Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menentukan Ukuran Amper Mcb 1 phase Listrik, 900 Watt Berapa?

Cara Mudah Menentukan Ukuran Amper Mcb 1 phasa Listrik, 900 Watt Berapa?
blibli.com
Penting bagi kita untuk memahami komponen atau material pendukung dalam sebuah jaringan instalasi listrik rumah maupun gedung, seperti mcb kabel listrik, saklar, stop kontak dan panel listrik.

Baca Juga : Cara Mudah Memasang Saklar Tangga Tukar

Dalam kehidupan sehari hari kita memanfaatkan listrik sebagai sumber energi untuk sebuah benda yang pada akhirnya dapat memudahkan kita dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Listrik dapat menghidupkan lampu, pampu berguna untuk menerangi kita pada saat berada di ruangan gelap atau malam hari, dengan adanya listrik kita dapat menanak nasi lebih cepat dan mudah, pada saat suhu panas Unit Ac pun dapat kita gunakan untuk mendinginkan ruangan.

Dari sedikit bahasan di atas, amat sangat bermanfaat bukan listrik bagi kehidupan? Tapi di balik itu semua, kita juga wajib memikirkan pelatan yang mendukung terpasangnya unit unit alat listrik di atas.

Baca Juga : Manfaat Energi Listrik Untuk Kehidupan Sehari - hari

Ac, penanak nasi dan lampu memiliki keterangan berapa besar konsumsi daya yang dapat kita jadi indikator untuk menentukan berapa besar Amper Mcb Yang Akan Kita Sediakan.

Ini ada cara penting yang dapat kita praktekkan di dalam sebuah jaringan instalasi listrik rumah maupun gedung, sebelum memasang meteran pln baru atau membuat gruping listrik yang bertujuan membagi daya listrik rumah.

Kali ini kita hanya akan membahas cara menghitu kebutuhan amper mcb 1 phase.

Mcb adalah saklar pembatas yang memanfaatkan moment trip untuk memutus semua arus listrik pada saat terjadi kerusakan instalasi, berharap tidak akan terjadi hal hal yang tidak di inginkan seperti kebakaran.

Untuk lebih jelasnya baca artikel berikut ini : Jenis Alat Kelistrikan Dan Fungsinya. Simak Ulasan Berikut Ini.

Dengan cara di atas, segala macam kerugian dan bahaya yang akan terjadi dapat di cegah menggunakan mcb pemutus arus 1 phase.

Menentukan ukuran besaran amper dapat kita lakuka sendiri tanpa menggunakan jasa tukang listrik atau teknisi listrik, ya akan lebih menekan biaya pekerjaan elektrikan di rumah bukan?

Kenapa cara ini sangat penting untuk di terap kan, karena kita akan dapat mengetahui pasti berapa watt daya yang tersedia dan berapa watt konsumsi daya sesungguhnya dalam satu rumah.

Keuntungannya adalah kita tidak akan was was jiga ingin membeli perangkat elektronik baru, sering timbul pertanyaan, apakah masih kuat? Trip nggak ya? Dan sebagainya.

Dalam sebuah rumah memiliki kwh meter pln tertera amper di mcb 2A atau 2 Amper. Amper adalah satuan pembatas yang dapat kita jadikan pedoman mengetahui kapan mcb akan trip apa bila terlalu banyak beban penggunaan.

Cara Mudah Menentukan Ukuran Amper Mcb 1 phasa Listrik, 900 Watt Berapa?

Untuk mengetahui berapa watt dalam satuan amper adalah dengan cara mengkalikan Amper mcb dengan voltase pln kita di indonesia, yaitu 220V. Jadi 2A x 220V = 440 watt, sangat mudah bukan?

2A sama dengan 440 watt daya yang tersedia, cek di kwh meter rumah anda berapa Amper tertera di unit mcb pln, lalu kalikan dengan voltase pln 220V, kita akan dapat mengetahui besaran watt yang dapat kita gunakan di dalam rumah.

Atau kita juga dapat menganalisa pemakain daya listrik di rumah, mungkin saja merasakan ke anehan, kok listrik rumah saya boros ya? Padahal pemakaian normal normal saja.

Baca juga : Cara Pembagian Daya Listrik Rumah Tangga

Pertanyaan yang sering kita dengar sebagai teknisi elektrikal yang di lontarkan oleh seseorang, solusi untuk menjawab pertanyaan di atas adalah dengan cara menganalisa secara keseluruhan besar watt perangkat elektronik di rumah orang tersebut.

Jadi alangkah baiknya jika kita menghitung penggunaan daya listrik di rumah demi keamanan diri sendiri dan orang lain, banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan menerapkan cara di atas, memperkirakan penggunaan amper mcb listrik.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Mudah Menentukan Ukuran Amper Mcb 1 phase Listrik, 900 Watt Berapa?"