Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Stop Kontak Partisi Gypsum Sendiri di Rumah

 Stop kontak dinding temporari, sering kita temukan pada dinding partisi, kenapa terporer? Karena tidak paten. Stop kontak pada dinding partisi gypsum sering kita temukan di area kantor dan rumah-rumah masa kini.

Gypsum umum digunakan sebagai plafon dan dinding partisi, jadi instalasi pun harus masuk partisi gypum, seperti jalur kabel outlet saklar dan stop kontak, kedua-duanya harus masuk di partisi gypsum.


Baca Juga : Cara Mengatasi Tulisan Periksa Pada Meteran Pln

Baca Juga : Cara Menentukan Titik Pemasangan Lampu Plafon Gypsum Dengan Mudah


Pemasangan stop kontak pada dinding partisi gypsum sangat mudah dan cepat, tidak seperti dinding bata, perlu bobok dan semen, karena pekerjaan ini akan memakan waktu lama, tidak seperti pemasangan stop kontak di dinding partisi gypsum


Cara pasang stop kontak di dinding partisi gypsum


Langkah pertama adalah mempersiapkan beberapa material pendukung dan peralatan yang akan digunakan untuk memasang titik stop kontak dinding partisi


Siapkan alat-alat berikut ini

Gergaji besi

Meteran 

Pensil

Obeng -/+

Penggaris

Tespen listrik

Cutter kecil


Persiapan Material Pemasangan Stop Kontak

Aksesoris stop kontak baru

Triplek tebal 1cm

Skrup Gypsum


Cara pasang stop kontak dinding partisi gyosum sangat mudah, tidak perlu banyak materi, jika anda memiliki basic tukang gypsum dan listrik, pasti langsung lolos uji memasang stop kontak di dinding partisi gypsum


Pemasangan Stop Kontak Di dinding partisi

Sebelum memasang stop kontak d dinding partisi, perhatikan arus listrik di kabel, tes dengan tespen, jika ada arus listrik pada kabel sop kontak segera matikan dari sumber MCB.


Mengukur Dnding Partisi

Siapkan meteran pensil dan peggaris untuk membuat ukuran lubang yang akan di buat, sebelum membuat menentukan ukuran pastikan dahulu panjang lebar aksesoris stop kontak yang akan dipasang di dinding partisi.

Cara Pasang Stop Kontak Di Partisi Sendiri
Membuat lubang Stop Kontak

Cara pasang stop kontak di dinding dapat kita lihat gambar di atas, angka 1 adalah lubang partisi yang dibuat, dan menyesuaikan ukuran bagian dalam stop kontak.


Setelah ukuran sudah dan membuat garis bantu di dinding partisi. Gunakan gergaji besi untuk membuat lubang stop kontak di dinding partisi, potong pelan-pelan agar gypsung yang terpasang tidak rusak..


Memasang Pengunci Stop Kontak

Buatlah kerangka pengait untuk stop kontak tersebut, gunakan triplek potong sesuai gambar di atas, jangan terlalu besar, akan membuat kita kesulitan nantinya

Cara Pasang Stop Kontak Di Partisi Sendiri

Bidanng berwarna merah adalah papan atau triplek bantu yang nantinya berfungsi untuk mengkaitkan skup stontak agar bisa terpasang, triple tersebut juga harus disekrup menggunakan skrup gypsum.


Pasang 3 Kabel Stop Kontak

Sebelum memasang body stop kontak ke dinding partisi, kabel listrik harus di pasang terlebih dahulu gunakan tang dan obeng untuk merapikan kabel.

Stop kontak memiliki 3 kabel yang harus nya tersedia, kabel Mereah L. Biru N dan kuning G.


Selalu perhatikan keamanan dalam bekerja, pada saat menyambung stop kontak di dinding partisi gypsum, listrik kabel stop kontak dalam kondisi off.

Pemasangan body stop kontak

Dalam satu paket stop kontak biasaya terdapat skrup untuk mengaitkan badan stop kontak ke inbowdoes, tapi kita kita aplikasikan ke partisi gypsum dan papan triplek tidak aian bisa.
Cara Pasang Stop Kontak Di Partisi Sendiri
Pasang Stop Kontak Partisi

Solusinya adalah mengganti skrup bawaan stop kontak menggunakan skrup gypsum.

Jika sudah terpasang semua, hidupkan listrik yang melayani titik stop kontak tadi, tes menggunakan tespen listrik, atau anda juga dapat mencoba dengan perangkat elektronik seperti charger hp atau kipas angin kecil.

Penutup

Memasang stop kontak partisi gypsum sangatlah mudah dan murah, jika di bandingkan dengan stop kontak dinding, tapindari segi kekuatannya stop kontak dinding tidak rawan rusak. 




Selain memasang stop kontak, partisi gypsum juga dapat di jadikan media untuk meletakkan titik saklar lampu, outlet data maupun telfon, aksesori-aksesoris tersebut biasanya untuk perlengkapan instalasi perkantoran.
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Pasang Stop Kontak Partisi Gypsum Sendiri di Rumah"