Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Elbow Pipa Air Pvc Yang Bocor Tanpa Jasa Service

 

Cara Memperbaiki Elbow Pipa Air Pvc Yang Bocor
Elbow Pipa Pvc 1 Inch

Elbow memiliki peranan penting dalam sebuah instalasi air bersih, khusunya untuk bagunan rumah dan gedung. Dengan memanfaatkan elbow kita dapat membelokkan air dengan mudah.

Ukuran elbow pipa air menyesuaikan pipa  pvc utama, jika pipa pvc 1 inch maka elbow yang dibutuhkan adalah 1 inch juga, jika pipa pvc 2 inch elbow juga 2 inch, kecuali jika sebelum pipa smpai ke belokan menggunakan reducer, baru ukuran elbow berbeda.


Baca Juga : 7 Jenis Pipa Yang Sering Digunakan Dalam Dunia Konstruksi Bangunan


Penyebab pipa pvc bocor

Tapi tidak semua instalasi pipa air bersih dapat berjalan dengan baik, banyak faktor yang dapat menyebabkan pipa pecah atau bocor, elbow pipa pvc pun juga rawan bocor, jika salah pengeleman.


Faktor kebocoran elbow pipa pvc juga dapat di karenakan umur pipa yang sudah lama, masa umur pipa pvc dan fiitting pipa pvc biasanya hanya sampai 30 tahun pemakaian, selanjutnya butuh service.


Baca Juga : Cara deteksi kebocoran saluran pipa air bersih


Kesalahan pemasangan juga dapat menjadi faktor bocornya lebow pipa pvc, pengeleman kurang rata atau pada saat pemasangan material berbeda, atau beda merek, beda merek dapat mempengaruhi ukuran inch pipa itu sendiri.


Cara memperbaiki elbow pipa pvc bocor

Dalam perbaikan pipa air sebaiknya memperhatikan peralatan dan sistem perpipaan dahulu, suport atau tidak. Karena jika tidak malaj justru akan menyulitkan kita.


Sebelum memeperbaikin pipa dan elbow pipa yang bocor, matikan terlebih dahulu stop kran utama dari Pam dan siapkan berapa alat di bawah ini :


Alat perbaikan pipa pvc dan elbow 

Gergaji besi

Lap kain kering

Meteran kecil


Baca Juga : Harga Fitting Sambungan Pipa Pvc Rucika Standard JIS Terbaru 2021


Material perbaikan pipa dan elbow pvc

Sesuaikan dengan elbow yang rusak 1/2" atau 1"


Pipa 1" 

Elbow 1"

Sok sambungan pipa 1"

Lem pipa pvc


Tahap perbaikan elbow pipa yang bocor


Memotong pipa dari elbow

Langkah pertama adalah memotong in dan out air yang melewati elbow, tapi sebelumnya matikan dahulu stop kran sumber dari pam, agar dapat melakukan perbaikan dengan maksimal.


Pemotongan kedua titik pipa harus lurus, demi memudahkan penyambungan sok pipa baru nantinya. Jika miring kita tidak akan mendapatkan hasil pengeleman yang baik, dapat beresiko bocor


Gunakan lap kering

Setelah pipa terpotong, pasti ada sisa sisa air yang tertinggal, manfaatkan lap kering untuk menghilangkan air tersebut, air dapat menghambat proses pengeleman dan kualitas lem juga akan buruk


Buat sambungan pipa secukupnya.

Yang dimaksud disini adalah membuat pipa sambungan baru antar sok dan elbow, sesuaikan saja dengan kedalaman lubang pipa fitting, biasaya 6cm sampai 7cm. Jika 7cm maka sok sambungan 3,5cm dan untuk elbow 3,5cm pipa masuk ke lubang


Pasang kedua sok baru dengan lem ke pipa sambungan baru

Oleskan lem pada fitting sok pipa dahulu, baru pipa, kalau terbalik lem pipa akan cepat kering, karena olesan lem pada pipa berada dibagian luar dan pasti terkena angin, berbeda dengan fitting sok sambungan yang ada didalam.


Sambungkan Sok pipa sambungan baru ke elbow

Sama seperti cara diatas, pengikesan lem harus dilakukan pada fitting terlebih dahulu, baru setelah itu pipa. Pipa sambungan sudah di ukur dan di bagi 3,5cm sok dan 3,5cm elbow, harusnya bisa mendapatkan hasil sambungan pres antara bibir elbow dan bibir sok


Sambungkan sok dan elbow baru ke pipa lama.

Pastikan semua material kering, jangan sampai basah, karena pada tahap ini membutuhkan kesabaran dan ketilitian. Pehatian, sejajarkan arah elbow ke pipa lama sok kedua, jangan sampai meleset dan miring.


Sambungkan sok dan pipa sambungan baru ke elbow baru.

Ini adalah pekerjaan terakhir, sambungkan sok dan pipa penyambung baru ke pipa lama kedua, oles kan lem ke fitting terlebih dahulu setelah itu pipa lama dan diamkan 1 sampai 2 menit.


Kenapa harus didiamkan dahulu? Sambungan terkahir akan sedikit memberikan tarikan, pada fitting elbow baru dan sok sambungan baru, jadi harus teliti dan hati-hati.


Sambungkan elbow lama ke sok pipa sambungan baru

Oleskan lem pipa pvc pada ke elbow yang sudah terpasang di pipa lama pertama, dan selanjutnya oleskan lem ke pipa sambungan sok baru, jangan lama-lama langsung masukkan.


Caranya, tarik elbow pelan pelan-pelan kebelakang dan sedikit renggangkan, jika sudah mendapatkan titik temu antara pipa dan lubang elbow langsung saja masukkan dan tahan sampai 1 menit agar tidak lepas.


Penutup

Cara di atas dapat anda kerjakan sendir di rumah tanpa tukang, dan material pipa maupun fitting dapat anda beli di toko bangunan atau toko online yang menyediakan perlengkap pipa plumbing
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Elbow Pipa Air Pvc Yang Bocor Tanpa Jasa Service"