Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merakit Colokan Listrik Dengan Kabel Serabut

Steker atau colokan listrik adalah sebuah media untuk menyalurkan listrik ke pemakainan langsung ke lampu atau paralel ke terminal stop kontak.


Banyak orang yang masih kebingungan bagaimana cara merakit colokan listrik sendiri, sangat mudah cukup menggunakan alat-alat sederhana anda sudah dapat merakit steker listrik.


Baca ulasan ini sampai selesai, agar tidak gagal paham cara pasang kabel colokan listrik yang benar, karena masih banyak orang yang keliru dalam perakitan colokan listrik.


Sebelum merakit pastinya kita harus mempersiapkan bahan-bahan yang akan dibutuhkan.


Persiapan bahan merakit colokan stop kontak


Kabel listrik NYM 2×1,5mm

Steker/colokan stop kontak

Isolasi listrik jika dibutuhkan


Jika perkiraan kabel untuk merakit colokan listrik adalah 5 meter, total modal yang anda keluarkan untuk merakit colokan stop kontak adalah 35 35 ribuan.


Persiapan Alat merakit colokan listrik


Obeng +/-

Pisau cuter/gunting


Setelah bahan dan materila siap, tiba saatnya mengikuti cara merakit steker stop kontak di bawah ini :


Proses perakitan colokan stop kontak listrik

Cara Merakit Colokan Listrik Dengan Kabel Serabut
Merakit Colokan Listrik

Gambar diatas menunjukkan 2 kabel biru dan merah terpisah, dapat anda jadikan pedoman pemasangan kabel listrik ke socket colokan listrik nantinya.


Bongkar colokan yang sudah disiapkan

Bongkar colokan yang sudah kita beli dari toko listrik.


Pada bagian pengunci colokan terdapat 2 baut kecil, gunakan obeng untuk membuka dua baut tersebut pelan-pelan.


Setelah terbuka, anda akan menemukan klem pengunci kable, biasanya terdapat pada ujung lubang colokan, fungsi utama dari klem tersebut adalah agar si kabel tidak lepas pada saat kita gunakan.


Selanjutnya kendorkan lubang pada konektor colokan yang nantinya berguna untuk mengunci kabel N biru dan L merah, hati-hati jangan sampai lepas, jika lepas pemasangannya susah.


Kupas kabel listrik NYM 2×1,5mm

Umumnya, panjang kupasan kabel yang dibutuhkan untuk merakit colokan listrik adalah 4 sampai 5cm.


Kupas pembungkus kabel dengan pisau cuter atu gunting dan jangan sampai melukai 2 kabek di dalamnya. 


Jika sudah terkupas sesuai kebutuhan, antara 4 sampai 5 cm, buang pembungkus 2 kabel didalamnya, biasanya berwarna hitam biru atau coklat biru ada juga yang merah biru.


Buang ujung kulit kabel coklat/hitam/merah 5mm cukup untuk nantinya dimasukkan ke lubang colokan, begitu juga kabel yang berwarna biru.


Pemasangan kabel ke colokan

Gunakan obeng kecil yang sudah disiapkan, masukkan kabel berwarna merah dan biru sesuai gambar diatas, untuk masalah ini terbalik tidak apa-apa, asalh jangan jadi satu.


Kencangkan baut pengunci kabel pelan pelan, jangan sampai ada kerusakan, biasanya inisiatif orang semakin kencang semakin bagus, tapi kenyataannya aus dan dapat membuat rusak colokan baru tersebut.


Sekerinya sudah kencang, pasang klem pengunci pengunci beserta dua baut yang dilepas tadi, jika dirasa sudah cukup kuat lepaskan, terlalu kencang dapat merusak kabel.


Pasang penutup colokan lstrik

Yang terakhir adalah memasang casing penutup, pasang penutup dan kedua baut pelan-pelan jangan sampai aus. 


Kalau tidak ingin berbelit-belit merakit colokan listrik, anda bisa langsung membeli satu set colokan listrik beserta stop kontas yang dapat anda temukan di toko lsitrik. Harga 3 meter jadi biasanya 20 ribu sampai 25 ribu rupiah.


Penutup

Colokan listrik merupakan alat vital yang setiap hari kita gunakan untuk menyambungkan listrik ke pemakaian. Laki-laki, perempuan maupun anak kecil pasti hampir setiap hari bergelut dengan colokan listrik.

Post a Comment for "Cara Merakit Colokan Listrik Dengan Kabel Serabut"