Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Sapot Gantungan Ac Cassette Dengan Mudah

 

Cara Pasang Sapot Gantungan Ac Cassette Dengan Muda
Cara Pasang Ac Cassette

Ac cassette sama seperti Ac split biasa, yang menempel di dinding, hanya saja jika ac cassette terpasang dilangit-langit menggantung atau rata dengan plafon dengan cara di gantung.

Ac cassette adalah alat pendingin ruangan untuk menurunkan suhu udara panas, ac jenis ini dapat kita temukan di mall-mall besar atau rumah yang memang memiliki luas ruangan besar.


Cara pemasangan ac sassette memang sedikit sulit, harus dikerjakan oleh dua orang atau lebih, karena dimensi ac besar dan sangat berat, tidak mungkin jika dipasang sendiri.


Ada sesi pekerjaan pemasangan Ac cassett yang sesidikit memakan waktundan membutuhkan ketelitian, yaitu memasang gantungan ac cassette, tanpa gantungan ini ac cassette tidak akan bisa terpasang.


Cara pemasangan gantungan Ac casette

Bagi anda yang sudah terbiasa memasang Ac split, mungkin akan agak kesulitan dalam pemasangan Ac cassette.


Persiapakn alat-alat memasang ac cassette

Tangga lipat/scafolding

Bor listrik dan mata bor 10mm

Palu kecil

Kunci inggris

Kunci pas

Gerinda tangan

Meteran/meter digital

Lot/lot bangunan


Alat-alat keamanan pasang ac casette

Kaca mata anti debu

Sarung tangan

Peredam suara


Material pasang ac casette

Ac Cassette

Dynaset 10mm

Long drat dan baut 10mm


Alat-alat dan materila diatas dapat anda cari di toko teknik terdekat seperti toko abangunan dan toko listrik.


Tahap pemasangan Ac Casette

Selalu peehatikan keamanan kerja, karena pekerjaan ini beresiko, jika lalai resiko paling fatal adalah jatuh dari ketinggian tangga lipat atau scafolding


Tentukan titik pemasangan

Titik pemasangan ac cassette bisa diletakkan ditengah-tengah ruangan sesuai kebutuhan, pastikan jangan adekat dengan unit outdoor agar tidak mengganggu ac cassette.


Pasang scafolding tepat dititik pemasangan Ac casette. Buat garis bantu antar dinding ruangan, ini dimaksudkan agar mendapatkan hasil pemasangan ac cassette yang sempurna, center, lurus dan rata tengah

Cara Pasang Sapot Gantungan Ac Cassette Dengan Muda
Cara Pasang Ac Cassette

Gambar diatas merupakan ilustrasi cara mencari titik center, pada sisi horizontal dan vertikal terdapat garis bantu yang dapat diaplikasikan sebagai digital meter.


Jika titik yang dikehendaki sudah ditemukan beri tanda di dua sudut ac di atas dak beton, tanda tersebut nantinya akan berguna sebagai pedoman titik ukur membuat lubang long drat gantungan Ac cassette.


Ganbar di atas dapat dilakukan dengan dua cara, mengambil ukuran dari bawah atau juga dapat langsung dari atas, jika langsung dari atas anda membutuhkan dimigital meter, kalau dari bawah menggunakan benang dan harus memanfaatkan lot untuk mencari titik sudut dan titik bor nantinya.

Cara Pasang Sapot Gantungan Ac Cassette Dengan Muda
Cara Pasang Ac Cassette

Selanjutnya menentukan titik bor, long drat ac cassette dengan cara seperti gambar di atas, lakukan ditiga titik lainnya agar pada saat pengeboran satu kali kerja.


Ikuti juga pedoman gambar yang ada pada kardus pembungkua Ac cassette, mulai dari cara dan intruksi pemasangan pasti tertulis didalam buku panduan.


Tahap pengeboran gantungan Ac cassette


Lakukan pengeboran dengan benar, gunankan alat pengaman yang sudah disiapkan, kaca mata berguna untuk melindungi mata dari debu beton dan sarung tangan dapat menjaga tangan kita.


Besi drat yang kita gunakan adalah 10mm jadi kita harus menggunakan mata bor 10mm juga. Kedalaman bor menyesuaikan panjang diynaset yang sudah disediakan


Lakukan pengeboran di empat titik tadi, yang sudah diberi tanda sesuai kebutuhan, teknik pengeboran harus lurus, kalau tidak lurus drat besi 10mm nanti juga akan ikut belok, dynaset dan drat besi akan sulit du pasang, dapat dikatan itu adalah hasil kerja buruk.


Pemasangan dynaset dan drat besi


Dynaset adalah material suport sebagai pengunci besi drat, dengan menggunakan alat ini anda akan dapat menggantung peralatan-peralatan atau perabot rumah tangga termasuk ac cassette.


Pemasangan dynaset harus dikerjakan sesuai prodesdur, agar dapat bekerja maksimal.didalam lubang dinaset terdapa besi kecil yang berguna untuk mendorong empat titik pengunci agar terbuka, kalau hanya di tekan pasti akan lepas.


Buatlah alat bantu dari besi drat, potong 20cm, ujung satu pada besin drat pasang dua mur agar terkunci, selanjutnya masukka ujung besi drat yang tidak ada mur ke dynaset, putar searah dengan jarum jam sekuat kuatnya sampai besi pendorong naik membuka empat pengunci dak. 


Atau anda juga dapat memanfaatkn palu kecil dan besi 8mm atau 6mm, tapi harus berhati-hati, jangan sampai merusak derat dynaset, jika rusak sudah tidak dapat digunakan dan lebih parahnya lagi dynaset tidak akan dapat diambil. Sebaiknya dalam sesi pemasangan dynaset dilakukan dengan teliti.


Pemasangan Drat besi 10mm/long drat

Sebelum memasanga drat besi penggantung ac cassette, tentukan dulu ukuran panjangnya, dari dak beton sampai plafon, jangan terlalu panjang apa lagi pendek, pengukran harus pas, jangan sampai drat besi sambungan, karena beresiko patah.


Pemasangan ac cassette biasanya rata dengan plafon, ambil satu ukuran pasti, setelah itu potong empat besi drat dengan gerinda tangan.


Pasang ke empat besi drat dahulu sebelum memasang unit Ac casette, jika dipasang bersamaan tidak akan bisa, pemasangan ac casette dilakukan setelah besi drat terpasang.


Penutup

Pemasangan Ac Cassette memang sulit, banyak step pekerjaan yang harus dilakukan, ulasan di atas baru menjelasakan bagaimana cara pemasangan drat besi Gantungan Ac cassette, jika anda kesusahan anda dapat menggunakan jasa teknisi ac yang ada disekitar rumah anda, saat ini banyak tukang ac atau teknisi ac yang membuka iklan di sosial media maupun internet, jadi jangan khawatir.

Post a Comment for "Cara Pasang Sapot Gantungan Ac Cassette Dengan Mudah"