Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Stop Kontak Paralel di Dinding

Mudah bagi yang ingin memasang paralel antar stop kontak satu dan stop kontak yang lain. Lebih jelasnya menyambung dua titik stop kontak berjajar jadi satu.


Stop kontak berjajar di tembok biasanya digunakan untuk charge hp, mesin cuci, atau untuk power Tv. Sering kita temukan di rumah rumah kita sendiri bukan.


Cara memasang stop kontak paralel dapat kita kerjakan sendiri tanpa bantuan tukan listrik. Mungkin saja anda ingin service stop kontak dan menggunakan jasa teknisi listrik, paling tidak harus mengeluarkan biaya 75 ribu sampai 150 ribu, lumayan bukan?


Mari kita ulas bagaiamana cara mudah memasang stop kontak paralel.


Persiapan alat dan material


Material yang dibutuhkan

Stop kontak dinding 2 buah

Kabel NYA 2,5mm


Alat-alat yang di butuhkan

Obeng +/-

Cuter pisau

Tespen jika dierlukan


Cara Pasang Stop Kontak Dinding Paralel

Jika kasusnya adalah memperbaiki atau service, matikan dahulu mcb aliran listrik dari kwh meter, ini untuk menjaga kita dari bahaya sengatan listrik.


Baca Juga : Cara Melindungi Anak Dari Sengatan Listrik Di Rumah


Pastikan listrik benar-benar Off, tes kabel listrik lama dengan tespen yang sudah di sediakan.


Cara Memasang Dua Stop Kontak Dinding Paralel
Cara Pasang Stop Kontak Paralel

Skema gambar di atas bisa kita terapkan dalam pemasangan stop kontak paralel di rumah.


Kabel dari sumber listrik masuk ke stop kontak 1. 


Keterangan Pemasangan Stop Kontak Paralel


G - G adalah Grounding, Kabel warna kuning masuk ke lubang yang sudah di sediakan oleh pabrik pembuat stop kontak. Selanjutnya kabel kuning dari stop kontak satu masuk ke lubang konek ke stop kontak dua titik terakhir. 


Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu grounding baca ulasan di bawah ini di sini : Perbedaan Grounding Dan Penangkal Petir. Simak Agar Tidak Gagal Paham


Jika ingin menambahkan titik stop kontak lagi, anda dapat melakukannya seperti pemasangan kabel kuning stop kontak satu ke stop kontak dua. Bedanya ini dari stop kontak dua ke stop kontak tiga.


N - N dari sumber listrik masuk ke stop kontak satu dan di teruskan ke titik stop kontak dua. Jika ingin menambahkan satu unit lagi, lakukan sama seperti pemasangan Grounding dari stop kontak dua ke tiga


L - Line/phase adalah api listrik, pastikan pada saat pemasangan kabel merah benar benar listrik dalam keadaan Off tidak ada arus lisyrik, selalu cek menggunakan tespen listrik.


Pemasangan kabel merah sama seperti pemasangan kabel biru dan kuning, dari stop kontak satu ke stop kontak dua, jika ingin menambahkan satu stop kontak lagi, masukkan kabel ke titik warna merah masuk ke titik warna merah stop kontak ketiga.


Penutup

Baca Juga : Cara Memasang Saklar Tukar Tangga Sangat Mudah


Cara ini juga dapat anda terapkan dalam pemasangan sklar lampu, titik lampu dan rangkaian listrik lainnya. Selalu berhati hati dalam melakukan pekerjaan yang berbau kelistrikan, jika tidak bisa anda dapat menghubungi jasa listrik terdekat.

Kamu melayani jasa instalasi listrik di area salatiga san sekitarnya. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga khusus. Disini

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Memasang Stop Kontak Paralel di Dinding"