Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Saklar Tunggal dan Seri 5 menit Langsung Bisa

Saklar merupakan alat kontrol lampu, tugas saklar sendiri adalah sebagai pemutus maupun penyambung aliran listrik dari sumber ke beban lampu dan perangkat elektronik.


Cara Pasang Saklar Tunggal.

Dibawah ini adalah gambar rangkaian saklar tunggal

Cara Pasang Saklar Tunggal dan Seri 5 menit Langsung Bisa
Saklar Tunggal

Didalam instalasi saklar tunggal hanya terdapat dua kabel. Input dan Output saja, warna kanel bebas, tapi kalau mengikuti standart warna kabel instalasi Netral biru dan Coklat Hitam atau Merah phase.


Jika kita lihat gambar diatas menggunakan Merah input dan Output kabel biru, dengan adanya perbedaan warna, kita akan mudah dalam penyambungan didalam tdus dan pada saat perbaikan.


Cara pengkabelan saklar tunggal didalam saklar dapat kita lihat pada gambar, kabel Meraha / phase masuk ke Com dan Biru / Netral masuk ke load untuk beban. 


Atau bisa juga Input power phase dari kwh merah dan output ke lampu biru netral. Netral dari sumber listrik kwh/mcb pembagi langsung ke lampu jangan disambung kemana-mana, lurus ke fitting lampu.


silahkan dipahami bahasanya lama-lama pasti faham. Selama bisa membayangkan sebuah sistem atau urutan, pasti mudah memahami sambungan saklar tunggal diatas


Cara Pasang Saklar Seri.

Saklar seri memiliki dua unit pemutus didalam satu titik saklar untuk mengontrol dua jalur lampu, seperti gambar dibawah ini.

Cara Pasang Saklar Tunggal dan Seri 5 menit Langsung Bisa
Saklar Seri

Didalam saklar seri kita membutuhkan tiga kabel. Dua kabel warna biru untuk output ke lampu dan merah input dari kwh atau sumber.


Garis warna merah adalah kabel phase dari kwh/sumber listrik masuk ke Com 1. Lalu buat jumper kabel ke Com 2. Com 1 dan Com 2 merupakan arus phase standby, yang artinya berhenti.


Lalu kabel warna biru masuk ke Load 1 dan Load 2. Setelah kabel biru terpasang pada saat tombol ditekan atau disambungkan, arus phase standby tadi akan keluar melalui load 1 atau load 2 dan selanjutnya lampu hidup, begitu juga sebaliknya pada saat dimatikan kabel biru kosong tidak ada arus listrik.


Sambungan T Does Saklar Tunggal Ke Lampu.

Cara Pasang Saklar Tunggal dan Seri 5 menit Langsung Bisa
T does saklar tunggal

Dari kwh atau sumber, kabel warna merah jadi satu dengan merah saklar/kabel merah turun ke saklar Kabel biru kwh jadi satu dengan biru ke lampu. 


Biru dari saklar jadi satu dengan kabel merah saklar.


Sambungan T Does Saklar Seri Ke Lampu.

Cara Pasang Saklar Tunggal dan Seri 5 menit Langsung Bisa
T does saklar seri

Dari kwh atau sumber, kabel warna merah jadi satu dengan merah saklar/kabel merah turun ke saklar. Kabel biru dari kwh jadi satu dengan biru lampu satu dan biru lampu dua.


Baca juga : Cara Pasang Saklar Triple Sendiri Dirumah


Biru dari saklar satu jadi satu dengan merah lampu satu, dan biru kedua jadi satu dengan merah lampu kedua.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Pasang Saklar Tunggal dan Seri 5 menit Langsung Bisa"