Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merakit Stop Kontak Terminal Kuningan Cepat dan Mudah

Anak kos baru pasti butuh yang namanya stop kontak dan steker, dan ada material dilokasi kosan baru tersebut, pasti anda akan punya inisiatif untuk merakitnya sendiri. Lumayan bukan dari pada beli jadi di toko listrik.


Stop kontak terminal kuningan sangat berguna bagi kita, sesuai namnya, terminal kuningan berfungsi sebagal central sumber listrik yang di paralel manual dari outlet stop kontak bawaan kos atau rumah.


Baca Juga : Demi Rumah Persiapkan 4 Hal Ini Agar Ramadhan Aman dan Nyaman


Fungsi stop kontak terminal kuningan

Kamar kos biasanya hanya menyediakan stop kontak satu, itu pun pasti di atas, berjajar dengan saklar, jarak dari lantai biasanya 1,5 meter sampai 1,7 meter.


Pada saat membutuhkan, tidak mungkin kita akan berdiri sambil mengisi batre hp sambil berdiri, mengerjakan tugas dengan leptop berdiri berjam jam, dari sinilah anak kos sangat membutuhkan yang namanya stop kontak terminal kuningan.


Baca Juga : Cara memperbaiki tulisan periksa pada meteran pln


Atau pada saat ada hajatan, kita membutuhkan kabel listrik darurat yang diparalel dari stop kontak lain, maka kita dituntut untuk dapat merakit stop kontak terminal kuningan sendiri maupun colokan stop kontak.


Persiapan material merakit stop kontak terminal kuningan

Kabel listeik serabut/kabel engkel tembaga nym 2x1,5mm

Terminal kuningan 6 lubang

Isolasi listrik jika dibutuhkan


Persiapan alat perakitan terminal kuningan

Tang kombasi

Tang potong

Obeng -/+ kecil

Tespen kecil

Pisau cuter


Tahap pemasangan terminal stop kontak


Bongkar body terminal kuningan

Terminal stop kontak biasanya memiliki empat baut di pojok body terminal, lepaskan baut satu persatu dari badan penutup terminal kuningan menggunakan obeng +/- yang sudah disediakan.


Selanjutnya lepas klem kuncian kabel yang ada dilubang masuknya kabel, klem ini berfungsi sebagai pengunci kabek agar tidak memberikan tarikan pada sambungan kabel didalam terminal kuningan.


Setelah terlepas, kendorkan dua lubang yang nantinya berfungsi untuk memasukkan arus listrik ke terminla kuningan tersebut, jangan sampai lepas, karena kalau terlepas akan kesulitan dalam pemasangan.


Pemasangan kabel ke terminal kuningan


Cara Merakit Stop Kontak Terminal Kuningan Cepat dan Mudah

Gambar diatas dapat kita jadikan pedoman pemasangan stop kontak terminal kuningan nantinya, seperti yang sering dijelaskan, kabel N / Netral  berwarna biru dan L / fasa berwarna merah, pemasangan terpisah.


Kupas kabel NYM 2x1,5mm secukupnya, antara lubang bibir stop kontak terminal kuningan sampai ke lubang untuk koneksi kabel ke terminal. Ingat yang dikupas kabel putihnya dulu yaa.


Selanjutnya kupas dua kabel berwarna coklat/merah dan bitu kira-kita 5mm, jangan terlalu panjang, sangat berbahaya jika nanti lepas dapat menimbulkan korsleting listrik, karena kabe N dan L bertemu didalam terminal.


Kunci kabel dengan klem yang sudah kita lepaskan tadi sucukupnya, jangan sampai menggencet kabel terlalu keras, karena akan dapat membuat kabel mudah terbakar.


Pasang kabel N ke lubang tempat menyambung kabel ke terminal kuningan tadi dan L di lubang yang satunya, kencangkan baut secukupnya jangan sampai merusak baut terminal.


Tutup casing terminal 

Yang terakhir tutup casing terminal yang memiliki empat baut tadi, pastikan bautnya tidak hilang. Kencangkan perlahan secukupnya.


Untuk pemasangan steker bisa baca ulasan berikut ini : Cara Merakit Colokan Listrik Dengan Kabel Serabut


Colokan dan terminal kuningan set satu pemakaian, terminal kuningan sebagai penampung listrik untuk di dunakan, dan colokan untuk penyambung juga pemutus manual.


Perhatian.. !

Bagi yang belum paham cara pemasangan stop kontak terminal kuningan jangan dipaksakan, karena dapat membahayakan diri sendiri, terminal kuningan rawan rusak meskipun masih baru, biasanya pemasangan kabel terlalu kuat dan menyebabkan tembaga terminal lepas.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Merakit Stop Kontak Terminal Kuningan Cepat dan Mudah"