listrik, pastikan lokasi kamar mandi dalam keadaan kering, agar terhindar dari sengatan listrik saat pemasangan water heater gas didalam kamar mandi.


Karena ini tanpa bobok dan tidak menggunakan kran air panas, maka pilih lokasi pemasangan unit water heater tepat diatas kran air kamar madi, jika tidak ada diatas bak kamar mandi, karena sumber input air dari kran air tersebut.


Pasang bracket terlebih dahulu, ambil ukuran dari lantai kamar mandi 1,7 m - 2 m persis dibibir bawah water heater. Bracket dan unit water heater gas memiliki dimensi berbeda, tentu pengukuran juga harus berhati-hati, biasanya selisih 5cm sampai 10cm lebih lebar dari unit mesin water heater.


Diarea bracket ada beberapa lubang sebagaj pengunci, pilih empat titik lokasi pengeboran dipojok atas kanan dan kiri, pojok bawah kanan dan kiri, biasanya ada tanda khusus untuk memberitahukan kita bahwa disanalah titik pengeboran fhiser skrup nantinya.


Lakukan pengeboran pada empat tanda yang sudah kita buat sesuai kebutuhan, jangan terlalau dalam, karena akan dapat merusak dinding kamar mandi, ujung-ujungnya fhiser tidak dapat dipasang dan harus pindah tempat, kedalaman bor antara 3cm sampai 5cm.


Selesai pengeboran anda dapat memasang fhiser terlebih dahulu, selanjutnya memasang bracket beserta skrup yang sudah disediakan. 


Pemasangan unit mesin water heater gas.

Ini tidak sulit, cukup kita letakkan pada bracket yang sudah kita pasang tadi, jika dirasa sudah kencang lanjut ke pemasangan pipa supply air bersih dingin.


Pemasangan T kran.

Bongkar kran lama, tapi sebelumnya matikan dahulu stop kran utama, atau kran jalur kamar mandi. Setelah terbongkar pasang T kran jangan lupa seltip pipa, gunakan sesuai kebutuhan, secukupnya jangan terlalu tebal.


Pemasangan pipa multilayer 1/2".

Kenapa menggunakan pipa jenis ini? Kerena pipa multilayer selain mampu bertahan dalam tekanan juga mudah diatur posisi agar rapih menempel dikeramik kamar mandi. Gunakan klem pipa untuk merapikan pipa multylayer didinding keramik.


Lakukan pengukuran jarak antara T kran ke input air dingin water heater gas, jika sudah pasang shock drat dalam pipa multilayer 1/2" ke pipa gunakan dua kunci inggris agar mendapatkan putaran maksimal, kuat dan aman anti bocor.


Pemasangan gas dan selang gas.

Buat lubang 20mm dibawah unit mesin water heater gas kira-kira 20cm mengarah keluar kamar mandi, jangan terlalu pendek agar tidak ada tenakan di input selang gas, pasang selang gas dan regulator.


Pasang shower air panas diinput mesin water heater gas.

Ini adalah pekerjaan terkhir, pasang shower menggunakan seltip pipa jika masih takut akan ada kebocoran. Hidupkan kran utama, dan water heater gas sudah dapat digunakan.


Penutup

Permasalahan yang sering terjadi didalam pemasangan instalasi water heater gas adalah tidak bisa hidup, ini sering terjadi, kasus ini dapat dipastikan penmatik water heater gas tidak bekerja, solusinya sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, meninggikan toren atau memasang pompa dorong.

Post a Comment for "Cara Instalasi Water Heater Gas Sendiri Tanpa Jasa Teknisi"