Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Saklar Tukar Untuk 2 Titik Lampu

 Saklar tukar adalah sistem saklar yang dapat mematikan dam menghidupkan lampu dengan dua saklar. Jadi kita dapat mengontrol 1 atau 2 lampu dengan 2 saklar dari lokasi berbeda. 


Pada umumnya saklar tukar digunakan untuk tangga, kamar hotel, pintu masuk vila dan masih banyak lagi, pada intinya saklar tukar dapat memudahkan seseorang di lokasi yang memang membutuhkan saklar tukar.


Contoh pada tangga, disaat malam hari anda ingin naik ke lantai 2 menuju kamar tidur, tentu saja lokasi tangga dalam keadaan gelap, dan mengharuskan menghidupkan lampu tangga, jika tidak terpasang saklar tukar, maka kita akan membiarkan lampu menyala sepanjang malam.


Tapi jika memasang saklar tukar, lampu dapat dimatikan dari atas, begitu juga sebaliknya jika ada orang turun dari lantai 2 ke lantai 1, lampu dapat dimatikan dari lantai 1.


Cara Pemasangan Saklar Tukar dan Keterangan Kode Angka

Cara Pasang Saklar Tukar Untuk 2 Titik
Skema Gambar Saklar Tukar

Gambar diatas adalah skema penyambungan kabel saklar tukar yang sering digunakan dalam instalasi ditangga maupun kamar hotel.


Kode angka 0 3 1 adalah input output sambungan kabel antar saklar, dalam pemasangan jenis saklar diatas jangan sampai terbalik, jika terbalik lampu tidak akan hidup atau jadi hidup terus.


Keterangan Saklar Tukar 1 dan 2

Kabel merah sklar 1 dari kiri adalah L/phase utama input dari sumber kwh/mcb pembagi Di Com 0.


Kebel biru saklar 1 berfungsi untuk persilangan/pertukaran phase antar saklar 1 dan 2. Kabel biru saklar 1 tersambung ke kabel merah Nomor 3 saklar 2.


Kabel kuning saklar 1 berfungsi untuk persilangan/pertukaran phase antar saklar 1 dan 2. Kabel kuning saklar satu tersambung ke kabel biru Nomor 1 saklar 2.


Kable Biri dari Kwh Kode N/netral langung ke lampu penerangan. Dan kabel Kuning saklar 2 langsung ke penerangan sebagai output phase dari saklar 2.


Sambungan T-Does Saklar Tukar dan Keterangan Gambar

Di bawah ini asalah gambar T does beserta keterangan penyambungan pertukaran antar kabel saklar dan ke lampu, didalam T does sambungan terdapat Titik hitam, titik hitam terasbut adalah untiran kabel isolasi/las dop listrik. Dalam penyambungan kabel arah untiran kabel harus ke kanan, balut dengan isolasi listrik atau las dop listrik.


Sambungan T does saklar tukar 1

Cara Pasang Saklar Tukar Untuk 2 Titik
Pengkabelan Saklar Tukar

1. Kabel Merah Kwh Jadi satu dangan Merah Saklar 1 kode 0. 


2. Kabel Biru saklar 1 nomor 1, disambung jadi satu dengan kabel biru di T does 1.


3. Kabel Kuning saklar 1 nomor 3, disambung jadi satu dengan kabel kuning di T does 1.


4. Kabel Biru/netral T does 1 jadi satu dengan biru dari T does 2.


Sambungan T does saklar 2 ke Lampu

Cara Pasang Saklar Tukar Untuk 2 Titik
Sambungan Kabel Saklar Tukar

Jangan dihafal nanti malah bingung. 


1. Kabel biru dari saklar 1 nomor 1, tersambung dengan kabel Merah saklar 2 kode 0.


2. Kabel Kuning dari saklar 1 nomor 3, tersambung dengan kabel Biru saklar 2 nomor 1.


3. Kabel Biru/netral dari Kwh tersambung dengan Biru dari saklar.


4. Kabel Merah dari lampu tersambung dengan Kuning saklar 2 nomor 3.


Penutup

Pemasangan kabe listrik harus menggunakan peping listrik pipa conduit agar amam. Setelah semuanya selesai, pasang lampu penerangan dan tes on off dari dua saklar tersebut, jika gagal biasanya hidup terus atau lampu padam, dan itu terbalik.

Post a Comment for "Cara Pasang Saklar Tukar Untuk 2 Titik Lampu"