Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Kabel Pompa Air Shimizu 3 Kabel

 Pompa air dirumah rusak,1 dan butuh perbaikan? Memanggil teknisi hanya untuk menyambung 3 kabel pompa, dan pasti biaya yang akan dikeluarkan tidak sesidikit.


Pompa air dalah mesin yang berfungsi untuk mentransfer air dari grountank ke toren atau sebagai pompa dorong dari toren ke titik saklar, agar tekanan air menjadi lebih kencang.


Pada saat ingin mengganti pompa baru, ada beberapa orang yang masih bingung apa fungsi 3 kabel pompa air Shimizu yang akan dipasang, berikut penjelasannya.


Arti warna kabel pompa air Shimizu.

Pompa air shimizu 3 kabel menggunakan sistem kelistrikan 1 phase/1 jalur yang hanya memerlukan kabel :


L/phase api listrik coklat/merah

N/netral kosong warna biru

G/ground pentanhan warna kuning.


Jika colokan alat elektronik menyediakan 3 kabel, seperti pompa air shimizu diatas, sebaiknya sambungan kabel dari sumber juga 3 kabel, karena standar pabrik sesuai rekomendasi produsen.


Banyak orang yang menyepelekan masalah ini, pompa air menggunakan 3 kabel, tapi hanya dipasang 2 kabel yaitu L dan N saja, pompa tidak terpasang kanel G/kuning.


Dampak dari masalah ini adalah dapat mengurangi performa mesin pompa air tersebut, pompa air menjadi mudah rusak dan tidak dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lama.


Skema Kabel Pompa Air Shimizu 3 Kabel

Cara Memasang Kabel Pompa Air Shimizu 3 Kabel
Pompa 3 kabel

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika pabrik merekomendasikan 3 kabel, persiapkan 3 balel untuk sambungan pompa air Shimizu nantinya. Dapat dilihat pada gambar diatas.


Dari pompa memiliki 3 kabel berwarna Merah/L. Biru/N dann Kuning/G, dan selanjutnya disambung dengan Merah sumber. Biru aumber dan G sumber, sumber bisa dari mcb pembagi atau kwh meter.


Proses pemasangan kabel pompa air shimizu dapat kita kerjakan dengan alat-alat sederhana seperti tang kombinasi, cuter dan isolasi listrik. Kupas kabel sesuai kebutuham 4mm-5mm, pasang kabel sesuai warna, prosedur untiran kabel yang benar adalah ke kanan lalu di isolasi listrik agar aman.

Post a Comment for "Cara Memasang Kabel Pompa Air Shimizu 3 Kabel"