Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Besar Ampere Mesin Las Listrik

Bagi seorang tukang las, mampu mengatur amper mesin las listrik adalah keharusan, baik tidaknya pekerjaan las yang akan di hasilkan, atau tergantung dari pemilihan elektrod/kawat las, tebal media yang akan di las dan mengatur besar amper trafo las yang digunakan.


Bagi profesional las mungkin mudah-mudah saja hanya dengan perkiraan suara atau gerakan, bagi pemula mungkin ini adalah hal tidak mudah, dasar ilmu seorang profesional las sudah kuat, maka hanya dengan feeling saja ia sudah dapat membedakan kualitas yang akan di hasilkan


Dalam teknik pengelasan, cara pengelasan tidak boleh dilakukan sembarangan, agar mendapatkan hasil maksimal, ya kalau kita punya bengkel las layak jual, tentu anda sendiri yang untung bukan? Agar mendapatkan hasiln pengelasan bagus dan rapi, harus di awali persiapan yang matang. Bagus rapi dan kuat.


Tabel pengaturan amper trafo las


Tabel diatas adalah ukuran alektroda satuan mm dan besar arus ampere trafo las yang dapat di jadikan pedoman pengelasan. Tapi tetap kembali ke pengalaman dan jam terbang untuk mendapatkan hasil sambungan las bagus dan kuat.

Faktor kualitas hasil pengelasan sebenarnya tidak hanya tergantung dari berapa amper arus trafo dan kawat las, tapi dari tangan si teknisi sendiri.

Cara mendapatkan pengelasan yang bagus


Sesuaikan elektroda dan arus ampere

Semakin kecil diameter kawat las yang dipakai, semakin kecil pula setting amper trafo las, jadi keduanya berbanding lurus, sebaliknya jika kawat mm kawat las besar, ampere trafo juga harus besar, sebagai pedoman lihat gambar di atas.

Ikuti ukuran rekomendasi pabrik kawat las

Biasanya jika membeli kawat las, di bagian pembungkus terdapat tabel intruksi cara pengelasan yang dapat kita manfaatkan, kenyataannya jika mengikuti intruksi tabel hasil yang didapat mendekati kata sempurna.

Cara Setting Ampere mesin las


Untuk dapat merubah besar arus mesin las, gunakam selektor yang ada pada unit mesin las listrik anda, putar swarah dengan jarum jam atau sebaliknya, menambahkan atau mengurangi besar arus amper. 
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Mengatur Besar Ampere Mesin Las Listrik"