Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pemasangan ELCB Dan MCB Rumah Tinggal. Banyak Manfaatnya

Cara Pemasangan ELCB Dan MCB Rumah Tinggal
Cara Pemasangan Elcb dan Mcb

MCB atau kepanjangan dari Miniature Circuit Breaker merepakan komoponen instalasi listrik. Kegunaan MCB sendiri adalah sebagai sistem pengaman atau sistem proteksi pada saat terjadi tegangan berlebih pada instalasi listrik, mcb bisa juga melindungi perangkat lain dari korsleting listrik yang memicu terjadinya kebakaran.


Komponen Mcb dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita seperti di kwh meter pln atau di box panel-panel gedung. Mcb memiliki kode angka dan satuan pembatas 2A. 4A. 6A. 10A 16A dan seretusnya. 2A sama dengan 2 Amper, untuk lebih jelasnya anda dapat baca juga pada artikel di bawah ini


Baca Juga : Alat Elektronik Rumah Bikin Boros Listrik. No 4 Paling Besar Memakan Daya


Cara Pemasangan Mcb 1 phase

1 phase memiliki 1 jalur aliran listrik bolak balik listrik AC, 1 pahse umum di gunakan pada distribusi-distribusi listrik kecil, seperti kwh meter dan jika di dalam sebuah instalasi gedung difungsikan sebagai groping titik lampu dan stop kontak.

Cara Pemasangan ELCB Dan MCB Rumah Tinggal
Cara Pasang Mcb 1 Phase

Dari gambar di atas dapat kita lihat dua gari merah pada bagian bawah mcb dan bagian atas, arah pemasangan mcb wajib pada posisi sumber dari pln terkoneksi pada bagian atas dan pada bagian bawah adalah kabel ke instalasi atau ke beban.


Jika memasang mcb di dalam box panel listrik, kalau di dalam rumah biasa kitansering menjumpai panel plastik 4 group atau group, kita dapat memanfaatkan box tersebut sebagai proteksi agar mcb di ataa tidak membahayakan orang sekitar.


Baca Juga : Fungsi Cara Kerja Kontaktor Magnet dan Contoh Rangkaian Pengunci

Baca Juga : Cara Mudah Menentukan Ukuran Amper Mcb 1 phase Listrik, 900 Watt Berapa?


Titik sambungan didalam panel dapat kita ikuti sesuai busbar tembaga yang sudah disiapkan oleh produsen panel panel listrik. Ketika kita memasang mcb ke dalam panel 4 group, kita akan menemumukan dua busbar tembaga.


Dimana dua busbar tersebut befungsi untuk menyambungkan kabel netral pln dan netral ke dalam rumah, dan busbar ke dua adalah grounding yang nantinya dapat kita manfaatkan untuk pentanahan listrik apabila terjadi gagal isolasi.


Baca Juga : Cara Mudah Mengukur Grounding Pentanahan Dengan Earth Tester Meter


Pengertian Dan Fungsi ELCB

Cara Pemasangan ELCB Dan MCB Rumah Tinggal

Earth Leakage Circuit Breaker atau biasa kita sebut dengan Elcb adalah komponen listrik yang berfungsi sebagai alat deteksi arus bocor. Tingkat sensitifitas Elcb 10mA sampai 30mA.


Keuntungan Menggunakan ELCB


Mencegah Terjadinya Kebakaran

Elcb dapat mencegah terjadinya kebakaran, pada saat beban lebih, konduktor atau dua kabel listrik bisa meleh, resiko kerusakan kabel listrik dapat terjadi dari sini, jika saja hal ini sampai terjadi, tangan manusia tidak akan mampu mencegah atau bahkan sangat sulit kita untuk mengetahu dalam kondisi apakah kabel jaringan listrik sedang dalam keadaan darurat.


Baca Juga : 4 Jenis Pengaman Listrik Yang Sering Kita Temui, Teknisi Pasti Tahu


Dengan adanya komponen listrik Elcb, kita akan dengan mudah mencegah terjadinya kebakaran kabel listrik. Elcb sangat sensitif dengan kerusakan, panas kabel listrik akan menaikkan amper dan selanjutnya elcb akan trip sesui kapasitas ukuran label yang tertera.


Akibat utama dari gangguan arus yang melalui konduktor atau alat lain yang tidak diharapkan untuk menerima arus adalah peningkatan suhu yang tidak normal. Suhu yang tinggi ini dapat menyebabkan kerusakan pada kabel atau bahkan percikan api pada material, lalu terbakar. Solusi dari masalah beban berlebih adalah anda dapat menaikkah daya listrik rumah atau mengurangi pemakaian


Mengurangi Resiko Kematian

Dari segudang manfaat yang kita dapatkan dari adanya listrik, sudah bukan hal tabu aliran listrik berbahaya bagi manusia, saat ini banyak media yang memberitakan kasus kematian yang di karenakan tersengat aliran listrik rumah tangga setiap harinya.


Dengan adanya Elcb resiko sengatan listrik ke tubuh manusia maupun hewan dapat dicegah dengan cepat, lalu kenapa manusia bisa tersengat listrik? Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, bisa saja karena keteledoran atau buruknya instalasi yang di buat.


Baca Juga : Cara Menghindari Bahaya Sengatan Listrik Akibat Atap Rumah Bocor


Elcb sangat direkomendasian terpasang di dalam rumah, elcb sangat sensitif dengan arus bocor. Hanya dalam tingkat kebocoran 30mA elcb langsung dapat memproteksi otomatis, jadi bagi anda yang peduli dengan rumah dan keluarga, segera pasang Elcb agar kita tidak was was dengan musibah kebakaran listrik atau sengatan listrik.


Cara Pemasangan Elcb

Cara Pemasangan ELCB Dan MCB Rumah Tinggal
Cara Pemasang Elcb

Gambar di atas adalah contoh susunan kabel. Output input kabel sama seperti penjelasan pada ulasan Mcb di atas, input atas dan out put bawah. Pada sisi kiri menghadap gambar garis pengawatan kabel Netral berwarna Biru dan sisi kanan Merah/L adalah Phase.

Cara Pemasangan Elcb Dan Mcb

Cara Pemasangan ELCB Dan MCB Rumah Tinggal
Cara Pasang Elcb dan Mcb

Gambar di atas adalah ilutrasi pemasangan Elcb dan Mcb. Sebelah kiri menghadap gambar merupakan Mcb 1 phase dan sebelah kanan menghadap gambar Elcb


1. Netral. Netral langsung dari kwh ke input Elcb, sesuai gambar, pasang Netral pada urutan toggle Elcb. Di sini anda juga dapat menambahkan mcb 2 phole atau 2 mcb, yang masing-masing phole dapat di manfaatkan sebagai Netral dan Phase dari Kwh.


2. Input Phase. Phase langsung dari kwh Pln masuk daei bawah, output phase mcb masuk ke input Elcb sejar pada bagian yang tidak ada toggle, ikuti gambar.


3. Output Netral Elcb. Sesuai angka, Output Netral Elcb langsung masuk ke busbar yang sudah tersedia pada panel listrik. 


4. Output Phase Elcb. Sesuai angka, Output Netral Elcb langsung ke input mcb pembagi yang sudah di siapkan untuk mentransfer arus lisrtik ke beban pemakaian seperti lampu penerangan dan stop kontak




Kesimpulan

Manfaat dari pemasangan Elcb di dalam sebuah instalasi sangat besar, seperti yang sudah di jelaskan di atas, elcb dapat mencegah terjadinya korsleting listrik yang beresiko dapat menimbulkan kebakaran, selain itu anda juga akan aman dan terhindar dari sengatan listrik akibat gagalnya isolasi instalasi listrik.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Pemasangan ELCB Dan MCB Rumah Tinggal. Banyak Manfaatnya"