Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Tulisan Periksa Pada Meteran Prabayar

Cara Memperbaiki Tulisan Periksa Pada Meteran Prabayar
Cara Memperbaiki Meteran Error
Sering kita menemukan masalah pada meteran listrik prabayar, seperti token pulsa tidak bisa masuk, error dan ada tulisan PERIKSA, masalah ini pasa akan dapat membingungkan kita sebagai pengguna listrik yang awam tentang kelistrikan.


Hampir setiap hari kita menemukan berita atau mendengar tetangga bawasannya meteran prabayar di rumah mereka rusak, muncul tulisan PERIKSA pada layar Lcd kwh meter prabayar.

Baca Juga : Cara Memasukkan Token Listrik Ke Kwh Meter Prabayar

Penyebab Munculnya Tulisan Periksa Pada Kwh Meter Prabayar

Meteran Prabayar Rusak

Jika pada saat anda ingin memasukkan token pulsa tapi ada arlm berbunyi bip bip, sudah dapat di pastikan kwh meter prabayar terasebut error atau rusak, segera hubungi btl terdekat untuk melakukan perbaikan.


Instalasi listrik Bermasalah

Sebelum membeli rumah sebaiknya cek terlebih dahulu kualitas instalasi yang tersedia di rumah baru anda, tulisan PERIKSA pada meteran Pln prabayar juga dapat di karenakan bocornya instalasi di atas plafon maupun instalasi tanam, bisa di dalam tembok atau di bawah lantai.


Jika hal ini terjadi kwh prabayar kita akan otomatis memberikan tanda error dan muncullah tulisan PERIKSA pada layar lcd kwh prabayar.


Grounding Rumah Jadi Satu Dengan Netral

Banyak orang berlomba lomba untuk mendapatkan cara bagaimana menghemat listrik, dengan cara memanipulasi grounding dengan netral, berharap dapat membuat penggunaan listrik jadi irit.


Baca Juga : Fungsi Grounding Pada Instalasi Listrik Rumah Tinggal


Tapi kenyataannya tidak, jika saja hal ini ada lakukan, justru akan dapat membuat rusak kwh prabayar di rumah, karena meteran akan mengindikasikan bahwa ada korsleting listrik dan muncullah tulisan PERIKSA pada layar lcd meteran.


Unit Meteran Tidak Sni

Saat ini banyak distributor kwh yang memproduksi unit kwh meter tidak standar sni untuk di gunakan, ini juga dapat menjadibsalah satu faktor kenapa kwh meter prabayar muncul tuliaan PERIKSA.


Solusi Dari Masalah Munculnya Tulisan Periksa Kwh Prabayar kita adalah sebagai berikut :

Perbaiki  Instalasi Rumah

Ini adalah salah satu cara paling ampuh agar kwh prabayar tidak error lagi, cek titik titik stop kontak di dalam rumah apakah ada yang korslet atau ada tanda tanda titik stop kontak akan terbakar.


Segera hubungi tukang listrik panggilan untuk melakukan perbaikan instalasi yang sulit di jangkau, seperti jalur kabel di atas plafon, bisa saja ada salah satu kabel rusak karena hewan liar seperti tikus karena tidak di bunggkus dengan pipa conduit.


Baca Juga : 4 Fungsi Pipa Conduit Sebagai Pelindung Kabel Listrik 


Periksa Sambungan Pada Terminal Meteran.

Solusi berikut ini kita hanya dapat memeriksa atau mengecek, bagian terminal ksh prabayar dapat kita lihat dari luar box, coba amati dengan teliti, apakah kabel grounding pada kwh terlepas dan menyentuh kanel Netrla mauoun Phase. Jika sudah pasti, segerah hubungk pln terdekat.


Hubungi Call Center Pln

Cara Memperbaiki Tulisan Periksa Pada Meteran Prabayar
Code Area Setelah Itu 123
Ini cara palaing ampuh untuk menaggulagi masalah pada kwh meter prabayar muncul tulisan PERIKSA, dengan cara memanggil call center PLN 123, dari sini kita akan di berikan arahan arahan pasti untuk melakukan perbaikan.


Jika memang masalah ini tidak bisa di selesaikan antara si pemiliki kwh dan call center melalu telfon, selanjutnya pihak call center biasanya akan meminta data lengkap pemilikik kwh prabayar untuk di data sebagai aduan gangguan.


Tunggu beberapa jam nanti pasti ada petugas dari pln terdekat ke rumah melakukan perbaikan.

1 comment for "Cara Memperbaiki Tulisan Periksa Pada Meteran Prabayar"

  1. Kwh saya dulu pernah seperti ulasan di atas, alhamdulillah setelah telfon pln beres..

    ReplyDelete