Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Saklar Triple Sendiri Dirumah

 Manfaat utama dari penggunaan saklar triple sendiri adalah dapat menghemat tempat, menggunakan saklar triple kita akan memiliki tiga buah tombol dalam satu titik saklar sekaligus, sangat hemat tempat bukan.

Cara Pasang Saklar Triple Sendiri Dirumah
Phase dan Netral

Berbeda ketika anda menggunakan tiga tombol saklar tapi stok saklar yang ada adalah tunggal dan dobel, maka titik lokasi saklar yang kita butuhkan adalah dua buah titik saklar terpasang didinding.


Dibawah ini adalah contoh sambungan saklar triple tampak belakang.

Cara Pasang Saklar Triple Sendiri Dirumah
Sambungan Saklar Triple

Garis merah kita gunakan untuk input api listrik atau phase dari sumber, bisa dari Kwh meter atau mbc pembagi.


Dan selanjutnya output ke lampu menggunakan kabel hijau atau biru, bisa juga menggunakan kabel warna yang sama dengan satu catatan harus hafal Output phase. Input Phase dan Netral, karena didalam T does pasti bersebrangan antara tiga kabel tersebut, untuk memudahkan warna kabel digambar dibuat berbeda.


Didalam saklar triple ada tiga tombol, jika kita lihat bagian belakang masing-masing tombol memilki 2 lubang konektor.


2 lubang tersebut pasti ada kode Com dan Load. Com adalah input phase dan Load adalah output phase. Pada saat saklar dalam kondisi dihidupkan kabel yang terkoneksi dilubang Load akan mengirim Phase listrik ke lampu, dan selanjutnya lampu hidup, pada saat sakkar dimatikan, kabel yang tersambung pada lubang Load kosong, karena diputus oleh saklar, dan lampu pun Off.


Cara Pemasangan Saklar Triple.

Persiapkan alat-alat sederhana yang ada di rumah seperti obeng -/+, gunting kecil tespen dan kabel NYA secukup nya.


Rapikan kabel dari atas.

Didalam instalasi saklar triple pasti menggunakan 3 kabel output dan 1 input, jadi ada 4 kabel, jumlah yang sangat banyak untuk sebuah inbowdus yanh tertanam ditembok atau partisi, sebaiknya hati-hati karena dapat merusak saklar pada saat dipasang.


Kupas kabel secukupnya.

Dari 4 kabel tadi, kupas ujung kabel dengan gunting atau cuter, antara 3mm sampai 5mm sudah cukup.


Buat kabel jumper saklar triple dari NYA

Yang dimaksud disini adalah membuat koneksi satu arah dilubang antar Com, pakai kabel NYA warna merah agar mempermudah, buat ukuran kabel NYA antar Com 1. Com 2. Com 3, biasanya hanya 3cm, jadi kabel jumper yang akan dibuat adalah 4cm sampai 5cm.


3cm kabel yang masih ada kulitnya, 5mm kanan kiri tekukan kabel masih berisolasi dan masih sisal 5mm dikupas, buat 2 buah, lalu pasang jumper Com 1 ke Com 2 dan Com 2 ke Com 3.


Pasang saklar triple ke kabel instalasi.

Gunakan obeng kecil biasanya memakain yang (-). Ikuti prosedur besrikut, biasakan menyambung atau memasukkan kabel ke unit alat meskipun itu saklar kabel output dulu. 


Masukkan kabel hijau ke Load 1. Load 2 dan Load 3. Setelah itu masukkan kabel phase ke Com 1. Com 2 atau Com 3 bebas, yang penting aman. Jika sudah hidupkan listrik dari mcb atau kwh. Selesai.


Penutup

Selalu sedia tespen kesetrum listrik untuk berjaga-jaga, pemasangan instalasi saklar triple sangat mudah, seperti cara diatas, jadi anda akan sedikir berhemat, dapat memasang saklar triple tanpa memanggil tukang service listrik

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Pasang Saklar Triple Sendiri Dirumah"