Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Kabel Pada Saklar Kecil On Off

Cara Memasang Kabel Pada Saklar Kecil Gantunga
Cara Pasang Saklar On Off

Saklar gantung on off kecil warna hitam atau putih sering kita temukan diruko-ruko warung dadakan, karena harganya murah dan mudah dibawa, saklar gantung menjadi salah satu alat favorit masyarakat, atau dirumah anda sendiri juga memanfaatkan saklar gantung untuk menghidupkan lampu.

Hanya dengan modal 25 ribu, kita sudah mendapatkan satu titik instalasi listrik minimalis bisa dibawa dan dipasang dimana saja asal ada terminal kabel atau stop kontak listrik.


Kelebihan dan kekurang saklar gantung On Off

Dibalik harga saklar gantung yang murah meriah, alat tersebut juga memiliki kelemahan san kelebihan diantaranya sebagai berikut :


Kelebihan saklar gantung

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, saklar gantung murah, hanya 4 ribu rupiah anda sudah bisa mengontrol lampu 4 buah


Pemsangan saklar gantung juga mudah, tidak sulit seperti jenis saklar yang lain seperti saklar dinding atau saklar selektor, ikuti ulasan ini sampai selesai agar bisa memasang saklar gantung sendiri.


Flexible mudah dibawa, dimensi saklar gantung sangat kecil, maka dari itu judul diatas saklar kecil, hanya sebesar korek api gas, mudah anda bawa kemana-mana jika ingin memiliki stok saklar gantung didalam perjalanan.


Kekurangan saklar gantung

Sebenanarnya semua komponen listrik memiliki kelebihan dan kekurangnan, tinggal bagaimana kita menerapkan fungsi dari komponen tersebut, pihak pabrik pasti juga sudah merekomendasikan batas-batas pemakaian sebuah komponen elektrikal.


Baca juga : Cara Memasang Kabel Pompa Air Shimizu Mudah Aman dan Benar


Saklar gantung misalnya, saklar gantung tidak di rekomendasikan untuk ON OFF pompa air sumur, pompa air sumur memiliki konsumsi daya listrik lumayan besar, diatas 125 watt. Jadi jika tetap dipaksakan dapat merusak saklar itu sendiri, dan terjadilah korsleting listrik.


Cara pemasangan saklar On Off gantung yang benar

Cara Memasang Kabel Pada Saklar Kecil Gantunga
Cara Pasang Saklar On Off

Caranya mudah, tidak sesulit yang dibayangkan, hanya butuh sedikit pemahaman tentang kelistrikan, hanya tiga langakh lampu hidup dengan saklar gantung ON OFF.


Baca Juga : Cara Kerja Saklar Tukar di Hotel Tangga Vila dan Manfaatnya


Siapkan alat-alat pasang saklar

Persiapkan beberapa peralatan dibawah ini.


Obeng +/- kecil.

Gunting / cutter.


Siapkan material saklar

Tentunya saklar gantung kecil On Off, kalau bisa yang bagus, agar tidak mudah rusak.


Bongkar saklar gantung on off

Seperti yang ada didalam gambar, saklar gantung on off memiliki dua skrup atas dan bawah, buka satu satu perlahan


Kendorkan baut konektor Saklar

Kendorkan baut tempat memasang dua kabel listrik nantinya, dua konektor baut tersebut memiliki fungsi berbeda.


1. INPUT / untuk kabel listrik langsung dari kwh/pln/mcb atau dari colokan listrik, intinya kabel langsung menyambung di salah satu baut.


2. Output / baut yang satunya untuk keluar ke beban lampu. Selanjutnya.


Pasang kabel listrik ke saklar On Off

Pilihannya ada dua, jika anda memasang langsung dari mcb/kwh sebaiknya matikan terlebih dahulu aliran listrik baru kabel dipasang ke saklar kecil on off, kalau dari colokan tidak masalah.


Masukkan kabel cicin pengaman saklar, fungsi cincin tersebut adalah untuk mengamankan kabel dari gesekan dan tarikan agar kanel tidak lecet maupun putus.


Jika kabel yang disiapkan memiliki indikator warna, pasang kabel berwarna gelap ke Input saklar on off, kabel warna gelap untuk arus listrik L, biasanya merah, hitam atau coklat. Selanjutnya pasang kabel warna cerah ke Output untuk N, biasanya warna biru atau hijau.


Pasang kembali tutup saklar

Jika sudah kembalikan tutup saklar kecil on off seperti awal, hati-hati jangan sampai kabel lepas baut konektor patah dan sebagainya, kelemahan saklar gantung on off mudah rusak, cukup berhati-hati, jika space bagian dalam saklar gantung sempit, rapikan kembali agar muat.


Saklar gantung direkomendasikan untuk kabel serabut, atau kabel engkel tembaga berukutan kecil, 0,75 dan 1,5 saja, diatas itu akan dapat mematahkan konektor saklar gantung on off.


Baca Juga : Penyebab Kabel Listrik di Rumah Cepat Rusak. Salah Pemasangan Atau Material Abal-abal


Sudah selesai saklar gantung siap digunakan sesuai kebutuhan.


Penutup

Saklar gantung sangat cocok digunakan untuk rangkaian alat penerangan dadakan, misal anda ingin jualan dan sering pindah-pindah lokasi, persiapkan saklar gantung, kabel serabut 0,75 atau 1,5 dan stop kontak, penerangan siap pakai untuk menerangin aktifitas jualan, selama ada sunber listrik, genset atau listrik tetangga.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Memasang Kabel Pada Saklar Kecil On Off"