Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang MCB Dua Jalur Mudah Dan Praktis

 Memasang mcb rumah listrik di rumah memang susah-susah gampang, tanpa memiliki keahlian pun kita sudah dapat memasang mcb listrik dengan benar, yang pasti harus aman.


MCB kepanjangan dari Miniature Circuit Breaker, mcb berfungsi untuk membagi daya listrik, memutus arus secara otomatis dan bisa juga di jadikan saklar. 


Didalam sebuah rangkaian box panel listrik terdapat banyak komponen, beragam jenis dan memiliki fungsi masing-masing. Pengertian dan kegunaan mcb sudah dijelaskan diatas.


Perencanaan dan kebutuhan material harus disiapkan, anda dapat membeli secara online maupun langsung ke toko alat kelistrikan terdekat, sebaiknya memilih toko grosiran agar lebih murah.


Persiapkan komponen-komponen material yang dibutuhkan berserta alat kerja. Ikuti panduan dibawah ini.


Cara Memasang Mcb Listrik 2 Jalur.

Skema antar kabel untuk memasang mcb dua jalur dapat kita lihat pada gambar di bawah ini : 

Cara Memasang MCB Dua Jalur Mudah Dan Praktis
MCB 2 Jalur

Material pemasangan mcb 2 jalur

Catatan : Material menyesuaikan gambar


Mcb 4A

Mcb 2A

Kabel NYA 1×2,5 mm mereh

Kabel NYA  1×2,5mm biru


Persiapan alat-alat kelistrikan

Tang kombinasi

Tang potong

Cuter pisau

Obeng +/-


Tahap perakitan Mcb 2 Jalur

Sesuai gambar kita memiliki mcb induk 10A atau mcb paling besar, 10A ini akan membackup 6A dan 4A, sudah cukup bagus untuk keamanan jika ada hal-hal yang tidak di ingin kan, atau jika ingin lebih aman lagi menggunakan ELCB, simak ulasan di bawah ini


Baca Juga : Cara Pemasangan ELCB Dan MCB Rumah Tinggal. Banyak Manfaatnya


Jika aliran listrik dalam keadaan hidup matikan terlebih dahulu dari sumber listrik demi keamanan.


Buat jumper kabel phase untuk 2 mcb baru

Gunakan tang kombinasi untuk membuat jumper kabel, manfaatkan kabek berwarna merah, agar mengindikasikan jika itu adalah kabel phase. Untuk kabel warna bjru dapat kita gunakan sebagai netral


Potong kabel merah antara 4cm sampai 5cm, kupas ujung kabel 5mm dan ujung satunya 5mm lalu buatlah U siku menggunakan tang kombinasi agar rapi, selanjutnya pasang U jumper kabel tadi ke input 2 Mcb 6A dan 4A yang sudah disiapkan, pastikan input dari bawah output dari atas.


Pembuatan kabel output dari mcb induk

Jika kita amati, kabel dari mcb 10A panjang, karena output dari atas, dan mcb 2 jalur yang baru input dari bawah, jadi memutar, buatlah skema kabel sesuai gambar diatas, kupas ujung dan ujung kabel 5mm sampai 1cm.


Setelah selesai masukkan kabel jumper panjang warna merah dari output mcb 10A ke input mcb 6A yang baru, dengan adanya jumper kabel 6A dan 4A yang tekah terpasang, pada saat mcb 10A di matikan, kedua mcb tersebut akan OFF bersamaan, begitu juga sebaliknya.


Pasang Kabel Output Ke beban Pemakaian

Mcb 4A dan 6A yang baru merupakan wadah dari besar daya listrik nantinya, untuk melayani perangkat elektronik di dalam rumah.


Pasang kabel instalasi dari dalam rumah ke output mcb 6A dan 4A, pemasangan dari atas, dan selanjutnya kabel netral langsung ke beban di dalam rumah.


Penutup

Jika ingin menambahkan komoponen mcb lagi, kita dapat meletakkannya di sebelah mcb 4A dan seterunya, tapi melihat kapasitas Ampere mcb induk dahulu. Jika masih ke bingungan anda bisa menggunakan jasa teknik disekitar rumah anda.

Post a Comment for "Cara Memasang MCB Dua Jalur Mudah Dan Praktis"