Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pemasangan Radar Toren Air Atas. Mudah Bisa Pasang Sendiri

Lazada
Cara cepat mememindahkan air dari ground water tank ke toren adalah menggunakan unit pompa, tidak perlu waktu lama pompa mengerjakan pemindahan air dari bawah ke atas.


Apa lagi jika pompa air dapat bekerja otomatis, seperti memanfaatkan alat bantuan berupa radar pelampung otomatis, alat ini sangat berguna demin menunjang kinerja pompa lebih maksimal.


Fungsi Dan Kegunaan Radar Pelampung Otomatis

Radar pelampung berguna unutuk mengeksekusi aliran listrik atau memutus untuk menghidupkan pompa atau mematikan pompa secara otomatis menggunakan bantuan pelampung toren.


Radar otomatis atau sering di sebut dengan pelampung otomatis, memiliki dua titik konektor yang fungsinya untuk mengkoneksi kabel listrik dari pompa dan sumber listrik radar pelampung.


Spesifikasi Pelampung Otomatis

Pelampung dari namanya sudah pasti akan terapung di atas air, radar otomatia ini memiliki 2 sampai 3 tabung pelampung yang lumayan berat.

Dilengkapi dengan dua gantungan tali, untuk di kaitkan pada switc saklar juga tabung pelampung otomatis.

Cara kerja radar pelampung otomatis

Dua tabung yang ada pada pelampung memiliki tuga untuk mengeksekusi listrik pada radar yang terpasang pada badan toren, biasanya terpasang di atas.


Pada saat toren telah terisi air dalam ke adaan penuh, tabung pelampung dalam keadaan terapung, disinilah unit alat ini berhenti bekerja, karena tidak memberi beban untuk menarik switch pada radar.


Sebaliknya, jika toreng dalam ke adaan kosong atau air habis, dua tabung pelampung akan memberikan beban pada radar otomatis dalam keadaan menggantung, switc akan di tarik oleh tabung pelampung dan pompa hidup.


Pada saat proses pengisian air, kita akan melihat dua tabung pelampung naik perlahan lahan sejalan dengan terisinya air di toren, pompa akan dapat off jika pelampung beban ke dua sudah terapung, yang menandakan air penuh dan terputuslah aliran listrik untuk mematikan pompa air. 

Cara Pasang Otomatis Toren Air di Rumah Sendiri

www.kelolafinance.com
Persiapkan beberapa alat penting seperti tang listrik, obeng kecil, pisau cuter dan ger gaji besi, ada pun material tambahan yang di butuhkan adalah kabel listrik dan isolasi listrik.


Langkah pertama

Buatlah lubang pada toren yang sudah di siapkan, biasanya ada tanda khusus seperti bulatan putus putus, berguna akan kita didak kesusahan ketika akan menggunakannya sebagai dudukan radar otomatis.

Langkah ke dua

Pisahkan radar dan tabung pelampung, biarkan tali pelampung terikat pada radar.

Langkah ke tiga

Pasang radar di lubang toren yang sudah kita siapkan, kencangkan tapi jangan terlalu kuat, karena akan dapat merusak radar otomatis tersebut.

Langkah ke tiga

Pasang kembali tabung pelampung dengan cara mengikat pada switch radar otomatis.

Langkah ke empat.

Pasang kabel listrik dari pompa, ambil kabel phase/+/coklat yang ada api listrik, lihat gambar di bawah ini.
Cara Pemasangan Radar Toren Air Atas Mudah dan Cepat
Cara Pasang Radar Otomatis

Jika pemasangan kabel di terapkan sama persis seperti gambar di atas, pada saat toren penuh dan pompa off, tidak akan terjadi arus balik pada kabel biru, pompa dan kabel hitam dari radar otomatis.


Pekerjaan Terakhir

Setting tabung pelampung dan tali sesuai kebutuhan, beri jarak pelampung tabung panjang dari dasar toren 20cm dan tabung pelampung atas 25cm.

Jika masih bingung anda dapat mencari teknisi lisrtrik terdekat untuk meminta bantuan service

Post a Comment for "Cara Pemasangan Radar Toren Air Atas. Mudah Bisa Pasang Sendiri"