Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melindungi Anak Dari Sengatan Listrik Di Rumah

 Jujur saja saya sebagai orang dewasa, takut dengan sengatan listrik, listrik dapat membahayakan manusia jika tidak berhati-hati. Saat ini banyak info memberitakan orang dewasa maupun anak kecil meninggal karena tersengat arus listrik rumah tangga. 

Jujur saja ini sangat meresahkan kita sebagai orang tua yang meniliki anak kecil, jika saja terjadi, anak kecil tersengat listrik tidak bisa di salahkan.

Sebelum membangun rumah maupun membeli rumah, perhitungkan apa saja point point penting yang harus di perhatikan dalam memilih atau membangun rumah hunian.

Cara agar anak kita terhindar dari sengatan listrik adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Titik Stop Kontak Jauh Dari Jangkauan Anak

Umumnya Stop kontak yang rawan menyengat adalah titik stop kontak dinding, tentu saja letaknya di dingding. Antara 25 cm dari lantai atau 45 cm dari lantai, tentu jika titik stop kontak ini ada di rumah kita, akan dapat membuat kita was was.

Anak kecil bisa saja memasukkan konduktor yang dapat menghantarkan listrik ke dalam lubang stop kontak dinding tersebut

2. Rapikan Kabel Listrik

Kabel listrik berserakan tidak teratur biasanya ketika kita sedang menjumper atau menyambung stop kontak dari sumber listrik stop kontak dinding ke stop kontak temporer.

Bisa saja kabel yang sedang anda gunakan rusak atau lecet dan membuat inti tembaga kabel menganga keluar, pada posisi ini akan dapat membahayakan anak kecil, karena dia tidak tahu dan dikira mainan, ujung ujungnya pasti akan di pegang.

3. Hindari Penggunaan Stop Kontak Tanpa Tutup

Saat ini banyak produsen stop kontak yang memproduksi aksesoris stop kontak aman dan tidak akan membahayakan anak kecil. 

Seperti yang sudah di jelaskan pada point 1, bisa saja anak kecil memasukkan barang atau alat yang dapat menghantarkan listrik ke dalam lubang stop kontak.

Cara Melindungi Anak Dari Sengatan Listrik Di Rumah

Gambar di atas adalah contoh stop kontak yang memiliki 1 tutup pada masinh masing lubang. Sangat aman jika di gunakan pada aksesoris titik stop kontak dinding meski kita akan memasang pada titi rendah sekalipun.

Jenis stop kontak di atas di design tidak akan dapat terbuka jika tanpa steker, tau membuka lubang tersebut secara bersamaan, nah anak kecil pasti akan kesulitan dengan hal ini, dan kita tidak akan was was.

Pencegahan dan pertolongan jika anak kecil tersengat listrik :

Segera matikan mcb listrik dan bersikap tenang, pastikan anak dalam kondisi baik dan jangan panik.

Apabika anak dalam keadaan tak sadarkan diri, buat nafas buatan sembari membawa kain basah dan di lap ke kening si anak.

Segera bawa anak ke rumah sakit terdekat agar cepat di tangani oleh dokter spesialis.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Melindungi Anak Dari Sengatan Listrik Di Rumah"