Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan Titik Lokasi Pemasangan Panel Listrik

Cara Menentukan Lokasi Pemasangan Panel Listrik
Pxhere

Panel listrik adalah perangkat alat yang berguna untuk menyalurkan dan membagi daya listrik, di dalam panel terdapat komponen seperti mcb, mccb, menyesuaikan kebutuhan, setelah terbagi selanjutnya energi listrik akan di teruskan ke titik pemakaian seperti stop kontak dan lampu penerangan.


Artikel Lain : Alat Elektronik Rumah Bikin Boros Listrik. No 4 Paling Besar Memakan Daya


Dengan adanya panel listrik, kita juga akan lebih mudah mengontrol jalur instalasi seperti pada saat ada perbaikan, jalur grup dapat kita matikan atau hidupkan melalui mcb gruping yang telah di rancang sesuai kebutuhan.


Lalu di mana tempat Paling strategis untuk pemasangan panel listrik?


Pilih Lokasi Jauh Dari Air

Panel listrik sangat rentan terhadap air, resiko panel jika terkena air bisa meledak, titik pemasangan panel listrik tidak dianjurkan di tempat rawan basah seperti kamar mandi dan dapur.


Lebih baik hindari dua lokasi tersebut, kamar mandi sudah jelas banyak pipa air, jika pipa bocor sangat berbahaya, tidak hanya beresiko melesak, potensi terkena sengatan listrik juga bisa saja terjadi. Jika memilih titik pemasangan di area dapur, selain rawan air juga banyak orang,  bisa membuat was was.


Artikel Lain : Fungsi Cara Kerja Kontaktor Magnet dan Contoh Rangkaian Pengunci


Mudah di Jangkau 

Selain aman dari air, syarat pemasangan panel listrik juga wajib mudah di jangkau oleh orang, dalam hal ini di harapkan dapat mempermudah kita pada saat perbaikan, karena tidak selamanya listrik dalam keadaan baik, 


Suatu saat nanti pasti akan ada kerusakan atau ingin renovasi, makan sangat disarankan pemasangan panel listrik mudah di jangkau orang, contoh titik pemasangan panel listrik di atas meja belajar, sangat tidak mudah untuk menjangkau jika ada masalah.


Sirkulasi Udara Lancar

Kita dapat memilih lokasi yang memiliki perputaran udara baik, seperti di depan rumah lebih tepatnya di teras, bersebelahan dengan box Kwh meter, ini adalah tempat paling cocok untuk pemasangan panel listrik.


Selain akan mendapatkan sirkulasi udara baik juga dapat membuat kita nyaman dan aman, jika kita mengggunakan beberapa komponen seperti Wlc atau kontaktor, panel listrik akan mengeluarkan suara, kadang ada beberapa orang ketakutan dengan hal ini.


Pastikan Jangan Terlalu Tinggi

Ukuran pemsangan panel listrik pada umumnya 175cm sampai 185cm dari lantai, ini sudah cukup, anak-anak sudah tidak dapat menjangkau pada titik ini, dan tidak beresiko terkena air.


Artikel Lain : Cara Menghindari Bahaya Sengatan Listrik Akibat Atap Rumah Bocor

Artikel Lain : Jasa Instalasi Listrik Salatiga. Murah Cepat dan Bergaransi


Angka ketinggian pemasangan panel listrik 175cm dari lantai keramik rumah sudah nyaman bagi teknisi untuk melakukan perbaikan maupun service.

Cara Menentukan Lokasi Pemasangan Panel Listrik
Sumber Tokopedia

Cara pemasangan panel listrik sebaik nya tertanam, apalagi jika anda menggunakan tipe penel seperti gambar di atas, box panel 4 grup yang biasanya di gunakan pada instalasi rumahan.

Cara Menentukan Lokasi Pemasangan Panel Listrik
Blibli.com

Jika anda menggunakan panel box panel seperti gambar ke dua, penanaman menyesuaikan lubang kabel masuk dan keluar, agar menudajkan kita dalam melakukan penarikan kabel listrik.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Menentukan Titik Lokasi Pemasangan Panel Listrik"